5 Pesepak Bola Top yang Ternyata Lulusan Klub Ukraina, Dynamo Kiev

Andriy Shevchenko jadi nama besar pada masanya

Dynama Kiev merupakan klub sepak bola asal Ukraina yang bermarkas di Kiev. Berdiri pada 1927, klub ini merupakan salah satu klub terkuat di sana. Dynamo Kiev sering menjadi representasi Ukraina di Liga Champions Eropa atau Liga Europa.

Dynamo Kiev juga memiliki akademi yang bagus. Ada beberapa pemain ternama yang ternyata lulusan klub ini.

1. Roman Yaremchuk

5 Pesepak Bola Top yang Ternyata Lulusan Klub Ukraina, Dynamo KievRoman Yaremchuk (twitter.com/dynamokyiven)

Roman Yaremchuk merupakan pemain baru Benfica pada 2021/2022. Dia baru pindah dari KAA Gent ke Liga NOS Portugal.

Lahir di Lviv, Yaremchuk sebenarnya memulai karier sepak bolanya di akademi Dynamo Kiev. Sempat dipinjamkan ke FK Oleksandriya, dia diorbitkan ke skuad utama pada 2017.

Pada 2021/2022 ini, Yaremchuk sudah menyumbang 8 gol dan 6 assist bagi Benfica di berbagai ajang. Dia merupakan salah satu penyerang paling berbahaya di Liga NOS saat ini.

2.  Vitaliy Mykolenko

5 Pesepak Bola Top yang Ternyata Lulusan Klub Ukraina, Dynamo KievVitaliy Mykolenko bersama Dynamo Kyiv (112.international)

Vitaliy Mykolenko merupakan rekrutan baru Everton pada bursa transfer musim dingin 2022. Dia dibeli dari Dynamo Kiev untuk menggantikan peran Lucas Digne yang pindah ke Aston Villa. Mykolenko sendiri merupakan lulusan akademi Dynamo Kiev.

Dia diorbitkan ke skuad utama pada 2017 dan berhasil tampil gemilang pada musim pertamanya sebagai bek kiri. Tak heran jika Mykolenko berhasil menjadi andalan timnas Ukraina sejak 2018. Dia sudah tampil sebanyak 21 kali.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Dynamo Kyiv, Nama-Nama Top!

3. Andriy Yarmolenko

5 Pesepak Bola Top yang Ternyata Lulusan Klub Ukraina, Dynamo KievAndriy Yarmolenko bersama Dynamo Kyiv (futbolgrad.com)

Fans West Ham United boleh jadi tak asing lagi dengan sosok Andriy Yarmolenko. Pemain berusia 32 tahun itu sudah membela klub asal London tersebut sejak 2018 setelah dibeli dari Borussia Dortmund.

Sebelum membela Borussia Dortmund, Yarmolenko merupakan pemain Dynamo Kiev yang diorbitkan pada 2008. Kariernya berkembang hingga bisa berlabuh ke Inggris. Lulusan akademi Dynamo Kiev itu sayangnya belum bisa tampil garang di Premier League musim ini seperti 2020/2021.

4. Andriy Shevchenko

5 Pesepak Bola Top yang Ternyata Lulusan Klub Ukraina, Dynamo KievAndriy Shevchenko (uefa.com)

Andriy Shevchenko merupakan pemain asal Ukraina terbaik dalam sejarah. Dia sempat membela beberapa klub top, seperti AC Milan dan Chelsea. Lulusan akademi Dynamo Kiev itu sendiri diorbitkan pada 1994 sebelum akhirnya bergabung AC Milan pada 1999. 

Di level klub, Shevchenko berhasil meraih berbagai trofi, seperti Liga Champions, Piala Liga Inggris, Serie A, hingga UEFA Super Cup. Bahkan, dia berhasil meraih penghargaan Ballon D'Or pada 2004.

5. Viktor Tsygankov

5 Pesepak Bola Top yang Ternyata Lulusan Klub Ukraina, Dynamo Kievpotret Viktor Tsygankov bersama Dynamo Kyiv (scoutedftbl.com)

Ada juga nama Viktor Tsygankov yang berhasil naik daun sejak 2020/2021 bersama Dynamo Kiev. Pemain berusia 24 tahun itu diorbitkan ke skuad utama Dynamo Kiev pada 2016. Berposisi sebagai penyerang sayap, dia dikenal sebagai pemain dengan umpan silang mumpuni.

Tak heran jika Viktor Tsygankov dipercaya untuk menjadi penyerang sayap timnas Ukraina sejak 2016. Setidaknya sudah ada 36 laga yang berhasil ditorehkannya bersama negaranya.

Kelima pemain di atas merupakan lulusan akademi tersukses Dynamo Kiev. Klub tersebut bermain di Liga Champions 2021/2022 walau tak lolos babak 16 besar. Mereka juga terpaksa gagal melanjutkan perjalanan di Liga Ukraina lantaran negaranya tengah berseteru dengan Rusia.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Membela Trabzonspor dalam Sedekade Terakhir

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya