3 Fakta Unik Soal Jobe Bellingham, Wonderkid Inggris seperti Kakaknya

Talenta muda yang siap bersinar

Jude Bellingham baru saja memenangkan Kopa Trophy 2023 pada 1 November 2023. Ia menjadi pemain muda asal Inggris pertama yang berhasil meraih penghargaan tersebut. Prestasi Jude Bellingham diyakini menjadi inspirasi bagi sang adik, Jobe Bellingham, yang masih merintis kariernya dari klub papan bawah, Sunderland.

Meski begitu, talenta Jobe Bellingham sudah dipantau oleh klub-klub besar, salah satunya tim yang kini dibela oleh kakaknya, Real Madrid. Lalu, sehebat apa Jobe Bellingham sampai digadang-gadang akan mengikuti jejak kakaknya menjadi pemain bintang? Berikut 3 fakta unik soal pemain asal Inggris itu.

1. Jobe ikuti jejak Jude saat mengawali kariernya dari akademi Birmingham City

3 Fakta Unik Soal Jobe Bellingham, Wonderkid Inggris seperti KakaknyaJobe Bellingham saat di akademi Birmingham City. (instagram.com/jobebellingham)

Jobe Bellingham mengikuti langkah sang kakak, Jude, saat memulai karier sepak bola professionalnya. Jobe bergabung dengan akademi Birmingham City sejak level U-8. Ia kemudian naik ke tim U-18 pada Juli 2021. Jobe berhasil menembus skuad utama saat melawan Plymouth Argile dalam laga babak ketiga Piala FA pada Januari 2022. Jobe masih berusia 16 tahun 107 hari ketika melakoni debutnya itu. Ia menjadi pemain termuda kedua setelah kakaknya, Jude, yang melakukan debut di tim utama Birmingham City.

Sama seperti Jude, Jobe merupakan seorang gelandang serba bisa. Ia bisa bermain sebagai gelandang bertahan, sentral, serang, box to box, dan penyerang sayap. Fleksibilitasnya itu membuat Jobe dapat dimainkan di berbagai posisi tergantung kebutuhan tim.

2. Mengganti nama jerseynya saat bergabung dengan Sunderland

3 Fakta Unik Soal Jobe Bellingham, Wonderkid Inggris seperti KakaknyaJobe Bellingham (safc.com)

Jobe Bellingham memilih pindah kepada Sunderland pada musim panas 2023. Ia menandatangani kontrak dengan The Black Cats berdurasi 5 tahun sampai 2028. Salah satu yang menjadi sorotan dari kepindahan Jobe adalah mengganti namanya di jersey Sunderland.

Ia memutuskan untuk menggunakan nama depannya, Jobe, daripada nama keluarganya, Bellingham. Dilansir Goal, manajer Sunderland, Tony Mowbray, mengatakan bahwa Jobe ingin membuat identitasnya sendiri dan tidak mau berada di bawah bayang-bayang kakaknya. Pasalnya, nama Bellingham lebih identik dengan kakaknya, Jude Bellingham, sehingga Jobe tidak ingin terus-menerus dibandingkan dengan pemain Real Madrid itu.

Jobe bahkan sampai meminta persetujuan EFL untuk mengganti nama jerseynya itu. EFL akhirnya menyetujui permintaan Jobe tersebut. Jobe kini menggunakan nama depannya dengan nomor punggung 7 di jersey yang ia kenakan di Sunderland.

3. Tengah dipantau oleh pemandu bakat Real Madrid

https://www.youtube.com/embed/ms3VmntyHcU

Dilansir Eurosport, Real Madrid tengah memantau Jobe Bellingham saat sang pemain bermain untuk Timnas Inggris U-19 melawan Montenegro pada 11 Oktober 2023 lalu. Presiden Real Madrid, Florentino Perez, memberikan instruksi kepada kepala divisi pemandu bakat, Juni Calafat, untuk menonton langsung pertandingan Timnas Inggris U-19 melawan Montenegro U-19 itu. Calafat merupakan sosok penting di balik kesuksesan Real Madrid dalam menemukan pemain-pemain muda berbakat dari penjuru dunia, seperti Vinicius Jr, Rodrygo Goes, dan Federico Valverde.

Real Madrid menunjukkan keseriusannya untuk membawa Jobe Bellingham bergabung dengan kakaknya, Jude, pada bursa transfer Januari 2024. Pasalnya, dilansir Transfermarkt, harga pasaran Jobe masih di angka 6 juta euro atau Rp104 miliar sampai 27 Oktober 2023. Harga Jobe diperkirakan akan naik jika sang pemain mampu tampil konsisten dan membantu Sunderland promosi ke English Premier League (EPL) 2024/2025. Jobe sejauh ini bermain cukup impresif bersama Sunderland dengan torehan 2 gol dan 1 assist dari 15 laga di semua kompetisi. Sunderland saat ini menempati peringkat ke-8 dengan raihan 22 poin dari 14 pertandingan.

Jobe Bellingham membuktikan bahwa dirinya ingin membangun karier secara bertahap dan tidak ingin terburu-buru pindah ke klub besar di usianya yang masih 18 tahun. Ia juga ingin memiliki identitasnya sendiri sebagai pesepak bola dan tidak ingin berada di bawah bayang-bayang Jude yang tengah bersinar di Real Madrid. Menarik sekali memantau bagaimana perkembangan Jobe, baik dari segi karier maupun permainannya secara teknis.

Baca Juga: Performa 5 Pemain Baru Real Madrid 2023/2024, Bellingham Menonjol

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya