5 Pesepak Bola Top Ini Ternyata Sudah Gantung Sepatu dari Negaranya

Kebanyakan dari mereka masih aktif bermain di level klub

Saat ini hampir semua negara menjalani periode jeda internasional edisi November 2021. Kebanyakan negara menjalani kualifikasi Piala Dunia 2022 yang akan diselenggarakan di Qatar. Pastinya setiap negara berusaha untuk menurunkan skuad terbaik mereka agar meraih tiket ke Piala Dunia. 

Walau begitu, ada beberapa nama top yang belakangan ini tak bermain bagi timnas negaranya di kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasalnya, mereka sudah pensiun dari tim nasional negaranya masing-masing. Kira-kira, siapa saja mereka? Berikut daftarnya. 

1. Toni Kroos - Jerman

5 Pesepak Bola Top Ini Ternyata Sudah Gantung Sepatu dari Negaranyapotret Toni Kroos bersama Timnas Jerman (devdiscourse.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Toni Kroos sudah gantung sepatu dari dunia sepak bola internasional. Setelah kalah dari Inggris di babak 16 besar Piala Eropa 2020, Kroos menyatakan pensiun dari Timnas Jerman. Kabar ini pastinya merupakan kesedihan tersendiri bagi para fans Jerman. 

Pasalnya, Kroos sudah memberikan penampilan sebanyak 106 kali sejak tahun 2010 lalu. Setidaknya sudah ada 1 trofi Piala Dunia yang dia sumbangkan selama memperkuat negaranya.

2. Marcelo - Brasil

5 Pesepak Bola Top Ini Ternyata Sudah Gantung Sepatu dari Negaranyapotret Marcelo bersama Brasil (tribuna.com)

Banyak yang bertanya-tanya mengapa Marcelo tak masuk ke dalam skuad Brasil dalam beberapa tahun terakhir. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Marcelo memutuskan pensiun dari Timnas Brasil pasca-Piala Dunia 2018 Rusia. Walau begitu, ia masih aktif bermain bagi Real Madrid hingga saat ini. 

Dalam kariernya, Marcelo sudah memberikan penampilan sebanyak 58 kali sejak tahun 2006. Kapten Real Madrid itu sudah menyumbangkan 1 trofi bagi Brasil, yaitu Piala Konfederasi 2013.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Sudah Melewati Masa Keemasan, Marcelo Salah Satunya!

3. Gerard Pique - Spanyol

5 Pesepak Bola Top Ini Ternyata Sudah Gantung Sepatu dari Negaranyapotret Gerard Pique bersama Spanyol (sport360.com)

Berbicara tentang Timnas Spanyol, pastinya tak bisa lepas dari duet bek tengah Sergio Ramos-Gerard Pique. Walau begitu, di Piala Eropa 2020 dan kualifikasi Piala Dunia 2022, duet tersebut tak terlihat ke dalam skuad Spanyol. Gerard Pique diketahui sudah pensiun dari skuad La Furia Roja pada tahun 2018 lalu.

Pique memutuskan pensiun setelah gagal membawa negaranya mengangkat trofi Piala Dunia 2018. Dia sendiri sudah meraih 103 caps bagi Spanyol sejak tahun 2009 lalu. Pique meraih 1 Piala Dunia pada tahun 2010 dan 1 Piala Eropa pada tahun 2012 selama membela negaranya itu.

4. Jamie Vardy - Inggris

5 Pesepak Bola Top Ini Ternyata Sudah Gantung Sepatu dari Negaranyapotret Jamie Vardy bersama Inggris (skysports.com)

Satu lagi pemain top yang pensiun pasca-Piala Dunia 2018 adalah Jamie Vardy. Setelah ajang tersebut, Vardy memutuskan untuk pensiun dari Timnas Inggris. Walau begitu, dia masih aktif bermain untuk Leicester City. 

Pemain Leicester City itu pensiun di saat umurnya baru berusia 31 tahun. Setidaknya dia sudah memberikan 26 penampilan dan 7 gol bagi The Three Lions. Vardy belum pernah meraih trofi apa pun selama membela negaranya itu.

5. Mario Mandzukic - Kroasia

5 Pesepak Bola Top Ini Ternyata Sudah Gantung Sepatu dari Negaranyapotret Mario Mandzukic bersama Kroasia (dhakatribune.com)

Kroasia dinyatakan lolos ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Rusia 1-0. Walau begitu, tak ada nama bintang mereka, Mario Mandzukic, dalam ajang ini. Pasalnya, Mandzukic sudah pensiun pada tahun 2018 lalu pasca-Piala Dunia. 

Mandzukic sudah memberikan penampilan sebanyak 89 kali dan mencetak 33 gol bagi negaranya. Tak ada trofi yang berhasil dia berikan bagi negaranya selama membela Kroasia selama 11 tahun. Mandzukic baru saja pensiun dari sepak bola level klub pada Juli 2021 lalu di AC Milan.

 

Itu dia 5 pesepak bola top yang ternyata sudah gantung sepatu dari negaranya. Hanya ada nama Mandzukic yang sudah pensiun di level klub. Kira-kira, keempat pemain lainnya akan memutuskan pensiun di level klub kapan?

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Mario Mandzukic dalam Kariernya

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya