Fakta Bodyguard Lionel Messi, Man Marking Ketat dari Luar Lapangan

Eks tentara AS, kini petarung MMA 

Sebagai pemain sepak bola terbaik seantero planet, merapatnya Lionel Messi ke Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat bersama Inter Miami menjadi fenomena global. Hadirnya sang peraih trofi Piala Dunia 2022 ke Negeri Paman Sam ini tentunya menjadi daya tarik bagi siapa pun, termasuk masyarakat lokal Miami dan sekitarnya.

Jika di atas lapangan La Pulga wajib ditempel ketat pemain lawan, di luar arena juga ditempel ketat seorang bodyguard yang selalu mendampinginya dalam berbagai kesempatan. Belakangan, pengawalan untuk Lionel Messi dari seorang bodyguard berperawakan kekar, kepala plontos, dan berewok gahar yang dinilai "terlalu ketat" itu viral di media sosial. Melakoni tugas dengan standar bak pengawal presiden, siapa sebenarnya sosok bodyguard Lionel Messi tersebut?

1. Awasi Lionel Messi hingga sisi lapangan saat sang megabintang tengah bertanding

Fakta Bodyguard Lionel Messi, Man Marking Ketat dari Luar LapanganYassine Cheuko mengawal Lionel Messi dari pinggir lapangan. (twitter.com/Fentuo_)

Jika kamu mengikuti berbagai aktivitas publik Lionel Messi di Amerika Serikat yang tersorot kamera, maka kamu akan dengan mudah menemukan sosok pria yang selalu berada tak jauh di belakangnya. Ia adalah Yassine Cheuko. Menurut laporan La Nacion, Cheuko merupakan mantan tentara Amerika Serikat di satuan Navy Seal.

Kabar menyebut, ia pernah ditugaskan untuk special forces mewakili negaranya di garis depan Irak dan Afganistan. Pengalaman serta kemampuan tanggap membaca potensi ancaman itu kini ia terapkan untuk menjaga keamanan Lionel Messi di Amerika Serikat. Saking profesionalnya dalam mengemban tugas, Yassine Cheuko bikin Lionel Messi serasa selalu ditempel penjagaan ketat, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Bahkan, salah satu cuplikan video amatir dari penonton menampilkan momen ketika Cheuko juga mengawasi Messi di pinggir lapangan. Momen itu terjadi selagi pemain berusia 36 tahun tersebut bertanding. Meski tampak berlebihan, nyatanya kehadirannya mengawasi Messi dari sisi lapangan memang diperlukan.

Hal itu terbukti dari lanjutan cuplikan tersebut yang menunjukkan momen seorang pitch invader menghambur ke dalam lapangan untuk menemui sang idola yang sedang bertanding. Endus potensi ancaman, Cheuko sigap menghentikan penyusup itu sebelum ia berhasil mendekati Messi. Bahkan, aksi Cheuko jauh lebih cepat dari beberapa match official yang bertugas mengamankan pertandingan tersebut.

2. Yassine Cheuko kini geluti olahraga tinju hingga martial arts

Fakta Bodyguard Lionel Messi, Man Marking Ketat dari Luar LapanganYassine Cheuko saat berlatih di sasana di Bali, Indonesia. (instagram.com/yasstcheuko)

Punya latar belakang militer kental, kini Yassine Cheuko sibuk menggeluti olahraga tinju dan martial arts. Cheuko cukup aktif di media sosial Instagram untuk membagikan momennya menggeluti olahraga baku hantam tersebut. Bahkan, Cheuko juga aktif mengikuti beberapa tarung mixed martial arts (MMA).

Baca Juga: Lionel Messi yang Jadi Teladan di Inter Miami

3. Direkrut langsung atas rekomendasi David Beckham

Fakta Bodyguard Lionel Messi, Man Marking Ketat dari Luar LapanganAkrabnya Lionel Messi (kiri) dan David Beckham (kanan) tengah berpose bersama. (instagram.com/davidbeckham)

Sebagai pemilik sekaligus presiden Inter Miami, David Beckham paham betul konsekuensi mendatangkan bintang sebesar Lionel Messi ke klubnya. Yassine Cheuko direkrut langsung David Beckham guna menjauhkan Messi dari gangguan-gangguan yang berpotensi mengancam keamanan dan kenyamanan eks Barcelona dan Paris Saint-Germain tersebut. Meski kinerja Cheuko menjaga Messi dinilai berlebihan, tak sedikit yang mengapresiasi cara Beckham memproteksi aset paling berharga klubnya tersebut.

4. Kawalan Cheuko bikin Messi fokus angkat derajat Inter Miami di atas lapangan

Fakta Bodyguard Lionel Messi, Man Marking Ketat dari Luar LapanganLionel Messi berseragam Inter Miami melakukan selebrasi. (instagram.com/leomessi)

Lionel Messi datang ke Inter Miami dalam kondisi klub terjerembap di dasar klasemen sementara wilayah timur MLS 2023. Tanpa Messi, Inter Miami hanya meraup total 18 poin hasil 5 kemenangan, 3 seri, dan 14 kekalahan dengan mencetak 22 gol dan kebobolan 36 gol. Bahkan, jika klasemen wilayah timur dan barat digabungkan, Inter Miami tetap menjadi juru kunci.

Bak juru selamat, hadirnya Messi bikin situasi Inter Miami berangsur membaik. Seakan sekadar cetak gol debut saja terlalu gampang, Messi langsung selalu mencetak skor dalam 7 dari 8 pertandingan yang ia lakoni sejauh ini. Catatannya sementara adalah 10 gol dan 3 assist.

Bahkan, dalam periode yang singkat ini, La Pulga telah mempersembahkan satu trofi untuk klub barunya. Trofi tersebut ia raih setelah mengantarkan Inter Miami mengalahkan Nashville SC lewat adu penalti di final Leagues Cup 2023, Minggu (20/8/2023). Messi sendiri membuka papan angka lewat golnya pada menit ke-23 sebelum disamakan pemain Nashville, Fafa Picault, pada menit ke-57. Skor imbang 1-1 awet hingga perpanjangan waktu berakhir sehingga pertandingan diselesaikan melalui adu penalti.

Kembali berkolaborasi dengan mantan pelatihnya di Barcelona dan Timnas Argentina yang kini menakhodai Inter Miami, Gerardo Tata Martino, tampaknya bikin proses adaptasi Lionel Messi dengan sepak bola Amerika Serikat tak terlalu sulit. Meski begitu, rentetan capaian positif tersebut bukan terjadi di liga. Ujian sesungguhnya bagi Lionel Messi dan Gerardo Tata Martino baru benar-benar dimulai saat MLS kembali bergulir akhir pekan ini.

Sabtu (26/8/2023), Inter Miami eranya Messi memulai kiprahnya di liga dengan bertandang ke markas New York Red Bulls pada matchday 24 MLS 2023. Sejauh mana peran Lionel Messi mampu mengatrol posisi Inter Miami di sisa 11 pertandingan musim reguler MLS 2023? Sanggupkah La Pulga bikin keajaiban meloloskan Inter Miami ke MLS Playoffs 2023?

Baca Juga: Lionel Messi yang Selalu Bikin Beda dan Cibiran Match Fixing

Amy Rosemary Photo Writer Amy Rosemary

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya