3 Jebolan Akademi AC Milan yang Pernah Membela Juventus, Ada Locatelli

Mereka tampil impresif bersama Juventus

Juventus berhasil meraih kemenangan 1-0 saat bertandang ke kandang AC Milan, stadion San Siro, dalam laga Serie A Italia pekan ke-9 pada 22 Oktober 2023. Gol satu-satunya Juventus dicetak oleh Manuel Locatelli setelah tendangan jarak jauhnya berbelok akibat menyentuh bek AC Milan. Hasil ini membuat AC Milan turun ke peringkat ke-2 dalam klasemen sementara Serie A dengan raihan 21 poin. Sementara itu, Juventus tetap berada di posisi ke-3 dengan mengumpulkan 20 poin.

Satu momen menarik terjadi dalam pertandingan tersebut ketika Locatelli mencetak gol kemenangan Juventus. Ia merupakan jebolan akademi AC Milan yang hengkang pada musim panas 2019. Locatelli kini menjadi andalan lini tengah Juventus dan Timnas Italia.

Beberapa eks bintang AC Milan pernah membelot ke Juventus seperti Andrea Pirlo, Leonardo Bonucci, dan Edgar Davids. Namun, hanya ada tiga pemain yang berasal dari akademi AC Milan yang pernah membela Juventus. Ketiga pemain ini bakatnya kurang dimaksimalkan oleh AC Milan, tetapi tampil cukup impresif bersama Juventus.

1. Alessandro Matri sempat menjadi andalan lini depan Juventus

https://www.youtube.com/embed/n1S2_xul0Gs

Alessandro Matri memulai karier sepak bolanya bersama akademi AC Milan. Ia bergabung dengan tim muda I Rossoneri sejak Juli 1996. Matri lalu masuk ke tim AC Milan U-19 pada Juli 2002. Ia sempat beberapa kali dipinjamkan ke klub-klub papan bawah, seperti Prato, Lumezzane, dan Rimini.

Akan tetapi, Matri tidak kunjung dapat kesempatan bermain di skuad utama I Rossoneri. Alhasil, ia dilepas kepada Cagliari pada musim panas 2007. Matri tampil apik bersama Cagliari dengan catatan 131 penampilan dan mencetak 38 gol serta 10 assist.

Matri lalu bergabung dengan Juventus pada Januari 2011. Ia cukup produktif dengan mencetak 29 gol dan 7 assist dari 83 penampilan di seluruh kompetisi pada 2011--2013. Matri sudah pensiun sebagai pemain setelah tidak memperkuat klub mana pun selepas kepergiannya dari Sassuolo pada Januari 2020.

2. Mattia De Sciglio pindah kepada Juventus karena ingin meraih trofi

3 Jebolan Akademi AC Milan yang Pernah Membela Juventus, Ada LocatelliMattia De Sciglio (juventus.com)

Mattia De Sciglio merupakan salah satu bek kiri terbaik Italia yang pernah menimba ilmu di akademi AC Milan. Setelah bermain cukup impresif bersama AC Milan U-19, De Sciglio mendapat kesempatan bermain di skuad utama pada 2011/2012. Manajer AC Milan saat itu, Massimiliano Allegri, memberikan De Sciglio debut di tim senior saat pertandingan Liga Champions Eropa melawan Viktoria Plzen pada September 2011.

De Sciglio tampil dalam 133 laga bersama AC Milan pada periode 2011--2017. Ia lalu memutuskan pindah kepada Juventus pada Juli 2017. Pasalnya, sang pemain mengutarakan kesempatan untuk meraih trofi bergengsi lebih terbuka bersama Juventus. De Sciglio berhasil mewujudkan tujuannya tersebut dengan turut berkontribusi dalam raihan 3 gelar juara Serie A, 1 Coppa Italia, dan 1 Piala Super Italia bersama Juventus.

3. Manuel Locatelli wujudkan mimpi masa kecilnya di Juventus

https://www.youtube.com/embed/UMOk0OgW6ms

Manuel Locatelli bergabung dengan tim muda AC Milan dari tim muda Atalanta pada Juli 2010. Ia kemudian menjalani debut di skuad senior AC Milan pada April 2016. Locatelli menjalani debut saat AC Milan ditahan imbang 0-0 oleh Carpi dalam laga Serie A.

Ia sempat menjalani masa peminjaman bersama Sassuolo sebelum akhirnya dipermanenkan pada musim panas 2019. Locatelli kemudian pindah ke Juventus setelah tampil impresif ketika membawa Timnas Italia meraih gelar juara Euro 2020. Salah satu alasan kepindahannya berkaitan dengan mimpi Locatelli yang ingin ia capai, yaitu bermain untuk Juventus. Sayangnya, ia belum meraih gelar Scudetto bersama klub yang berjuluk Si Nyonya Tua itu.

Ketiga pemain di atas memiliki perjalanan karier yang berbeda-beda bersama Juventus. Matri sempat menjadi andalan di lini depan Juventus, tetapi performanya tidak terlalu bagus ketika Juventus ditangani oleh Antonio Conte pada 2011/2012.

Sementara itu, De Sciglio dan Locatelli tercatat masih membela Juventus sampai Oktober 2023. Akan tetapi, De Sciglio tengah absen akibat cedera ACL dan harus absen sepanjang 2023/2024. Di sisi lain, Locatelli masih menjadi tumpuan lini tengah Si Nyonya Tua sebagai gelandang bertahan.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sassuolo, Locatelli Terbaru!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya