Resmi Gabung Los Angeles FC, Rekap Karier Gareth Bale di Real Madrid

Bale akhirnya pergi usai sembilan tahun membela Real Madrid

Gareth Bale dipastikan hengkang ke Major League Soccer (MLS) untuk memperkuat Los Angeles FC setelah tak memperpanjang kontrak di Real Madrid. Di klub sepak bola tersohor Amerika Serikat itu, Bale kabarnya dikontrak selama satu tahun dengan opsi perpanjangan kontrak. 

Pemain asal Wales itu sudah membela Real Madrid sejak 2013 silam. Meski begitu, kepergiannya ditanggapi dengan respons yang berbeda dari penggemar; ada yang berduka, ada yang lega. Pasalnya, karier Gareth Bale sendiri begitu meredup dalam beberapa musim terakhir.

Pergi meninggalkan Madrid setelah sembilan tahun bersama, begini perjalanan karier Gareth Bale bersama Real Madrid! 

1. Gareth Bale jadi pemain pertama yang dibeli di atas 100 juta euro

Resmi Gabung Los Angeles FC, Rekap Karier Gareth Bale di Real MadridGareth Bale mencium trofi Liga Champions (twitter.com/GarethBale11)

Gareth Bale didatangkan Real Madrid pada 2013 lalu dari Tottenham Hotspur. Kala itu, Bale dibeli dengan harga 101 juta euro atau setara Rp1,58 triliun. Bale menjadi pemain pertama yang dibeli suatu klub dengan harga di atas 100 juta euro. 

Nama Bale sendiri kala itu memang sedang naik daun bersama Tottenham. Penampilan apiknya sebagai penyerang sayap di Premier League membuat Real Madrid berani membeli Bale dengan harga fantastis.

2. Ada 106 gol dan 67 assist yang disumbangkan Bale kepada Real Madrid

Resmi Gabung Los Angeles FC, Rekap Karier Gareth Bale di Real MadridGareth Bale memegang trofi Liga Champions (twitter.com/GarethBale11)

Bale mengawali empat musim pertamanya di Real Madrid dengan sempurna. Bagaimana tidak, dia berhasil menjadi mesin gol sekaligus pencetak assist bagi Real Madrid kala itu. Performanya di Real Madrid sendiri mulai menurun sejak musim 2018/2019. 

Akhirnya, dia sempat dipinjamkan ke Tottenham Hotspur pada musim 2020/2021. Terlepas dari hal tersebut, selama membela Real Madrid, secara total Bale sudah menyumbang 106 gol dan 67 assist di berbagai kompetisi. Sayangnya, pada musim 2021/2022, Bale hanya mampu menyumbang satu gol saja dari berbagai ajang.

Baca Juga: Gareth Bale Jajal MLS, Bela Los Angles FC

3. Bale meraih semua trofi yang bisa didapatkan di Real Madrid

Resmi Gabung Los Angeles FC, Rekap Karier Gareth Bale di Real MadridGareth Bale bersama Real Madrid (twitter.com/GarethBale11)

Gareth Bale merupakan sosok pemain penting di Real Madrid walau dalam tiga musim terakhir kesulitan menembus skuad utama. Bagaimana tidak, Bale berhasil meraih semua trofi yang berpotensi diraih oleh Real Madrid. 

Bale sudah meraih satu trofi Piala Spanyol, tiga trofi Piala Super Spanyol, tiga trofi LaLiga, tiga trofi Piala Super Eropa, lima trofi Liga Champions, hingga empat trofi Piala Dunia Antar Klub. Hal tersebut menunjukkan kualitas yang dimiliki Bale bersama Real Madrid.

4. Mimpi Bale bermain untuk Real Madrid sudah menjadi kenyataan

Resmi Gabung Los Angeles FC, Rekap Karier Gareth Bale di Real MadridEduardo Camavinga dan Gareth Bale (twitter.com/GarethBale11)

Bale memang diketahui pernah mengidolakan Arsenal. Namun, dalam sebuah kesempatan, Bale pernah bermimpi untuk bermain bagi klub Real Madrid. Pada 2013, mimpi tersebut benar-benar menjadi kenyataan. 

"Saya tiba di sini sembilan tahun lalu sebagai seorang pemuda yang ingin mewujudkan impian saya bermain untuk Real Madrid. Sekarang saya dapat melihat ke belakang, merenungkan, dan mengatakan dengan jujur bahwa mimpi ini menjadi kenyataan dan banyak lagi," kata Bale di laga terakhirnya bersama Real Madrid.

"Menjadi bagian dari sejarah klub ini dan mencapai apa yang kami capai saat saya masih menjadi pemain Real Madrid merupakan pengalaman yang luar biasa dan tidak akan pernah saya lupakan," tambahnya.

5. Gareth Bale resmi hengkang dari Real Madrid secara gratis

https://www.youtube.com/embed/1LUcVIM9wJI

Berbagai prestasi dan gol sudah disumbangkan Bale bagi Real Madrid. Setelah dibeli sangat mahal sembilan tahun silam, kini Bale resmi meninggalkan Real Madrid dengan status bebas transfer. 

Pastinya jasa Bale di Real Madrid akan selalu dikenang oleh fans Real Madrid.  Meski sempat dirumorkan bakal merapat ke Cardiff City atau Tottenham Hotspur, Gareth Bale memilih memulai petualangan baru di MLS bersama Los Angeles FC.

Kehadiran Gareth Bale di Los Angeles FC ini menyusul Giorgio Chiellini yang sudah lebih dulu merapat ke tim papan atas MLS tersebut. Peran keduanya diyakini mampu membuat Los Angeles FC digdaya di kancah sepak bola Amerika Serikat.

Baca Juga: 8 Mantan Pemain Juventus yang Pindah ke MLS Sebelum Chiellini

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya