6 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih PFA Young Player of the Year

Bukayo Saka jadi yang terbaru

Professional Footballers' Association (PFA) tiap musimnya selalu memberikan penghargaan individu kepada para pemain English Premier League. Salah satu gelar yang cukup bergengsi adalah PFA Young Player of the Year. Penghargaan ini diberikan kepada pemain muda terbaik selama semusim kompetisi.

Sejak pertama kali diadakan pada 1973/1974, Arsenal menjadi salah satu tim dengan gelar terbanyak, yakni enam gelar. Gelar keenam baru saja diberikan kepada Bukayo Saka yang membawa Arsenal hampir menjadi juara EPL pada 2022/2023. Termasuk Saka, berikut enam pemain Arsenal yang pernah meraih gelar PFA Young Player of the Year.

1. Tony Adams menjadi pemain Arsenal pertama yang meraih PFA Young Player of the Year

6 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih PFA Young Player of the YearTony Adams (twitter.com/Arsenal)

Tony Adams merupakan pemain Arsenal pertama yang meraih gelar PFA Young Player of the Year. Adams mendapatkan gelar tersebut setelah tampil apik dalam mengawal lini belakang Arsenal pada 1986/1987. Meski tak menjadi juara First Division, Arsenal dibawanya menjadi juara Piala Liga Inggris.

Setelahnya, Adams bertransformasi menjadi salah satu pemain terbaik dalam sejarah Arsenal. Tak hanya kokoh sebagai benteng pertahanan, ia juga mengemban jabatan sebagai kapten tim dari 1988 hingga pensiun pada 2002. Untuk menghormati sang legenda, Arsenal membuatkan patungnya di depan Stadion Emirates.

2. Paul Merson menjadi salah satu legenda Arsenal

6 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih PFA Young Player of the YearPaul Merson (twitter.com/PaulMerse)

Arsenal memenangi First Division secara dramatis pada musim 1988/1989. Mereka menjadi juara usai mengalahkan saingan mereka saat itu, Liverpool, di laga terakhir. Salah satu pemain yang cukup berjasa mengantar The Gunners menjadi juara adalah Paul Merson.

Meski masih berusia 21 tahun ketika itu, Merson berhasil mencetak 10 gol dari 37 pertandingan di First Division. Tak heran jika ia dianugerahi gelar PFA Young Player of the Year pada akhir musim. Merson membela Arsenal hingga 1997 ketika memutuskan untuk bergabung dengan Middlesbrough.

3. Nicolas Anelka tampil mengesankan di bawah asuhan Arsene Wenger

6 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih PFA Young Player of the YearNicolas Anelka (arsenal.com)

Didatangkan Arsene Wenger dari Paris Saint-Germain pada 1996, Nicolas Anelka awalnya hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Ia mulai dipercaya mengisi satu tempat di lini depan ketika Ian Wright yang merupakan penyerang utama Arsenal saat itu mengalami cedera. Momentum ini kemudian mampu dimanfaatkan Anelka.

Musim terbaiknya datang pada 1998/1999 ketika ia mampu mencetak 17 gol di EPL. Penampilan tajamnya tersebut membuat Anelka dihadiahi gelar PFA Young Player of the Year pada akhir musim. Ia juga menjadi pemain non-Britania Raya pertama yang menyabet gelar bergengsi tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Memenangi PFA Young Player of the Year Beruntun

4. Cesc Fabregas menjadi motor di lini tengah Arsenal

6 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih PFA Young Player of the YearCesc Fabregas (uefa.com)

Cesc Fabregas sudah membuktikan dirinya merupakan seorang maestro di lini tengah ketika usianya masih sangat muda. Aksi-aksinya di lini tengah membuat Arsenal hampir merebut gelar juara English Premier League pada 2007/2008. Mereka kalah dari Manchester United dengan jarak empat poin saja.

Catatan 7 gol serta 9 assist yang dibuat Fabregas membuatnya dinobatkan sebagai peraih gelar PFA Young Player of the Year. Fabregas meninggalkan Arsenal pada 2011 ketika menerima tawaran Barcelona. Kini, Fabregas telah memutuskan gantung sepatu pada usianya yang ke-36.

5. Jack Wilshere gagal memenuhi potensinya

6 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih PFA Young Player of the YearJack Wilshere (arsenal.com)

Jack Wilshere sempat digadang-gadang bakal menjadi bintang masa depan Arsenal. Pada usianya yang masih begitu muda, ia sudah dipercaya untuk mengawal lini tengah oleh Arsene Wenger. Bahkan, ia mendapat gelar PFA Young Player of the Year pada 2010/2011 setelah tampil apik bersama The Gunners.

Sayang, performanya tersebut sering terganggu oleh rentetan cedera yang tak berujung. Wilshere akhirnya meninggalkan Emirates Stadium pada 2018 menuju West Ham United. Karier yang makin menurun serta cedera kambuhan membuatnya pensiun pada 2022 dengan usia yang baru 30 tahun.

6. Bukayo Saka hampir membawa Arsenal menjadi juara EPL

6 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih PFA Young Player of the YearBukayo Saka (arsenal.com)

Bukayo Saka menjadi salah satu pemain yang memiliki kontribusi besar terhadap performa apik Arsenal pada 2022/2023. The Gunners sempat cukup lama memimpin klasemen sebelum akhirnya disalip Manchester City. Saka tampil tajam dengan membuat 14 gol dan 11 assist di English Premier League.

Performa apiknya juga berlanjut ketika membela Timnas Inggris di ajang Piala Dunia 2022. Meski Inggris terhenti pada babak perempat final, Saka sukses mencetak tiga gol. Berkat performanya tersebut, Saka mendapat gelar PFA Young Player of the Year.

keenam pemain tersebut memberikan kontribusi besar bagi Arsenal meski usianya masih sangat muda. Lantas, mampukah Saka kelak mampu membawa berbagai trofi bergengsi ke lemari Arsenal?

Baca Juga: Erling Haaland Sabet Gelar PFA Player of The Year

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya