Profil Tom Lockyer, Pemain Luton Town yang Kolaps saat Pertandingan

Bukan kali pertama Tom Lockyer kolaps di lapangan

English Premier League (EPL) 2023/2024 pekan ke-17 dikejutkan dengan kejadian yang dialami kapten Luton Town, Tom Lockyer. Saat bertandang ke markas AFC Bournemouth pada Sabtu (16/12/2023) lalu, dirinya tiba-tiba kolaps pada menit ke-60. Sontak, para pemain dan tim medis menolongnya. Laga pun ditunda akibat peristiwa tersebut.

Beberapa jam usai pertandingan, tim berjuluk The Hatters ini mengirimkan kabar terbaru mengenai keadaan sang pemain. Lockyer dikonfirmasi mengalami cardiac arrest atau henti jantung. Namun, ini bukan pertama kalinya ia mengalami kolaps di tengah pertandingan. Ini pernah terjadi pada Mei 2023 saat timnya melawan Coventry City di Divisi Championship.

Siapakah Tom Lockyer ini dan seperti apa kiprahnya? Berikut profil Tom Lockyer yang harus kamu tahu!

1. Profil dan Biodata

Profil Tom Lockyer, Pemain Luton Town yang Kolaps saat PertandinganTom Lockyer (lutontown.co.uk)
  • Nama: Thomas Alun Lockyer
  • Tanggal lahir: 3 Desember 1994
  • Tempat kelahiran: Cardiff
  • Tinggi: 1,85 m
  • Kewarganegaraan: Wales
  • Posisi: Bek - Bek tengah
  • Kaki dominan: Kanan
  • Klub saat ini: Luton Town
  • Bergabung: 1 September 2020
  • Kontrak berakhir: -
  • Perpanjangan kontrak: 6 Juli 2023 

2. Tom Lockyer memulai debut seniornya bersama Bristol Lovers di kasta keempat Liga Inggris

Profil Tom Lockyer, Pemain Luton Town yang Kolaps saat PertandinganTom Lockyer saat berseragam Bristol Rovers. (twitter.com/Official_BRFC)

Pemain yang memiliki nama lengkap Thomas Alun Lockyer ini lahir di Cardiff, Wales, pada 3 Desember 1994. Ia memulai karier sepak bolanya bersama klub kampung halamannya, Cardiff City, sebagai pemain akademi. Namun, dirinya tak pernah merasakan debut di tim senior Cardiff City karena diboyong ke Bristol Rovers pada 2011. Ia terlebih dahulu ditempatkan di tim U-18.

Lockyer baru melakoni debut seniornya bersama Bristol Rovers pada Januari 2013 saat melawan Fleetwood Town pada lanjutan EFL League Two, kasta keempat Liga Inggris. Timnya berhasil menang dengan skor 3-0 dan dirinya masuk pada menit ke-84 babak kedua. Sejak itu, ia menjadi pemain andalan Bristol Rovers sebagai bek kanan hingga berhasil membantu timnya promosi ke kasta ketiga Liga Inggris pada 2016/2017.

Setelah 7 musim membela Bristol Rovers, Lockyer kemudian pindah ke Charlton Athletic pada 2019. Dia memulai mencicipi atmosfer kasta liga yang lebih tinggi di Divisi Championship dengan bermain di 43 pertandingan bersama The Addicks. Baru bertahan semusim, dirinya kemudian hengkang ke Luton Town pada 2020.

Baca Juga: 3 Klub yang Gagal Menang di Kandang Luton Town pada 2023/2024

3. Tom Lockyer berhasil membantu Luton Town promosi ke Premier League untuk pertama kalinya

Profil Tom Lockyer, Pemain Luton Town yang Kolaps saat PertandinganTom Lockyer (twitter.com/LutonTown)

Tom Lockyer meninggalkan Charlton Athletic pada 2020 dengan status bebas transfer. Ia kemudian bergabung dengan Luton Town, yang saat itu juga bermain di divisi Championship. Lockyer langsung menjadi pilihan utama di lini belakang Luton Town dan memulai debutnya di klub barunya pada September 2020 saat menghadapi Reading FC di putaran kedua Carabao Cup 2020/2021.

Selama 3 musim bersama The Hatters, Lockyer menjadi salah satu pemain kunci di tim. Ia menjadi sosok yang tangguh dan andal di lini belakang hingga hingga ditunjuk sebagai kapten utama Luton Town pada 2022/2023. Pada musim yang sama, dirinya berhasil membantu timnya promosi ke Premier League.

Lockyer juga mendapatkan banyak penghargaan individu atas performanya yang impresif bersama Luton Town. Ia terpilih sebagai pemain terbaik Luton Town 2022/2023 dan masuk ke dalam Team of the Season di Divisi Championship pada musim yang sama. Selain itu, ia juga beberapa kali memenangi penghargaan individu lainnya selama membela The Hatters.

4. Tom Lockyer sebelumnya pernah kolaps di tengah laga pada Mei 2023

Profil Tom Lockyer, Pemain Luton Town yang Kolaps saat PertandinganPara pemain Luton Town dan Bournemouth menepi ke pinggir lapangan saat laga terhenti setelah Tom Lockyer kolaps pada pertandingan EPL 2023/2024 pekan ke-17. (twitter.com/LutonTown)

Kiprah Tom Lockyer sendiri di Premier League 2023/2024 cukup mengesankan. Pemain berusia 29 tahun itu telah bermain di 14 laga dan selalu turun sebagai starter. Terakhir, ia bermain di laga melawan AFC Bournemouth pada pekan ke-17 kasta tertinggi Liga Inggris.

Namun, nasib naas harus dialaminya ketika pada menit ke-60, Lockyer tiba-tiba kolaps di tengah lapangan. Para pemain yang melihatnya terkapar langsung menolongnya dan tim medis bergegas masuk ke lapangan sehingga laga harus dihentikan. Berkat kesigapan para pemain dan tim medis, nyawanya akhirnya tertolong dan dibawa ke luar lapangan untuk dibawa ke rumah sakit setempat.

Beberapa jam kemudian, melalui pernyataan resmi Luton Town di berbagai platform media sosial, mereka mengkonfirmasi bahwa sang pemain mengalami cardiac arrest atau henti jantung. Ia dinyatakan sadar dan bisa berkomunikasi dengan tim medis. Namun, ia masih harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab henti jantung yang dialaminya.

Ini bukan kali pertama Tom Lockyer mengalami henti jantung di tengah pertandingan. Pada Mei 2023 saat timnya menghadapi Coventry Country pada babak final playoff Divisi Championship, dirinya terkapar di tengah lapangan pada menit ke-11 dan harus dibawa ke rumah sakit. Setelah sukses menjalani operasi jantung, dirinya diizinkan kembali bermain sepak bola pada Juni 2023.

Tom Lockyer adalah seorang pemain sepak bola profesional yang memiliki karier yang cukup cemerlang. Ia berhasil membantu Luton Town promosi ke Premier League untuk pertama kalinya dan mendapatkan banyak penghargaan individu atas performanya yang impresif. Namun, ia juga mengalami kejadian yang cukup tragis di tengah kariernya hingga mengalami henti jantung dua kali. Semoga Tom Lockyer bisa segera pulih dan kembali bermain sepak bola.

Baca Juga: Pemain Kolaps, Laga Bournemouth vs Luton Town Dihentikan

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya