3 Jebolan La Masia yang Menjadi Pencetak Gol Termuda Timnas Spanyol

Siap bawa Spanyol berjaya kembali

Timnas Spanyol selalu memiliki pemain muda bertalenta yang siap menjadi bintang masa depan. Sebut saja Cesc Fabregas yang bersinar di Piala Dunia U-17 2003, kemudian turut berkontribusi dalam pencapaian La Furia Roja menjuarai Piala Dunia 2010 dan Euro 2012. Salah satu klub yang cukup berkontribusi dalam menciptakan pemain muda berbakat Timnas Spanyol adalah Barcelona.

Selain Fabregas, para lulusan La Masia, seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets, mendominasi generasi emas Timnas Spanyol pada periode 2008--2012. Legasi jebolan La Masia itu kini diteruskan oleh generasi baru yang sudah menjadi pilar utama Timnas Spanyol. Seperti tiga pemain akademi La Masia ini yang sukses menjadi top skor termuda La Furia Roja.

1. Ansu Fati cetak gol dan assist di usianya yang cukup belia

3 Jebolan La Masia yang Menjadi Pencetak Gol Termuda Timnas SpanyolAnsu Fati (rfef.es)

Ansu Fati cukup menyita perhatian sejak awal kemunculannya di skuad utama Barcelona. Skill yang ia miliki seperti kecepatan, kemampuan dribel, tusukan ke kotak penalti, dan insting mencetak gol membuatnya disebut-sebut sebagai calon bintang masa depan Timnas Spanyol. Ansu Fati bahkan sudah dibanding-bandingkan dengan Lionel Messi sejak membuat debut di tim utama Barcelona pada Agustus 2019. Kebetulan, Barcelona memberikan nomor punggung 10 kepadanya usai Messi hengkang ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2022.

Fati berhasil mencetak beberapa rekor di usia mudanya. Salah satunya menjadi pencetak gol termuda Timnas Spanyol ketika merobek gawang Timnas Ukraina dalam laga Nations League pada 6 September 2020. Ia juga mencetak satu assist dalam pertandingan tersebut. Fati mampu menorehkan rekor tersebut saat usianya masih 17 tahun, 10 bulan, dan 6 hari.

2. Gavi tampil produktif meskipun seorang gelandang

3 Jebolan La Masia yang Menjadi Pencetak Gol Termuda Timnas SpanyolGavi (rfef.es)

Rekor Ansu Fati berhasil dipecahkan oleh rekan satu timnya di Barcelona, Gavi. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu sukses menjadi pencetak gol termuda Timnas Spanyol. Gavi melakukannya ketika menyumbang satu gol dalam hasil imbang 2-2 melawan Republik Ceko di laga Nations League pada 9 Juni 2022.

Sejauh ini, ia sudah mencatat 26 penampilan dengan torehan 5 gol di semua kompetisi bersama La Furia Roja. Gavi turut berkontribusi saat Timnas Spanyol meraih gelar juara Nations League 2023. Ia bermain selama 87 menit sebagai gelandang serang dalam laga final melawan Kroasia yang berakhir dengan kemenangan Spanyol 5-4 lewat adu penalti.

3. Lamine Yamal mantapkan diri sebagai pencetak gol termuda

https://www.youtube.com/embed/3h-n1t-zkD8

Lamine Yamal sukses memecahkan rekor Gavi sebagai pencetak gol termuda Timnas Spanyol di laga debutnya. Ia mencetak satu gol dalam kemenangan 2-1 atas Georgia pada 8 Septmber 2023. Yamal masih berusia 16 tahun, 1 bulan, dan 26 hari. Ia juga menjadi pemain termuda yang melakukan debut untuk La Furia Roja dalam laga melawan Georgia.

Yamal menambah torehan golnya di Timnas Spanyol saat menang 3-1 atas Siprus pada 16 November 2023. Ia bermain sebagai winger kiri melakukan tusukan ke kotak penalti dan menendang bola dengan keras ke pojok kanan gawang. Yamal langsung menjadi idola bagi publik sepak bola Spanyol berkat pencapaian luar biasanya itu.

Ketiga pemain di atas memperlihatkan betapa besar kontribusi La Masia terhadap perkembangan sepak bola Spanyol. Mereka masih sangat muda dan memiliki banyak waktu untuk mengembangkan permainannya. Akankah ketiga pemain ini dapat membawa Timnas Spanyol menjuarai Euro 2024? Menarik untuk melihat perkembangan mereka.

Baca Juga: Lamine Yamal Jangan Seperti Ansu Fati di Barcelona

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya