Andrea Cambiaso, Wing Back Kiri Masa Depan Juventus dan Timnas Italia

Perlahan geser posisi utama milik Filip Kostic

Krisis keuangan yang melanda Juventus membuat mereka tidak bisa bergerak bebas saat bursa transfer musim panas 2023. Klub berjuluk Si Nyonya Tua itu malah melepas beberapa pemain bintangnya, seperti Angel Di Maria dan Leonardo Bonucci. Manajemen Juventus memutuskan untuk mengandalkan para pemain muda baik dari akademi maupun yang baru kembali dari masa peminjaman.

Salah satu pemain muda yang mulai menjadi tumpuan Juventus adalah Andrea Cambiaso. Namanya masih terdengar asing di telinga media dan fans, tetapi ia sudah menunjukkan performa apik selama masa peminjaman di Bologna. Cambiaso kini kerap diandalkan manajer Juventus, Massimiliano Allegri, mengisi posisi wing back kiri bergantian dengan Filip Kostic.

1. Mengawali kariernya di akademi Genoa

Andrea Cambiaso, Wing Back Kiri Masa Depan Juventus dan Timnas ItaliaAndrea Cambiaso (juventus.com)

Andrea Cambiaso memulai perjalanan kariernya sebagai pemain sepak bola dari akademi Genoa. Bakatnya sebagai pemain serba bisa terlihat sejak usia muda. Posisi asli Cambiaso merupakan bek kiri, tetapi juga bisa bermain sebagai bek kanan. Ia langsung dipromosikan ke skuad utama Genoa dari tim U-19 pada Juli 2017. Akan tetapi, Cambiaso harus melalui empat kali masa peminjaman terlebih dahulu.

Genoa mengirim Cambiaso kepada empat klub, yaitu Albissola, Savona, Alessandria, dan Empoli. Cambiaso baru benar-benar memperkuat tim utama Genoa pada 2021/2022. Ia total tampil dalam 28 pertandingan dan mencetak 1 gol serta 4 assist di seluruh kompetisi.

Baca Juga: 3 Wing Back Kiri Juventus 2023/2024, Berebut Starter di Formasi 3-5-2

2. Menjadi pahlawan kemenangan Juventus

https://www.youtube.com/embed/h3cHJnRN-VI

Andrea Cambiaso kemudian bergabung dengan Juventus pada musim panas 2022. Akan tetapi, ia langsung dipinjamkan ke Bologna selama semusim. Ia tampil cukup impresif dengan mencatatkan 34 penampilan dan mencetak 3 assist di seluruh kompetisi bersama Bologna.

Juventus kemudian memulangkannya kembali pada musim panas 2023. Ia diberikan peran baru sebagai wing back kiri oleh Massimiliano Allegri dalam 6 pertandingan Serie A Italia. Cambiaso berhasil menjawab kepercayaan Allegri dengan bermain apik setiap kali diturunkan.

Salah satunya saat pertandingan Serie A Italia melawan Hellas Verona pada pekan ke-10, Minggu (29/10/2023) dini hari WIB. Ia masuk menggantikan Filip Kostic pada babak kedua menit ke-62. Cambiaso pun mengakhiri pertandingan sebagai pahlawan kemenangan Juventus dengan mencetak satu-satunya gol pada masa injury time. Ia memanfaatkan bola pantul dari sundulan Arkadiusz Milik untuk kemudian ia ceploskan ke gawang yang dijaga oleh kiper Hellas Verona, Lorenzo Montipo. Berkat gol Cambiaso, Juventus berhasil menjaga tren kemenangan dalam tiga pertandingan beruntun Serie A 2023/2024.

3. Menyukai NBA dan mengidolakan Lebron James

https://www.youtube.com/embed/sWXdakXwTDM

Dalam sebuah sesi wawancara dengan kanal resmi Juventus, Cambiaso mengaku bahwa dirinya menyukai olahraga basket. Ia telah lama mengagumi bintang NBA dan LA Lakers, Lebron James. Cambiaso mengungkapkan bahwa ia mulai mengikuti NBA sejak menonton pertandingan final antara Cleveland Cavaliers melawan Golden State Warriors pada 2016.

Ia melihat aksi Lebron James yang masih memperkuat Cleveland Cavaliers melakukan block kepada Andre Iguodala. Cambiaso juga mengagumi beberapa pemain NBA lainnya, seperti Kevin Durrant dan Stephen Curry. Ia mengungkapkan beberapa kali bermain basket bersama rekan-rekannya saat memiliki waktu luang.

Cambiaso menunjukkan bahwa dirinya dapat menjadi andalan baru di masa depan baik bagi Juventus maupun Timnas Italia. Akankah Cambiaso sanggup membantu membawa Juventus meraih gelar juara pada 2023/2024? Menarik untuk mengikuti perkembangan pemain muda satu ini.

Baca Juga: 4 Eks Juventus yang Pernah Konflik dengan Massimiliano Allegri

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya