3 Eks Atalanta di Laga Fulham vs Tottenham pada Pekan 29 EPL 2023/2024

Hanya satu yang bermain apik

Fulham sukses meraih kemenangan telak 3-0 atas Tottenham Hotspur pada laga English Premier League pekan ke-29 pada 16 Maret 2024. Ketiga gol Fulham dicetak Rodrigo Muniz (2) dan Sasa Lukic (1).

Hasil ini tidak mengubah posisi kedua tim di klasemen sementara musim ini. Fulham tetap berada di peringkat ke-12 dengan 38 poin. Sementara itu, Tottenham berada di posisi ke-5 lewat raihan 53 poin.

Salah satu hal menarik dari laga ini datang dari penampilan beberapa eks pemain Atalanta. Mereka bermain sebagai starter, baik untuk Fulham maupun Tottenham. Selengkapnya, berikut kinerja tiga eks Atalanta di laga Fulham vs Tottenham pada pekan ke-29 Premier League 2023/2024.

1. Timothy Castagne memberikan satu assist untuk gol kedua Fulham

3 Eks Atalanta di Laga Fulham vs Tottenham pada Pekan 29 EPL 2023/2024Timothy Castagne (fulhamfc.com)

Karier Timothy Castagne mulai meningkat ketika membela Atalanta pada periode 2017--2020. Ia kemudian pindah ke Inggris untuk bergabung dengan Leicester City pada musim panas 2020. Castagne turut berperan dalam raihan gelar juara Piala FA 2020/2021 bagi Leicester City, tetapi gagal menyelamatkan klub dari degradasi pada akhir 2022/2023. Ia lantas melanjutkan kariernya bersama Fulham pada 2023/2024.

Castagne tampil sebagai starter dalam laga melawan Tottenham Hotspur di EPL pekan ke-29. Ia bermain cukup efektif sebagai bek kanan, baik dari segi bertahan maupun menyerang. Dilansir Fotmob, Castagne melakukan 7 kali aksi defensif dan memenangkan 7 kali duel fisik.

Ia mampu menjaga pemain-pemain dengan kecepatan tinggi seperti Son Heung Min dan Brenan Johnson. Castagne bahkan memberikan satu assist kepada Sasa Lukic untuk mencetak gol kedua Fulham. Ia mendapat nilai 8,3 atas performanya dalam laga ini.

Baca Juga: 10 Fakta Cristian Romero, Bek Termahal Tottenham Hotspurs

2. Christian Romero bekerja keras di lini belakang, tetapi malah kebobolan tiga gol

3 Eks Atalanta di Laga Fulham vs Tottenham pada Pekan 29 EPL 2023/2024Cristian Romero (kiri) (premierleague.com)

Christian Romero tampil impresif bersama Atalanta dengan tampil dalam 42 laga dan mencetak 3 gol serta 5 assist di semua kompetisi. Tottenham Hotspur yang tertarik kemudian meminjamnya pada musim panas 2021 dan memermanenkannya setahun kemudian. Romero kini menjadi andalan di lini belakang, baik bagi Tottenham maupun Timnas Argentina.

Ia diturunkan sebagai starter di lini belakang dengan berduet bersama Radu Dragusin dalam laga kontra Fulham di EPL pekan ke-29 pada 2023/2024. Romero menunjukkan etos kerja tinggi. Sayangnya, Tottenham malah kebobolan tiga gol. Dilansir Fotmob, Romero melakukan 12 aksi defensif dengan memenangkan penguasaan bola 5 kali dan menyapu bola dengan kakinya 4 kali. Ia memenangkan 12 duel fisik, 5 duel bola bawah, dan 7 duel udara.

Romero juga aktif dalam membangun serangan. Dari 102 sentuhan bola, ia melepaskan 78 operan sukses dengan 9 di antaranya menembus sepertiga lapangan lawan. Ia sekali menghasilkan peluang emas sehingga mendapat nilai 7,1.

3. Dejan Kulusevski tidak memberikan ancaman kepada lini belakang Atalanta

3 Eks Atalanta di Laga Fulham vs Tottenham pada Pekan 29 EPL 2023/2024Dejan Kulusevski (premierleague.com)

Dejan Kulusevski merupakan salah satu talenta berbakat hasil binaan akademi Atalanta. Sayangnya, ia hanya tiga kali bermain untuk mereka karena dipinjamkan kepada Parma pada 2019/2020. Kulusevski juga sempat membela Juventus selama 2,5 tahun, tetapi memutuskan hengkang ke Tottenham Hotspur pada Januari 2022 sebagai pemain pinjaman. Setelah masa percobaan yang mengesankan, The Lilywhites pun menyodorkan kontrak permanen setahun kemudian.

Kulusevski sendiri mengawali laga melawan Fulham sebagai pemain utama. Namun, keberadaanya kurang memberikan ancaman kepada lini belakang Fulham selama 90 menit. Menurut Fotmob, Kulusevski melakukan 55 sentuhan dengan bola dan 10 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Ia hanya memberikan 25 operan sukses dari 32 percobaan dan mencatat 1 tembakan yang mampu diblok bek Fulham. Penampilan Kulusevski di laga melawan Fulham mendapat nilai 6,7.

Ketiga eks pemain Atalanta di atas memiliki peran vital bagi masing-masing klub. Romero dan Kulusevski menjadi andalan manajer Tottenham, Ange Postecoglu, di lini belakang dan depan. Sementara itu, keberadaan Castagne sangat penting bagi permainan Fulham, terutama saat transisi dari bertahan ke menyerang.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor 21 Tottenham Sebelum Dejan Kulusevski

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya