4 Pemain Baru Dortmund 2023, Ada Mantan Pemain Bayern Munich

Tak terlalu jor-joran membeli pemain

Bundesliga sebagai liga kasta tertinggi Jerman akan melangsungkan pertandingan perdana musim 2023/2024 pada 18 Agustus 2023 waktu setempat atau 19 Agustus 2023 waktu Indonesia. Tiap klub peserta telah mempersiapkan skuadnya. Salah satunya Borussia Dortmund yang telah mendatangkan beberapa pemain baru yang siap bersaing meraih takhta Bundesliga 2023/2024.

Borussia Dortmund sendiri kehilangan beberapa pemain andalan. Salah satunya Jude Bellingham yang hijrah ke Real Madrid. Namun, untuk melengkapi skuad di Bundesliga musim depan, mereka telah mendatangkan beberapa pemain baru. Siapa saja pemain baru Dortmund 2023?

1. Felix Nmecha datang dengan nilai transfer termahal

4 Pemain Baru Dortmund 2023, Ada Mantan Pemain Bayern MunichFelix Nmecha (tengah) saat bergabung bersama Borussia Dortmund. (Bvb.de)

Felix Nmecha menjadi pemain termahal yang dibeli Borussia Dortmund pada 2023 ini. Mereka harus merogoh kocek sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp500 miliar untuk mendatangkan gelandang serang muda ini dari VfL  Wolfsburg. Pemain Timnas Jerman ini diplot untuk menggantikan Jude Bellingham yang hengkang ke LaLiga Spanyol.

Felix Nmecha sendiri mengawali kariernya di akademi Manchester City. Pemain dengan tinggi 1,90 meter ini sempat memperkuat Manchester City U-23, tetapi hengkang ke Wolfsburg pada 2021. Saat bersama Wolfsburg, ia berhasil mencatat 3 gol dan 6 assist dari 30 laga di Bundesliga 2022/2023 lalu.

Baca Juga: 8 Pemain Baru Inter Milan 2023, Benahi Segala Lini

2. Marcel Sabitzer sempat bermain di Manchester United sebelum ke Borussia Dortmund

4 Pemain Baru Dortmund 2023, Ada Mantan Pemain Bayern MunichMarcel Sabitzer saat bergabung bersama Borussia Dortmund. (Bvb.de)

Untuk memperkuat lini tengah, Borussia Dortmund mendatangkan pemain berlabel Timnas Austria, Marcel Sabitzer. Ia didatangkan dari klub pesaing Dortmund, Bayern Munich, dengan nilai transfer 19 juta euro atau sekitar Rp316 miliar. Pada 2022/2023, ia sempat dipinjamkan ke Manchester United selama setengah musim. Sabitzer bermain sebanyak 11 kali bersama MU dengan mencatat 1 assist.

Sabitzer mengawali karier sepak bolanya di Austria dengan bergabung bersama beberapa akademi, seperti Admira Wacker. Ia kemudian melanglang buana ke Jerman. Dortmund adalah klub ketiganya di Bundesliga setelah sempat bergabung bersama Bayern Munich dan RB Leipzig.

3. Rammy Bensebaini, bek produktif dengan label pemain Timnas Aljazair

4 Pemain Baru Dortmund 2023, Ada Mantan Pemain Bayern MunichRammy Bensebaini saat diperkenalkan sebagai pemain Borussia Dortmund. (Bvb.de)

Rammy Bansebaini adalah pemain Timnas Aljazair yang menjadi salah satu pemain baru Dortmund 2023. Ia didatangkan dari klub pesaing Borussia Dortmund, Borussia Moenchengladbach, dengan status bebas transfer. Ia akan bermain bersama Niklas Sule untuk menghalau serangan lawan di lini belakang Dortmund.

Di Bundesliga, Bansebaini telah bermain sebanyak 95 kali sejak direkrut Moenchengladbach. Walaupun berperan sebagai pemain belakang, ia termasuk produktif dalam urusan mencetak gol. Di Bundesliga, ia telah mencatatkan 19 gol dan 7 assist. Sedangkan, di Bundesliga 2022/2023, ia berhasil mengoleksi 6 gol dan 1 assist.

4. Ole Pohlmann naik kasta dari Borussia Dortmund II

4 Pemain Baru Dortmund 2023, Ada Mantan Pemain Bayern MunichOle Pohlmann saat bermain bersama Borussia Dortmund II. (Bvb.de)

Ole Pohlmann sebenarnya masih dalam keluarga BVB, sebutan Borussia Dortmund. Ia adalah pemain Dortmund II yang berlaga di kompetisi semiprofesional di bawah Bundesliga. Pemain muda kelahiran Minden, Jerman, ini berposisi sebagai pemain tengah.

Nama Ole Pohlmann memang belum terlalu dikenal, terutama di Bundesliga. Dalam mengembangkan karier sepak bolanya, ia dididik di akademi VfL Wolfsburg. Ia sempat bermain untuk Tim Panzer U-15 hingga U-18.

Borussia Dortmund dikenal sebagai salah satu klub yang irit atau tidak terlalu jor-joran dalam merekrut pemain. Namun, mereka berhasil menjadi penghuni papat atas klasemen Bundesliga 2022/2023. Dengan pemain baru Dortmund 2023 ini, akankah BVB mampu menjadi juara Bundesliga musim depan?

Baca Juga: 8 Pemain Baru AC Milan 2023, Didominasi Gelandang dan Penyerang!

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya