4 Klub Belanda yang Pernah Bersua Arsenal, PSV Eindhoven Termasuk

Arsenal baru saja menang telak atas PSV Eindhoven

Arsenal mengawali Liga Champions Eropa 2023/2024 dengan kemenangan telak. Ini menjadi awal yang sangat baik bagi The Gunners setelah lama absen. Keikutsertaannya pada musim ini menjadi yang pertama sejak musim 2016/2017.

Pada laga perdana, mereka sukses mencukur tamunya dari Belanda, PSV Eindhoven. Bagi Arsenal, menghadapi klub dari Belanda sebenarnya tidak terlalu asing. Selain PSV, ada beberapa klub Belanda yang pernah bersua The Gunners.

Setidaknya, ada total empat klub asal Belanda yang pernah menjadi lawan Arsenal. Secara keseluruhan, Arsenal memang masih bisa mengungguli klub-klub asal Belanda. Namun, ada juga klub Belanda yang menyulitkan The Gunners.

1. PSV Eindhoven menjadi klub Belanda yang paling sering dihadapi Arsenal

4 Klub Belanda yang Pernah Bersua Arsenal, PSV Eindhoven TermasukArsenal melawan PSV Eindhoven di Liga Champions 2023/2024. (uefa.com)

PSV Eindhoven menjadi klub Belanda terbaru yang dihadapi Arsenal. Namun, sebenarnya PSV menjadi klub Belanda yang paling sering bersua The Gunners. Pertandingan pada laga perdana Liga Champions 2023/2024 ini menjadi pertemuan kesembilan mereka.

Arsenal memang masih mengungguli PSV dalam rekor pertemuan. Termasuk kemenangan di Liga Champions musim ini, The Gunners telah menaklukkan PSV dalam empat pertandingan. Di kubu lawan, PSV sendiri baru bisa menang atas Arsenal dalam dua pertandingan. Keduanya masih akan bertemu dalam putaran kedua fase grup Liga Champions musim ini.

Baca Juga: 4 Lawan Terakhir Arsenal di Liga Champions, Masih Ingat?

2. Ajax Amsterdam sering menyulitkan Arsenal

4 Klub Belanda yang Pernah Bersua Arsenal, PSV Eindhoven TermasukAjax Amsterdam (uefa.com)

Ajax Amsterdam adalah klub papan atas Belanda. Sering tampil di kompetisi antarklub Eropa, mereka pun tak terhindarkan berhadapan dengan Arsenal. Hingga saat ini, kedua tim tersebut telah bertarung dalam delapan pertandingan.

Hebatnya, Ajax Amsterdam masih memiliki rekor pertemuan yang lebih baik dari The Gunners. Dari jumlah laga tersebut, Ajax pernah menang atas Arsenal dalam tiga pertandingan. Sementara itu, Arsenal tercatat baru mengalahkan Ajax dalam dua pertandingan. Momen terakhir keduanya saling berhadapan terjadi pada fase grup Liga Champions 2005/2006. 

3. Twente FC selalu takluk saat melawan Arsenal

4 Klub Belanda yang Pernah Bersua Arsenal, PSV Eindhoven TermasukMomen Arsenal menghadapi Twente FC. (uefa.com)

Berikutnya ada Twente FC yang pernah beberapa kali mewakili Belanda di kompetisi antarklub Eropa. Namun, prestasi mereka sedikit menurun dalam beberapa tahun terakhir. Twente sendiri pernah dua kali berhadapan dengan Arsenal.

Momen tersebut terjadi sudah cukup lama, tepatnya saat keduanya berlaga di Kualifikasi Liga Champions 2008/2009. Dalam dua leg yang terjadi, The Gunners masih terlalu tangguh bagi Twente. Bahkan, saat bertandang ke markas Twente, Arsenal sukses meraih kemenangan dengan skor 2-0. Arsenal sendiri akhirnya menang dengan agregat 6-0 pada kesempatan tersebut.

4. AZ Alkmaar belum pernah menang melawan Arsenal

4 Klub Belanda yang Pernah Bersua Arsenal, PSV Eindhoven TermasukAZ Alkmaar (uefa.com)

Nasib serupa juga dialami klub Belanda lainnya, AZ Alkmaar. Klub Belanda yang satu ini juga belum pernah menaklukkan Arsenal dari dua pertandingan yang terjadi. Namun, AZ Alkmaar masih lebih baik dari Twente karena pernah menahan imbang The Gunners.

Momen pertemuan kedua tim ini juga terjadi sudah cukup lama. Keduanya pernah satu grup di Liga Champions 2009/2010. Bermain imbang saat berlaga di Belanda, Arsenal tanpa ampun menggilas AZ Alkmaar dengan skor 4-1 saat main di kandangnya sendiri.

Meski kalah rekor pertemuan melawan Ajax Amsterdam, Arsenal masih bisa mengungguli klub-klub asal Belanda. Kemenangan telak atas PSV Eindhoven di Liga Champions 2023/2024 menjadi buktinya. Akankah Arsenal kembali menunjukkan dominasinya saat pertandingan kedua nanti?

Baca Juga: Hasil Liga Champions: MU Disikat Bayern, Arsenal Bantai PSV

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya