5 Pemain Tertua Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Rekor Baru!

Pepe dan Cristiano Ronaldo catatkan rekor baru

Portugal berstatus sebagai juara bertahan dalam ajang Piala Eropa 2020. Timnas Portugal akhirnya berhasil menjadi juara pada Piala Eropa 2016 lalu di Prancis. Pada gelaran kali ini, Timnas Portugal mengandalkan cukup banyak pemain bintang dan beberapa di antaranya juga sudah tak muda lagi.

Rekor pemain tertua Timnas Portugal di Piala Eropa juga terpecahkan. Di mana Pepe dan Cristiano Ronaldo jadi dia pemain yang sudah catatkan menit bermain di Piala Eropa 2020. Siapa saja pemain tertua Timnas Portugal dalam sejarah Piala Eropa? Berikut ulasannya.

1. Pepe

5 Pemain Tertua Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Rekor Baru!Pepe (eurosport.com)

Di urutan pertama ada Pepe yang baru saja memecahkan rekor pemain tertua Timnas Portugal di Piala Eropa. Bek veteran milik Porto tersebut masih mendapat panggilan Timnas Portugal, khususnya untuk Piala Eropa 2020. Ia tercatat membela Timnas Portugal di Piala Eropa 2020 pada 15 Juni 2021.

Pada pertandingan melawan Hungaria tersebut, Pepe sudah menginjak usia 38 tahun, 2 bulan, dan 20 hari. Mantan bek Real Madrid tersebut sudah menjalani 116 pertandingan bersama Timnas Portugal. Ia berpeluang memperkokoh rekornya jika Portugal terus melaju ke babak gugur.

2. Ricardo Carvalho 

5 Pemain Tertua Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Rekor Baru!Ricardo Carvalho (skysports.com)

Ricardo Carvalho merupakan nama yang sudah tidak asing lagi. Pemain yang beroperasi di lini belakang ini menjadi andalan Timnas Portugal pada masanya. Carvalho terakhir kali dipercaya tampil di Piala Eropa pada edisi tahun 2016. Saat itu Timnas Portugal menghadapi Timnas Hungaria, tepatnya pada 22 Juni 2016. 

Pada pertandingan tersebut, Carvalho sudah berusia 38 tahun, 1 bulan, dan 4 hari. Sepanjang kariernya, Carvalho mencatatkan 89 caps bersama Timnas Portugal. Meskipun lebih ditugaskan untuk memutus serangan lawan, ia berhasil mencetak 5 gol dari penampilannya tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Disorot Saat Jerman Hancurkan Portugal di Piala Eropa

3. Cristiano Ronaldo 

5 Pemain Tertua Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Rekor Baru!Cristiano Ronaldo (goal.com)

Pemain ketiga ini juga menjadi bagian Timnas Portugal di ajang Piala Eropa 2020 kali ini. Pemain yang dimaksud adalah Cristiano Ronaldo yang tentunya sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Ia juga membela Timnas Portugal melawan Hungaria di Piala Eropa 2020, tepatnya pada 15 Juni 2021 lalu. 

Pada pertandingan tersebut, Ronaldo telah berusia 36 tahun, 4 bulan, dan 10 hari. Pemain yang gantung saat ini jadi andalan Juventus itu telah tampil dalam 176 pertandingan bersama Timnas Portugal. Dari penampilannya tersebut, ia yang beroperasi di lini depan sukses menorehkan 106 gol.

4. Manuel Bento

5 Pemain Tertua Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Rekor Baru!Manuel Bento (bolanarede.pt)

Pemain tertua keempat yang pernah berseragam Timnas Portugal di Piala Eropa adalah Manuel Bento. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini membela Portugal untuk terakhir kalinya di Piala Eropa pada edisi tahun 1984. Tepatnya pada 23 Juni 1984 saat Bento membela Portugal dalam laga menghadapi Prancis.

Dalam pertandingan tersebut, pemain Portugal yang satu ini sudah berusia 35 tahun, 11 bulan dan 29 hari. Sepanjang kariernya, pemain yang gantung sepatu pada tahun 1992 itu telah mencatatkan 63 caps bersama Timnas Portugal.

5. Fernando Couto

5 Pemain Tertua Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Rekor Baru!Fernando Couto (transfermarkt.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Fernando Couto yang juga cukup familier. Couto merupakan pemain andalan Timnas Portugal di lini belakang. Terakhir kali ia dipercaya tampil berseragam Timnas Portugal di Piala Eropa pada edisi tahun 2004. Pertandingan terakhirnya terjadi pada 30 Juni 2004.

Saat itu Timnas Portugal menghadapi Timnas Belanda. Dalam pertandingan itu, Couto sudah berusia 34 tahun, 10 bulan, dan 28 hari. Sebelum gantung sepatu pada tahun 2008, ia sudah memainkan 110 pertandingan bersama Timnas Portugal dengan catatan 8 gol.

 

Piala Eropa 2020 kali ini mungkin akan menjadi kesempatan terakhir Cristiano Ronaldo. Namun bukan tidak mungkin, dirinya masih membela Timnas Portugal di Piala Eropa edisi mendatang sekaligus catatkan rekor baru.

Baca Juga: 5 Pemain di Skuad Portugal yang Paling Sering Tampil di Piala Eropa

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya