5 Klub Eredivisie Paling Sering Menang saat Bersua Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam terpuruk di Eredivisie 2023/2024

Ajax Amsterdam merupakan klub Belanda yang sangat sukses. Tak hanya di kancah domestik, mereka juga cukup berprestasi di kompetisi antarklub Eropa. Raihan 36 trofi Liga Belanda dan 4 trofi Liga Champions Eropa menjadi buktinya.

Namun, entah apa yang terjadi dengan de Amsterdammers pada 2023/2024. Mereka seketika terpuruk dan berada di dasar klasemen Eredivisie hingga pekan ke-10. Mereka menjadi bulan-bulanan tim lain, bahkan baru sekali meraih kemenangan.

Terbaru, PSV Eindhoven menghajar Ajax dengan skor 5-2. Ini makin menguatkan PSV sebagai tim yang paling sering mengalahkan Ajax. Meski jadi klub tersukses, Ajax juga memiliki rival yang sering menyulitkan. Termasuk PSV Eindhoven, inilah lima klub Eredivisie paling sering menaklukkan Ajax Amsterdam.

1. PSV Eindhoven baru saja mempermalukan Ajax Amsterdam

5 Klub Eredivisie Paling Sering Menang saat Bersua Ajax AmsterdamAjax Amsterdam melawan PSV Eindhoven. (ajax.nl)

PSV Eindhoven jadi klub yang paling sering mengalahkan Ajax Amsterdam. Bahkan, klub berjuluk Boeren tersebut memiliki rekor lebih bagus dari Ajax. Terbaru, mereka berhasil menang dengan skor 5-2 pada pertemuan pertama di Eredivisie 2023/2024.

Secara total, kedua tim tersebut telah berhadapan dalam 135 pertandingan di Eredivisie. PSV berhasil menaklukkan de Amsterdammers dalam 56 pertandingan. Di sisi lain, Ajax menang atas PSV dalam 51 laga lainnya.

2. Feyenoord menang telak atas Ajax Amsterdam pada pertemuan pertama musim ini

5 Klub Eredivisie Paling Sering Menang saat Bersua Ajax AmsterdamAjax Amsterdam menghadapi Feyenoord. (ajax.nl)

Berikutnya ada Feyenoord yang jadi salah satu tim papan atas di Belanda. Feyenoord juga mampu menaklukkan Ajax Amsterdam pada pertemuan pertama di Eredivisie 2023/2024. Bermain pada pekan ke-6, Ajax yang main di kandang sendiri dihancurkan dengan skor 0-4.

Kekalahan itu menjadi yang ke-32 bagi Ajax saat bersua Feyenoord. Ajax sendiri telah berduel dengan Feyenoord dalam 134 pertandingan. De Amsterdammers sejatinya masih unggul dalam rekor pertemuan dengan raihan 63 kemenangan.

Baca Juga: 4 Calon Pelatih Pengganti Maurice Steijn di Ajax Amsterdam

3. Sparta Rotterdam juga sempat menyulitkan Ajax Amsterdam

5 Klub Eredivisie Paling Sering Menang saat Bersua Ajax AmsterdamAjax Amsterdam bersua Sparta Rotterdam. (ajax.nl)

Klub Eredivisie berikutnya yang kerap menyulitkan Ajax Amsterdam ada Sparta Rotterdam. Klub berjuluk Kasteelheren itu mungkin sudah tak terlalu superior dalam beberapa musim terakhir. Namun, mereka tercatat pernah juara Eredivisie sebanyak enam kali.

Dalam catatan sejarah, Sparta dan Ajax telah bertarung dalam 114 pertandingan Eredivisie. Hasilnya, Ajax pernah kalah dalam 23 laga dan menang dalam 70 laga lainnya. Terakhir kali Ajax kalah dari Sparta terjadi pada 2008/2009 lalu. Pada 2023/2024, keduanya baru akan bertemu pada pekan ke-15.

4. Twente FC berhasil menggilas Ajax Amsterdam pada dua pertemuan terakhir

5 Klub Eredivisie Paling Sering Menang saat Bersua Ajax AmsterdamAjax Amsterdam melawan Twente FC. (ajax.nl)

Twente FC kerap membuat Ajax Amsterdam keok. Itu terbukti dari dua pertemuan terakhir kedua tim. Twente FC berhasil menggilas de Amsterdammers dengan masing-masing skor 3-1.

Kedua tim tersebut telah berhadapan dalam 112 pertandingan di Eredivisie. Twente mampu mengungguli Ajax dalam 22 pertandingan. Namun, Ajax masih unggul dalam rekor pertemuan dengan raihan 66 kemenangan.

5. FC Utrecht telah 21 kali menaklukkan Ajax Amsterdam

5 Klub Eredivisie Paling Sering Menang saat Bersua Ajax AmsterdamAjax Amsterdam menghadapi FC Utrecht. (ajax.nl)

Klub kelima yang kerap menaklukkan Ajax Amsterdam adalah FC Utrecht. Utrecht juga mampu mengalahkan Ajax pada pertemuan pertama di Eredivisie 2023/2024 ini. Bertarung pada pekan ke-9, Utrecht menaklukkan de Amsterdammers dengan skor 4-3.

Kemenangan tersebut menjadi yang ke-21 bagi klub berjuluk Utreg itu atas Ajax. Utrecht dan Ajax telah bertanding di Eredivisie dalam 106 pertandingan. Ajax sendiri berhasil menang atas Utrecht dalam 65 laga lainnya.

Ajax Amsterdam terancam terdegradasi dari Eredivisie pada 2023/2024. Sebagai tim penuh sejarah, sangat disayangkan jika hal itu terjadi. Kira-kira apa yang membuat de Amsterdammers terpuruk pada musim ini?

Baca Juga: Menyelisik Lebih Dalam Penyebab Terpuruknya Ajax Amsterdam

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya