5 Pelatih Paling Sering Memainkan Romelu Lukaku, Mourinho Termasuk

Mourinho jadi pelatih yang kini menangani Lukaku

Romelu Lukaku merupakan salah satu penyerang top asal Belgia. Sayangnya, karier Lukaku kerap naik turun. Bahkan, ia sempat kesulitan mendapatkan klub pada awal musim 2023/2024 ini. Namun, akhirnya AS Roma yang kini ditangani Jose Mourinho datang untuk meminjam Lukaku dari Chelsea.

Sebelum AS Roma, Lukaku telah membela banyak klub elite, di antaranya Everton, Inter Milan, dan Manchester United. Tentu saja banyak juga pelatih yang telah mengandalkannya, termasuk Jose Mourinho. Lantas, siapa saja pelatih yang paling sering memainkan Romelu Lukaku?

1. Roberto Martinez mengandalkan Lukaku di Everton

5 Pelatih Paling Sering Memainkan Romelu Lukaku, Mourinho TermasukRoberto Martinez (premierleague.com)

Pelatih paling sering mengandalkan Romelu Lukaku adalah Roberto Martinez. Pelatih asal Spanyol ini juga sempat mengandalkan sang penyerang di Timnas Belgia. Namun, sebelumnya Martinez sudah banyak memainkan Lukaku saat membesut Everton.

Pelatih 50 tahun itu menangani The Toffees sejak Juni 2013 hingga Mei 2016. Sekitar 3 musim ditangani Martinez, Lukaku mencatatkan 126 pertandingan. Sebagai penyerang muda saat itu, ia mengoleksi 61 gol dan 21 assist.

2. Ariel Jacobs menjadi sosok yang menemukan bakat Romelu Lukaku

5 Pelatih Paling Sering Memainkan Romelu Lukaku, Mourinho TermasukAriel Jacobs (uefa.com)

Ariel Jacobs juga tak kalah berjasa dalam karier Romelu Lukaku. Sosok pria 70 tahun tersebut menjadi pelatih yang menemukan bakat Romelu Lukaku. Momen tersebut terjadi saat Jacobs menjadi pelatih RSC Anderlecht pada 2007 hingga 2012.

Lukaku sendiri ditangani Jacobs pada 2009 hingga 2011 sebelum diboyong Chelsea. Dalam kurun waktu tersebut, Lukaku dimainkan Jacobs dalam 98 pertandingan. Sang penyerang menunjukkan tajinya sebagai penyerang muda dengan torehan 41 gol dan 17 assist.

Baca Juga: 5 Pelatih Top Eropa yang Belum Mendapatkan Klub Baru, Ada Conte!

3. Antonio Conte menjadikan Lukaku penyerang utama saat membesut Inter Milan

5 Pelatih Paling Sering Memainkan Romelu Lukaku, Mourinho TermasukAntonio Conte (uefa.com)

Antonio Conte juga pernah menjadikan Romelu Lukaku sebagai penyerang andalan. Momen tersebut terjadi saat Conte menangani Inter Milan. Keduanya bekerja sama selama 2 musim, yakni 2019/2020 dan 2020/2021.

Kerja sama keduanya membuahkan satu trofi Serie A pada 2020/2021. Di bawah asuhan Conte, Lukaku bermain dalam 95 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai ujung tombak utama, ia mengemas 64 gol dan 17 assist dari penampilannya tersebut.

4. Jose Mourinho mengandalkan Lukaku di tiga klub berbeda

5 Pelatih Paling Sering Memainkan Romelu Lukaku, Mourinho TermasukJose Mourinho (legaseriea.it)

Jose Mourinho menjadi sosok yang menyelamatkan karier Romelu Lukaku saat ini. Sebelum bekerja sama di AS Roma, Mourinho sudah pernah memainkan Lukaku di dua klub berbeda, yakni Chelsea dan Manchester United. Namun, Lukaku hanya dimainkan dalam tiga pertandingan saat membela Chelsea.

Secara total, Mourinho telah memainkan Lukaku dalam 78 pertandingan di tiga klub tersebut. Dari kesempatan tersebut, ia mengoleksi 34 gol dan 11 assist. Patut kita nantikan buah kerja sama mereka di AS Roma.

5. Thomas Tuchel pernah semusim mengandalkan Lukaku

5 Pelatih Paling Sering Memainkan Romelu Lukaku, Mourinho TermasukThomas Tuchel (uefa.com)

Pelatih kelima yang juga kerap mengandalkan Romelu Lukaku adalah Thomas Tuchel. Pelatih asal Jerman itu tentu mengandalkan Lukaku saat menangani Chelsea. Keduanya bekerja sama selama semusim, tepatnya pada 2021/2022.

Dalam musim tersebut, Lukaku turut mengantarkan Chelsea meraih trofi Piala Dunia Antarklub. Di bawah asuhan Tuchel, ia mencatatkan 44 pertandingan di semua kompetisi. Pemain 30 tahun itu hanya mengoleksi 15 dan 2 assist dari penampilannya tersebut.

Romelu Lukaku sebenarnya menjadi salah satu penyerang papan atas. Sayangnya, ia kerap tampil kurang konsisten. Kini, ketajamannya harus ia tunjukkan bersama AS Roma jika tak ingin kariernya terus menurun.

Baca Juga: Lukaku Gemilang Bersama AS Roma, Mourinho Sindir Inter Milan

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya