3 Fakta Menarik Tom Lockyer, Pahlawan Luton Town

Kontribusinya jarang terlihat

Keberhasilan Luton Town promosi ke English Premier League 2023/2024 tidak lepas dari sosok Sang Kapten, Tom Lockyer. Namanya memang belum begitu dikenal publik sepak bola Inggris, apalagi dunia. Sebab, kariernya lebih banyak dihabiskan di kompetisi kasta kedua, ketiga, dan keempat Liga Inggris.

Meski begitu, berkat kontribusinya, Luton Town akhirnya berhasil mewujudkan mimpi bermain di Premier League untuk pertama kalinya sejak 1991/1992. Lantas, seperti apakah sosok Sang Kapten? Berikut fakta menarik Tom Lockyer, pahlawan Luton Town!

1. Pernah bermain di lima posisi berbeda

3 Fakta Menarik Tom Lockyer, Pahlawan Luton TownTom Lockyer (lutontown.co.uk)

Tom Lockyer dikenal sebagai pemain bertahan dengan kemampuan yang cukup fleksibel dalam bermain di berbagai posisi. Menurut data Transfermarkt, ia pernah tampil sebagai bek tengah, gelandang bertahan, bek kanan, bek kiri, dan gelandang sentral bagian kanan. Namun, Lockyer lebih sering bermain sebagai bek tengah sepanjang kariernya.

Ia total bermain dalam 351 pertandingan dengan catatan 12 gol dan 6 assist sebagai bek tengah. Sedangkan, sebagai gelandang bertahan, Lockyer tampil dalam 33 laga dengan catatan 1 gol dan 1 assist. Di sisi lain, ia pernah 31 kali ditempatkan sebagai bek kanan, 9 kali sebagai bek kanan, dan 7 kali sebagai bek kiri. Pengalaman bermain di berbagai posisi membuatnya memiliki modal penting untuk menjadi seorang pemimpin di lini tengah. Lockyer dinilai mampu dengan cepat membaca situasi permainan dan mengambil keputusan yang tepat.

Baca Juga: 7 Pemain Sepak Bola yang Kolaps saat Pertandingan, Terbaru Tom Lockyer

2. Masuk Timnas Wales di Euro 2020 dan Piala Dunia 2022, tetapi tidak tampil

3 Fakta Menarik Tom Lockyer, Pahlawan Luton TownTom Lockyer (lutontown.co.uk)

Tom Lockyer belum memiliki catatan mentereng ketika bermain di level internasional. Ia pertama kali membela Timnas Wales saat membela tim U-21 pada 9 Oktober 2015. Lockyer tampil dalam tujuh laga di Kualifikasi Euro U-21. Dari tujuh pertandingan tersebut, dirinya sukses bermain penuh selama 90 menit.

Lockyer kemudian mendapat panggilan pertamanya dari Timnas Wales saat usianya 22 tahun 11 bulan. Ia masuk sebagai pemain pengganti ketika melawan Timnas Panama di laga persahabatan pada 14 November 2017. Lockyer sejauh ini telah mengoleksi 16 laga di semua kompetisi. Ia masuk Timnas Wales saat berlaga di Euro 2020 dan Piala Dunia 2022. Sayangnya, ia tidak diturunkan oleh Manajer Timnas Wales, Robert Page, di dua ajang tersebut.

3. Sangat mengenal karakter dan keunikan rekan-rekan setimnya

3 Fakta Menarik Tom Lockyer, Pahlawan Luton TownTom Lockyer (lutontown.co.uk)

Sebagai kapten tim, Tom Lockyer cukup mengenal keunikan rekan-rekan setimnya. Dalam sebuah video bersama Sky Sports, ia membeberkan betapa uniknya para pemain Luton Town. Misalnya, Lockyer mengatakan bahwa Amari'i Bell merupakan pemain yang paling sering menghabiskan waktu di depan cermin. Menurutnya, Bell sering kali berlama-lama di kamar mandi hanya untuk bercermin.

Selain itu, Lockyer mengungkapkan salah satu rekannya, Tahith Chong, adalah pemain paling stylish atau modis di Luton Town. Ia sering kali melihat Chong memakai busana yang berbeda-beda dan cukup mencolok. Lockyer sendiri mengaku dirinya tidak pandai bergaya dan memilih pakaian yang tidak terlalu spesial. 

Dengan karakternya yang rendah hati dan selalu mementingkan tim, Tom Lockyer pantas disebut sebagai pahlawan Luton Town yang tidak pernah mendapat sorotan. Ia selalu memberikan yang terbaik untuk tim sekalipun harus beradu fisik dengan pemain lawan sampai kepalanya bocor. Lockyer juga tidak menyerah meskipun pernah terkena serangan irama jantung saat babak final playoff Championship melawan Coventry City pada 2022/2023. Etos kerjanya patut menjadi contoh bagi talenta muda yang tengah membangun karier sebagai pemain sepak bola.

Baca Juga: Profil Tom Lockyer, Pemain Luton Town yang Kolaps saat Pertandingan

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya