3 Fakta Unik Bryan Zaragoza, Wonderkid Baru Milik FC Bayern Muenchen

Siap menaklukkan Bundesliga musim depan

Bayern Muenchen resmi mengontrak wonderkid asal Spanyol milik Granada, Bryan Zaragoza, pada 6 Desember 2023. Ia mendapat kontrak dari Bayern Muenchen dengan durasi 5 tahun, terhitung sejak musim panas 2024 sampai 30 Juni 2029. Zaragoza bakal tetap membela Granada sampai akhir 2023/2024.

The Bavarians berhasil mengamankan pemain berusia 22 tahun itu dari incaran klub-klub besar lainnya. Sebab, Zaragoza dinilai sebagai salah satu talenta muda berbakat terbaik di LaLiga Spanyol. Ia memainkan peran krusial ketika membawa Granada promosi ke LaLiga pada 2023/2024. Lantas, siapa sebenarnya sosok Bryan Zaragoza? Simak tiga fakta unik seputar pemain muda jebolan akademi Granada yang bakal memperkuat Bayern Muenchen musim depan tersebut, yuk!

1. Mengawali kariernya bersama klub lokal di Malaga

3 Fakta Unik Bryan Zaragoza, Wonderkid Baru Milik FC Bayern MuenchenBryan Zaragoza (bundesliga.com)

Bryan Zaragoza lahir di Malaga pada 9 September 2001. Ia mulai menimba ilmu sepak bola dari klub lokal, Conejito de Malaga. Zaragoza lalu bergabung dengan akademi Granada saat berumur 18 tahun pada 2019.

Ia sempat dipinjamkan kepada klub divisi tiga, Ejido, untuk mendapatkan pengalaman bermain di level senior pada 2020/2021. Zaragoza kemudian berhasil menembus skuad utama Granada pada 2022/2023. Ia melakoni debutnya saat masuk sebagai pemain pengganti dalam laga melawan SD Eibar pada September 2022. Sejak saat itu, Zaragoza perlahan-lahan mulai tampil secara reguler di skuad utama Granada.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dilepas Gratis Granada pada Musim Panas 2023

2. Membawa Granada promosi ke LaLiga Spanyol dan bikin gebrakan

3 Fakta Unik Bryan Zaragoza, Wonderkid Baru Milik FC Bayern MuenchenBryan Zaragoza (bundesliga.com)

Zaragoza menunjukkan performa luar biasa sejak bermain sebagai pemain inti Granada pada 2022/2023. Ia tampil dalam 34 laga dengan torehan 5 gol dan 1 assist di Segunda Division. Torehan tersebut berhasil membawa klubnya promosi ke LaLiga Spanyol pada 2023/2024.

Kegemilangan Zaragoza berlanjut di LaLiga pada awal 2023/2024. Ia sejauh ini sukses mencatat 14 penampilan dengan torehan 5 gol dan 2 assist di LaLiga. Torehan gol dan assist miliknya bahkan sudah melampaui capaiannya pada 2022/2023.

Zaragoza dapat bermain di banyak posisi sebagai gelandang serang. Ia bisa ditempatkan sebagai winger kiri, striker, dan gelandang nomor 10 yang bermain di belakang striker. Zaragoza akhirnya lebih sering dimainkan sebagai playmaker nomor 10 karena memiliki kreativitas, kemampuan dribel bola, dan kecepatan. Salah satu performa gemilangnya terlihat ketika berhasil membuat bek Barcelona, Jules Kounde, kerepotan menjaganya dalam laga LaLiga 2023/2024 pekan ke-9.

3. Mengidolakan Neymar dan Vinicius Jr

3 Fakta Unik Bryan Zaragoza, Wonderkid Baru Milik FC Bayern MuenchenBryan Zaragoza (bundesliga.com)

Dilansir Sportkeeda, Zaragoza mengungkapkan bahwa dirinya tumbuh besar dengan menonton aksi Neymar ketika membela Barcelona. Ia menyukai gaya permainan pemain asal Brasil itu yang memiliki kemampuan dribel di atas rata-rata. Zaragoza juga mengikuti perkembangan permainan winger Real Madrid, Vinicius Jr.

Ia mengatakan kedua pemain tersebut merupakan inspirasi dari gaya permainannya. Zaragoza benar-benar menerapkannya di atas lapangan. Dilansir Footystats, Zaragoza total mencatat 35 kali dribel sukses dari 76 kali percobaan. Persentase kesuksesan dribelnya mencapai 46 persen. Ia juga memiliki tingkat akurasi operan tinggi. Dari 168 percobaan, 107 tercatat sebagai operan sukses dan 2 di antaranya berbuah assist.

Rekor mentereng yang ditorehkan Zaragoza selama membela Granada sudah cukup membuat Bayern Muenchen tertarik kepadanya. The Bavarians bahkan mengambil langkah cepat dengan mengontraknya sebelum bursa transfer resmi dibuka. Menarik melihat bagaimana Zaragoza melanjutkan kiprahnya di LaLiga Spanyol 2023/2024. Performanya tentu akan dipantau oleh Bayern Muenchen selaku klub yang bakal memilikinya pada 2024/2025.

Baca Juga: 6 Pemain Bayern Munich yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya