5 Kiper Terakhir yang Sabet Golden Glove di Piala Dunia

Oliver Kahn tampil ciamik pada 2002

Piala Dunia menjadi pertarungan pemain-pemain terbaik dunia. Ajang 4 tahunan ini kerap memunculkan berbagai kejutan. Tak sedikit pemain yang berhasil unjuk gigi hingga menyabet beberapa penghargaan.

Salah satu penghargaan di Piala Dunia adalah Golden Glove. Penghargaan ini diberikan kepada kiper yang tampil memukau sepanjang turnamen.

Kiper menjadi posisi yang cukup vital dalam pertandingan. Mereka dituntut fokus sepanjang pertandingan agar gawangnya tidak kebobolan.

Dalam beberapa edisi terakhir, ada kiper yang berhasil meraih penghargaan ini. Siapa saja kiper terakhir yang sabet Golden Glove di Piala Dunia?

1. Thibaut Courtois (Belgia)

5 Kiper Terakhir yang Sabet Golden Glove di Piala DuniaThibaut Courtois (fifa.com)

Kiper terakhir yang menyabet penghargaan Golden Glove di Piala Dunia adalah Thibaut Courtois. Kiper yang saat ini membela Real Madrid itu membawa Belgia menjadi peringkat ketiga di Piala Dunia 2018.

Saat itu, Courtois dipercaya menjaga gawang Belgia dalam semua pertandingan. Secara total, Courtois tampil dalam tujuh pertandingan di Piala Dunia 2018. Dari penampilannya tersebut, ia mencatatkan 3 clean sheet dan kebobolan 6 gol.

Courtois berpeluang meraih prestasi lagi pada Piala Dunia 2022. Di Qatar, ia kemungkinan besar menjadi kiper utama Timnas Belgia.

2. Manuel Neuer (Jerman)

5 Kiper Terakhir yang Sabet Golden Glove di Piala DuniaManuel Neuer (fifa.com)

Manuel Neuer merupakan kiper terbaik di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut ia buktikan di Piala Dunia 2014.

Pada Piala Dunia 2014, Neuer tampil sensasional bersama Timnas Jerman. Kiper yang juga membela Bayern Munich ini sukses mengantarkan Die Mannschaft menjadi juara di ajang tersebut.

Sepanjang gelaran Piala Dunia 2014, Neuer tampil dalam tujuh pertandingan. Kiper 36 tahun itu sukses mencatatkan 4 clean sheet dan hanya kebobolan 6 gol. Neuer juga masih tampil di Piala Dunia 2022 Qatar bersama Der Panser.

Baca Juga: 7 Penjaga Gawang yang Pernah Meraih Golden Glove di Piala Dunia

3. Iker Casillas (Spanyol)

5 Kiper Terakhir yang Sabet Golden Glove di Piala DuniaIker Casillas (fifa.com)

Piala Dunia 2010 menjadi ajang pembuktian Timnas Spanyol. Kiper sekaligus kapten El Matador, Iker Casillas, tampil memukau. Ia pun dianugerahi Golden Glove pada akhir turnamen.

Casillas dipercaya menjaga gawang Timnas Spanyol dalam tujuh pertandingan. Ia menorehkan penampilan yang sangat mengesankan dengan hanya kebobolan 2 gol dan mencatatkan 5 clean sheet.

Ia membawa Timnas Spanyol meraih trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya. Piala Dunia 2014 menjadi yang terakhir bagi kiper yang gantung sepatu pada 2020 lalu itu.

4. Gianluigi Buffon (Italia)

5 Kiper Terakhir yang Sabet Golden Glove di Piala DuniaGianluigi Buffon (fifa.com)

Kiper keempat dalam daftar ini juga sukses mengantarkan negaranya keluar sebagai juara. Gianluigi Buffon menjadi salah satu pemain penting kala Italia menjuarai Piala Dunia 2006.

Mantan kiper Juventus itu hanya kebobolan satu gol sebelum berlaga di final. Berkat kegemilangannya, Italia berhasil mengalahkan Prancis melalui adu penalti di partai puncak.

Sepanjang turnamen, Buffon tampil dalam tujuh pertandingan. Ia mencatatkan 5 clean sheet dan hanya kebobolan 2 gol di waktu normal. Pada usianya yang menginjak 44 tahun, Buffon masih aktif bermain dengan membela Parma.

5. Oliver Kahn (Jerman)

5 Kiper Terakhir yang Sabet Golden Glove di Piala DuniaOlivier Kahn (fifa.com)

Oliver Kahn jadi kiper kelima dalam daftar ini yang menyabet penghargaan Golden Glove di Piala Dunia. Namun, kiper Jerman ini gagal mengantarkan negaranya menjuarai Piala Dunia 2002.

Berkat penampilan ciamiknya, Die Mannschaft bisa melaju hingga ke partai puncak. Sama seperti Buffon, Kahn hanya kebobolan satu gol sebelum berlaga di final. Sayang, gawangnya harus dibobol Ronaldo Nazario dan membuat Jerman gagal juara.

Kahn sendiri tampil dalam 7 pertandingan dengan catatan 5 clean sheet. Pria yang kini berusia 53 tahun itu sudah memutuskan pensiun pada 2008.

Piala Dunia 2022 Qatar bakal menyuguhkan aksi-aksi kiper yang tak kalah hebat. Menurut kamu, siapa kiper yang akan meraih Golden Glove nanti?

Baca Juga: 9 Kiper Ini Pernah Raih Golden Glove Premier League, Siapa Berikutnya?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya