4 Lawan Terakhir Arsenal di Liga Champions, Masih Ingat?

Arsenal kembali bersaing pada 2023/2024

UEFA Champions League (UCL) atau Liga Champions Eropa 2023/2024 segera bergulir. Gelaran akbar ini akan menggelar sepak mula perdana pada 19 September 2023. Ada total 32 tim terbaik dari penjuru Eropa yang bersaing memperebutkan trofi Si Kuping Besar.

Salah satu peserta itu adalah Arsenal, yang akhirnya kembali mencicipi panggung megah UCL. Sebelum 2023/2024 ini, The Gunners sebenarnya sudah cukup lama absen dari kompetisi tertinggi antarklub Eropa. Terakhir kali mereka tampil di Liga Champions pada 2016/2017.

Kala itu, langkah Arsenal harus terhenti pada babak 16 besar. Momen itu pun menjadi pertandingan terakhir Arsenal di Liga Champions. Untuk menyegarkan kembali ingatan penggemar sepak bola, berikut empat klub terakhir yang menjadi lawan Arsenal di Liga Champions Eropa.

1. Paris Saint-Germain menjadi lawan tangguh bagi Arsenal di UCL 2016/2017

4 Lawan Terakhir Arsenal di Liga Champions, Masih Ingat?Arsenal melawan Paris Saint-Germain pada babak grup Liga Champions 2016/2017. (arsenal.com)

Salah satu klub yang terakhir kali dihadapi Arsenal di Liga Champions Eropa adalah Paris Saint-Germain. Klub asal Prancis itu menjadi lawan The Gunners pada fase grup Liga Champions 2016/2017. Keduanya bertarung dalam dua pertandingan.

Pada pertandingan perdana, Arsenal yang saat itu ditangani Arsene Wenger harus bertandang ke markas PSG. Meski begitu, mereka mampu menahan imbang 1-1 tuan rumah. Uniknya, hasil imbang juga terjadi pada pertemuan kedua tim di markas Arsenal. Kala itu, The Gunners ditahan Le Parisiens dengan skor 2-2.

2. FC Basel tak kuasa menahan kedigdayaan Arsenal

4 Lawan Terakhir Arsenal di Liga Champions, Masih Ingat?Arsenal menghadapi FC Basel pada babak grup Liga Champions 2016/2017. (arsenal.com)

Setelah bermain imbang pada pertandingan perdana, Arsenal tentu menargetkan kemenangan pada pertandingan kedua. FC Basel menjadi pelampiasan Arsenal pada pertandingan terakhir. Bermain di kandang sendiri, Arsenal berhasil menang dengan skor 2-0. Kala itu, Theo Walcott menjadi pahlawan dengan torehan dua golnya.

Arsenal kembali bersua dengan klub asal Swiss itu dalam pertandingan pemungkas fase grup Liga Champions 2016/2017. Sudah dipastikan lolos, Arsenal mampu menang telak saat bertandang ke Basel. Kemenangan 4-1 saat itu membuat mereka lolos dari fase grup dengan status juara grup.

Baca Juga: 4 Pemain Pinjaman yang Direkrut Arsenal dari Sesama Klub EPL

3. Ludogorets juga menelan dua kekalahan dari Arsenal

4 Lawan Terakhir Arsenal di Liga Champions, Masih Ingat?Arsenal menaklukkan Ludogorets pada babak grup Liga Champions 2016/2017. (arsenal.com)

Selain Paris Saint-Germain dan FC Basel, Arsenal juga bertarung melawan Ludogorets pada fase grup Liga Champions 2016/2017. Sama seperti FC Basel, klub asal Bulgaria itu menjadi korban keganasan Arsenal dalam dua pertandingan. Bahkan, The Gunners mampu menang dengan skor 6-0 saat bermain di kandang sendiri.

Saat bertandang ke markas Ludogorets, anak asuh Arsene Wenger mampu meraih kemenangan. Kala itu, Arsenal sempat tertinggal dua gol lebih dahulu pada awal babak pertama. Beruntung, Arsenal berhasil comeback dan meraih kemenangan dengan skor 3-2.

4. Bayern Munich menjadi momok menakutkan Arsenal di Liga Champions

4 Lawan Terakhir Arsenal di Liga Champions, Masih Ingat?Momen Bayern Munich menaklukkan Arsenal pada babak 16 besar Liga Champions 2016/2017. (fcbayern.com)

Klub terakhir yang menjadi lawan Arsenal di Liga Champions Eropa adalah Bayern Munich. Klub asal Jerman ini menjadi lawan The Gunners pada babak 16 besar Liga Champions 2016/2017. Meski berstatus sebagai juara grup, Arsenal ternyata tak mampu menaklukkan The Bavarians yang kala itu lolos dengan status runner-up grup.

Bayern Munich benar-benar menjadi momok menakutkan bagi anak asuh Arsene Wenger. Bagaimana tidak, Arsenal mengalami kekalahan telak dengan skor identik, baik saat bermain kandang maupun tandang. The Gunners takluk dengan skor 1-5. Kekalahan agregat 2-10 menjadi momen mengecewakan yang menutup kiprah Arsenal di UCL sebelum kembali bersaing pada 2023/2024 ini.

Arsenal memang sudah cukup lama tak merasakan panggung Liga Champions Eropa. Pada musim ini, mereka akan bersaing di Grup B bersama Sevilla, PSV Eindhoven, dan RC Lens. Mampukah The Gunners lolos dari fase grup?

Baca Juga: 6 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih PFA Young Player of the Year

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya