7 Pelatih Paling Sering Juara Liga Champions, Pep Tambah Koleksi!

Teranyar Pep Guardiola sukses raih treble bersama City

Meraih trofi Liga Champions bukanlah suatu hal yang mudah. Kompetisi sepak bola paling akbar di Eropa ini selalu jadi incaran bagi tim-tim terbaik yang berkompetisi di benua biru tersebut.

Pada Liga Champions 2022/2023, Pep Guardiola sukses mengantarkan Manchester City meraih trofi UCL perdana mereka. Namun, hasil tersebut Pep Guardiola belum mampu menggeser posisi puncak pelatih paling sering juara Liga Champions. Meski begitu, sama dengan Pep Guardiola, sederet nama pelatih dengan koleksi trofi UCL terbanyak ini patut mendapatkan apresiasi.

1. Carlo Ancelotti (4 trofi)

7 Pelatih Paling Sering Juara Liga Champions, Pep Tambah Koleksi!Carlo Ancelotti (skysports.com)

Kemenangan di final Liga Champions 2021/2022 merupakan trofi keempat bagi Carlo Ancelotti. Kemenangan itu membuat Ancelotti menjadi pelatih dengan trofi terbanyak dalam sejarah Liga Champions.  Ancelotti memenangi dua trofi Liga Champions bersama Real Madrid pada 2014 dan 2022. Sedangkan, dua trofi lainnya diraih saat masih melatih klub Serie A, AC Milan, pada 2003 dan 2007.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Champions 2022/2023, Haaland Subur!

2. Zinedine Zidane (3 trofi)

7 Pelatih Paling Sering Juara Liga Champions, Pep Tambah Koleksi!potret Zinedine Zidane (en.as.com)

Zinedine Zidane merupakan pelatih yang paling sering memberikan trofi Liga Champions kepada Real Madrid. Setidaknya dia memberikan tiga trofi Liga Champions kepada klub tersebut pada 2016, 2017, dan 2018. Zidane berhasil membawa Los Blancos menjuarai LaLiga 2016/2017 dan 2019/2020. Ia juga mampu mengantarkan Real Madrid menjadi kampiun Piala Dunia Antarklub pada 2017 dan 2018. Zidane merupakan salah satu pelatih hebat Real Madrid pada abad ke-21.

3. Bob Paisley (3 trofi)

7 Pelatih Paling Sering Juara Liga Champions, Pep Tambah Koleksi!Bob Paisley (indonesia.liverpoolfc.com)

Nama Bob Paisley pastinya sudah tak asing lagi bagi para penggemar Liverpool. Dia melatih Liverpool pada 1974—1983. Selama melatih, setidaknya terdapat tiga trofi Liga Champions yang diraihnya.  Ketiga trofi tersebut diraih pada 1977, 1978, dan 1981. Paisley juga dikenal sangat berprestasi di kancah domestik dengan menorehkan 6 trofi kasta tertinggi Liga Inggris dan 3 trofi Piala Liga Inggris.

4. Pep Guardiola (3 trofi)

7 Pelatih Paling Sering Juara Liga Champions, Pep Tambah Koleksi!potret Pep Guardiola (globesoccer.com)

Pep Guardiola akhirnya mengangkat Liga Champions bersama Manchester City. Pada UCL 2022/2023, Pep Guardiola mengantarkan City juara setelah menumbangkan Inter Milan di partai puncak dengan skor tipis, 1-0. Sebelumnya, Pep Guardiola sudah meraih dua trofi Liga Champions bersama Barcelona pada 2009 dan 2011.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Bawa Klubnya Juara Liga Champions, Siapa Saja?

5. Jose Mourinho (2 trofi)

7 Pelatih Paling Sering Juara Liga Champions, Pep Tambah Koleksi!potret Jose Mourinho (elitesoccercoaching.net)

Jose Mourinho juga pernah meraih dua trofi Liga Champions. Satu trofi diraihnya saat melatih FC Porto pada 2004. Sedangkan, satu trofi lainnya diraih Mourinho bersama Inter Milan pada 2010. Mourinho merupakan satu-satunya pelatih yang mampu meraih trofi Liga Champions Eropa, Liga Europa, dan Liga Konferensi Eropa. Tak heran jika dia masih menyandang julukan The Special One

6. Sir Alex Ferguson (2 trofi)

7 Pelatih Paling Sering Juara Liga Champions, Pep Tambah Koleksi!Sir Alex Ferguson dan skuad Manchester United mengangkat trofi Liga Champions (uefa.com)

Sebagai pelatih tersukses Manchester United, Sir Alex Ferguson juga punya koleksi trofi Liga Champions di kabinetnya yang mentereng. Pelatih yang akrab disapa Fergie ini punya koleksi 2 trofi UCL. Trofi pertama ia raih pada musim kompetisi Liga Champions 1998/1999 yang sekaligus merupakan pencapaian treble winners. Sementara itu, trofi kedua ia raih pada edisi Liga Champions 2007/2008 bersama Cristiano Ronaldo dkk.

7. Vicente del Bosque

7 Pelatih Paling Sering Juara Liga Champions, Pep Tambah Koleksi!potret Vicente del Bosque (uefa.com)

Sebelum sukses besar bersama Timnas Spanyol di ajang Euro dan Piala Dunia, Vicente del Bosque lebih dulu bersinar bersama Real Madrid. Bahkan, del Bosque termasuk salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki oleh Los Blancos. Di kancah Liga Champions, del Bosque pernah dua kali mengangkat trofi UCL, tepatnya pada tahun 2000 dan 2002.

Pep Guardiola butuh satu trofi Liga Champions lagi untuk bisa menyamai torehan Carlo Ancelotti sebagai pelatih paling sering juara Liga Champions. Menilik komposisi kekuatan skuad Manchester City yang premium, Pep Guardiola digadang-gadang bakal sanggup melewati catatan rekor tersebut. Sepakat?

Baca Juga: 6 Pemain Norwegia yang Pernah Mengangkat Trofi Liga Champions

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya