10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Tak Kalah dengan Tim Lain!

Fans klub lain harus tahu, nih!

Arsenal merupakan salah satu klub yang pernah merajai Premier League. Sayangnya saat ini mereka tak terlalu mampu bersaing dengan tim elite lainnya. Tak hanya itu, The Gunners juga tak terlalu aktif dalam bursa transfer jika dibanding tim lainnya khususnya dalam perekrutan pemain bintang. Hal tersebut tentu saja membuat fans tim rival kerap menganggap Arsenal sebagai klub yang kekurangan dana.

Namun sebenarnya, Meriam London memiliki catatan transfer yang tak kalah dengan klub lain. Dalam sejarah Arsenal, ada beberapa pemain yang diboyong dengan harga fantastis. Termasuk Thomas Partey yang baru direkrut, berikut daftar rekrutan termahal dalam sejarah Arsenal. 

1. Nicolas Pepe dari Lille - 80 juta euro

10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Tak Kalah dengan Tim Lain!goal.com

Rekrutan termahal dalam sejarah Arsenal adalah Nicolas Pepe. Pemain berkebangsaan Pantai Gading tersebut direkrut Arsenal pada awal musim 2019/2020. The Gunners merekrut penyerang sayap tersebut setelah tampil mengesankan bersama LOSC Lille. Pemain 25 tahun ini ditebus Arsenal dengan mahar senilai 80 juta euro. 

2. Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund - 63,75 juta euro

10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Tak Kalah dengan Tim Lain!arsenal.com

Sebelum dipecahkan Nicolas Pepe, Pierre-Emerick Aubameyang menjadi rekrutan termahal dalam sejarah Arsenal. Pemain berkebangsaan Gabon tersebut bergabung dengan Arsenal pada Januari 2018. The Gunners harus mengeluarkan dana sebesar 63,75 juta euro untuk mendatangkan Aubameyang dari Borussia Dortmund.

3. Alexandre Lacazette dari Olympique Lyon - 53 juta euro

10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Tak Kalah dengan Tim Lain!arsenal.com

Arsenal seperti ingin mengulang kesuksesan mereka saat merekrut pemain dari Ligue 1. Sebelum Pepe, The Gunners juga merekrut striker dari Ligue 1 yaitu Alexandre Lacazette. Arsenal mendatangkan Lacazette dari Olympique Lyon pada musim 2017/2018 dengan mahar mencapai 53 juta euro.

4. Thomas Partey dari Atletico Madrid - 50 juta euro

10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Tak Kalah dengan Tim Lain!skysports.com

Thomas Partey menjadi pemain terbaru yang memutuskan bergabung dengan Arsenal pada bursa transfer musim panas kali ini. Pemain berkebangsaan Ghana tersebut direkrut Meriam London dari klub LaLiga, yakni Atletico Madrid. The Gunners merogoh kocek sebesar 50 juta euro untuk dapatkan gelandang 27 tahun ini.

5. Mesut Ozil dari Real Madrid - 47 juta euro

10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Tak Kalah dengan Tim Lain!thetimes.co.uk

Sebelum pemain-pemain tersebut, Arsenal telah merekrut pemain dengan harga tinggi yakni Mesut Ozil. Pemain berkebangsaan Jerman ini direkrut The Gunners dari Real Madrid pada musim 2013/2014. Meriam London menggelontorkan dana sebesar 47 juta euro untuk dapatkan pemain gelandang tersebut. 

Baca Juga: Jalan Panjang Arsenal Dapatkan Thomas Partey

6. Granit Xhaka dari Borussia Monchengladbach - 45 juta euro

10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Tak Kalah dengan Tim Lain!arsenal.com

Pemain termahal berikutnya merupakan rekrutan Arsenal dari Bundesliga yakni Granit Xhaka. Xhaka didatangkan The Gunners ke Emirates Stadium dari Borussia Monchengladbach dengan mahar sebesar 45 juta euro. Ia bergabung ke Arsenal pada tahun 2016 yang saat itu masih berusia 23 tahun.

7. Alexis Sanchez dari Barcelona - 42,5 juta euro

10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Tak Kalah dengan Tim Lain!arsenal.com

Berikutnya ada Alexis Sanchez yang sempat menjadi salah satu pemain penting di lini depan Barcelona. Namun pada musim 2014/2015, pemain asal Chile ini direkrut Arsenal. Untuk dapatkan penyerang kiri tersebut, The Gunners harus merogoh kocek sebesar 42,5 juta euro.

8. Shkodran Mustafi dari Valencia - 41 juta euro

10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Tak Kalah dengan Tim Lain!arsenal.com

Sementara dari lini belakang, ada Shkodran Mustafi yang juga direkrut Arsenal dengan harga mahal. Dinilai tampil mengesankan bersama Valencia, bek tengah 28 tahun tersebut diboyong The Gunners pada musim 2016/2017. Meriam London merekrut pemain Jerman ini dengan mahar 41 juta euro. 

9. Henrikh Mkhitaryan dari Manchester United - 34 juta euro

10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Tak Kalah dengan Tim Lain!premierleague.com

Tak hanya dari liga top Eropa lain, Arsenal juga kerap merekrut pemain dari tim sesama Premier League. Salah satunya yaitu Henrikh Mkhitaryan yang diboyong The Gunners dari Manchester United. Transfer yang terjadi pada musim 2017/2018 tersebut melibatkan dana sebesar 34 juta euro. 

10. William Saliba dari Saint-Etienne - 30 juta euro

10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Tak Kalah dengan Tim Lain!arsenal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini belum lama bergabung dengan Arsenal, tepatnya pada awal musim 2019/2020 lalu. William Saliba menjadi rekrutan mahal Arsenal lainnya dari klub Ligue 1, yakni Saint-Etienne. Bek tengah berusia 18 tahun tersebut ditebus The Gunners dengan harga 30 juta euro. 

Itulah sepuluh rekrutan termahal dalam sejarah Arsenal. Meskipun tak terlalu mentereng jika dibanding rekrutan klub lainnya, namun harga pemain-pemain tersebut juga tak kalah mahal. Siapa rekrutan terbaik The Gunners sepanjang sejarah? 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Arsenal di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya