5 Negara Amerika Selatan yang Langganan Tampil di Piala Dunia

Ada tiga negara yang pernah juara Piala Dunia

Amerika Selatan menjadi tempat lahirnya para bintang sepak bola. Tak terhitung lagi para bintang lapangan hijau yang berasal dari negara-negara Amerika Selatan.

Di ajang Piala Dunia, negara-negara Amerika Selatan juga mampu berbicara banyak. Total ada tiga negara Amerika Selatan yang pernah menjuarai Piala Dunia. Ketiga negara tersebut yaitu Brasil, Argentina, dan Uruguay.

Namun sejatinya, tak hanya ketiga negara tersebut yang pernah mewakili Amerika Selatan di ajang 4 tahunan ini. Berikut daftar negara Amerika Selatan yang langganan tampil di ajang Piala Dunia.

1. Brasil tak pernah absen di Piala Dunia dan menjadi negara tersukses

5 Negara Amerika Selatan yang Langganan Tampil di Piala DuniaBrasil (fifa.com)

Salah satu negara Amerika Selatan yang paling sering berlaga di Piala Dunia adalah Brasil. Negeri Samba tak pernah absen dari ajang empat tahunan ini.

Mereka menjadi satu-satunya negara di dunia yang selalu tampil dalam 22 edisi Piala Dunia. Hebatnya lagi, Brasil juga menjadi negara tersukses dalam sejarah Piala Dunia. Total mereka sudah menjuarai Piala Dunia sebanyak lima kali.

Kelima trofi tersebut mereka raih pada edisi 1958, 1962, 1970, 1998, dan 2002. Di ajang Piala Dunia 2022 Qatar, Brasil tentu saja berhasrat membawa pulang kembali trofi Piala Dunia.

2. Argentina berhasil juara Piala Dunia dalam dua kesempatan

5 Negara Amerika Selatan yang Langganan Tampil di Piala DuniaArgentina juara Piala Dunia (twitter.com/FIFAWorldCup)

Negara Amerika Selatan berikutnya yang juga sering tampil di Piala Dunia ada Argentina. Secara total, Tim Tango telah berpartisipasi di ajang 4 tahunan ini sebanyak 18 kali.

Mereka hanya absen dalam empat edisi saja. Tak mau kalah dari Brasil, Argentina juga sudah pernah membawa pulang trofi Piala Dunia. La Albiceleste tercatat sudah dua kali menjadi yang terbaik di ajang Piala Dunia.

Namun momen tersebut sudah terjadi cukup lama, tepatnya pada 1978 dan 1986. Mereka sebenarnya berpeluang kembali juara pada edisi 2014 lalu. Sayangnya, Argentina dikalahkan Jerman di partai puncak.

Baca Juga: Profil Uruguay, Raksasa Era Lama Dua Kali Juara Dunia

3. Uruguay menjadi negara pertama yang menjuarai Piala Dunia

5 Negara Amerika Selatan yang Langganan Tampil di Piala DuniaTimnas Uruguay (twitter.com/Uruguay)

Uruguay juga menjadi negara Amerika Selatan yang langganan tampil di ajang Piala Dunia. Bahkan La Celeste merupakan negara yang tercatat sebagai juara pada edisi pertama Piala Dunia.

Pada Piala Dunia 1930, Uruguay berhasil mengalahkan Argentina di partai final. Sayangnya keberhasilan itu belum bisa diulangi Uruguay hingga saat ini. Uruguay sendiri telah berpartisipasi di ajang Piala Dunia sebanyak 14 kali.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Uruguay juga mewakili Amerika Selatan. Meskipun sulit, La Celeste tentu berharap bisa membawa pulang kembali trofi Piala Dunia pada edisi kali ini.

4. Paraguay sudah delapan kali berpartisipasi di ajang Piala Dunia

5 Negara Amerika Selatan yang Langganan Tampil di Piala DuniaTimnas Paraguay (twitter.com/Albirroja)

Negara Amerika Selatan lainnya yang juga cukup sering berpartisipasi di ajang Piala Dunia ada Paraguay. Sayangnya Paraguay gagal lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Terakhir kali tim berjuluk La Albirroja tersebut tampil di ajang 4 tahunan ini terjadi pada edisi 2010. Secara total, Paraguay telah berpartisipasi di ajang Piala Dunia sebanyak delapan kali. Dari kesempatan tersebut mereka belum mampu mengikuti jejak ketiga negara lain dalam meraih trofi.

Prestasi terbaik Paraguay di ajang Piala Dunia adalah melaju hingga perempat final. Momen tersebut terjadi pada edisi terakhir yang mereka ikuti, yakni pada 2010, sebelum akhirnya dikandaskan Spanyol.

5. Kolombia yang absen di Piala Dunia 2022 Qatar telah tampil dalam enam kesempatan

5 Negara Amerika Selatan yang Langganan Tampil di Piala DuniaTimnas Kolombia (twitter.com/FIFAWorldCup)

Negara Amerika Selatan kelima yang juga sering main di ajang Piala Dunia adalah Kolombia. Sama seperti Paraguay, Kolombia juga harus absen di Piala Dunia 2022 Qatar.

Namun tim berjuluk Los Cafeteros terakhir kali tampil di Piala Dunia pada edisi 2018 lalu. Keikutsertaannya di Piala Dunia 2018 menjadi yang ke-6 bagi Kolombia. Selama berlaga di Piala Dunia, Kolombia juga belum mampu menjadi juara.

Prestasi terbaiknya adalah ketika mampu melaju hingga perempat final Piala Dunia 2014. Selebihnya, Kolombia hanya mampu melaju ke babak 16 besar sebanyak dua kali.

 

Negara Amerika Selatan selalu memberikan warna tersendiri di ajang Piala Dunia. Akankah trofi Piala Dunia kembali ke tangan tim negara Amerika Selatan pada edisi tahun ini?

Baca Juga: 6 Negara Amerika Selatan yang Tampil di Piala Dunia Tanpa Juara

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya