6 Kejutan yang Terjadi pada Hari Terakhir Bursa Transfer 2023

Beberapa klub mendapatkan incarannya

Bursa transfer musim panas 2023 resmi ditutup pada 2 September 2023. Berbagai kejutan terjadi menjelang penutupan bursa transfer. Sebagian klub besar Eropa akhirnya berhasil mendapatkan pemain incarannya. Di sisi lain, terjadi perpindahan pemain di luar prediksi dan melibatkan nilai transfer yang cukup fantastis.

Fenomena perpindahan pemain yang cukup masif sering kali terjadi menjelang detik-detik penutupan bursa transfer. Ada beberapa klub yang bahkan membuat langkah tidak terduga demi mendapatkan pemain incarannya. Sementara itu, beberapa pemain yang selama bursa transfer diisukan pindah ke suatu klub, malah bergabung dengan klub lainnya.

Inilah kejutan yang terjadi pada hari terakhir bursa transfer 2023.

1. Manchester United sukses mendapatkan Sofyan Amrabat dan Sergio Reguillon

6 Kejutan yang Terjadi pada Hari Terakhir Bursa Transfer 2023Sofyan Amrabat (fifa.com)

Manchester United akhirnya mendapatkan solusi untuk menambah amunisi di lini tengah dan pertahanan. Sofyan Amrabat yang selalu dikaitkan dengan The Red Devils akhirnya berhasil didatangkan dari Fiorentina dengan status pinjaman selama semusim plus opsi pembelian permanen. MU akan membayar 10 juta euro atau 164 miliar rupiah sebagai biaya peminjaman dan opsi pembelian senilai 25 juta euro atau 410 miliar rupiah pada akhir musim 2023/2024. Kesepakatan ini menjadi kabar baik bagi MU yang tengah membutuhkan tenaga tambahan untuk posisi gelandang bertahan.

Sementara itu, Manchester United secara mengejutkan mendatangkan Sergio Reguilon dari Tottenham Hotspur dengan opsi peminjaman selama semusim. Awalnya, MU diisukan akan merekrut Marc Cucurella dari Chelsea. Akan tetapi, pilihan manajemen The Red Devils akhirnya jatuh kepada Reguilon. Ia hadir untuk mengisi posisi bek kiri yang kosong akibat Luke Shaw dan Tyler Malacia yang mengalami cedera.

2. Leonardo Bonucci memutus kontraknya di Juventus dan hijrah ke Union Berlin

6 Kejutan yang Terjadi pada Hari Terakhir Bursa Transfer 2023Leonardo Bonucci (fc-union-berlin.de)

Kapten Timnas Italia, Leonardo Bonucci, secara mengejutkan memutus kontraknya bersama Juventus pada detik-detik akhir bursa transfer musim panas 2023. Ia dikabarkan berselisih dengan pelatih Massimiliano Allegri terkait posisinya di tim utama Juventus. Bonucci yang sudah bermain untuk Juventus dalam 502 pertandingan memutuskan untuk pindah ke Bundesliga Jerman bersama FC Union Berlin.

Union Berlin sendiri merupakan tim kejutan di Bundesliga sejak promosi pada 2019. Klub asal ibu kota Jerman itu akan debut di Liga Champions Eropa pada 2023/2024. Selain Bonucci, Union Berlin juga mendatangkan beberapa pemain bintang, seperti Robin Gosens dan Kevin Volland.

3. Barcelona kehilangan Ansu Fati, tetapi sukses mendapatkan duo Joao

6 Kejutan yang Terjadi pada Hari Terakhir Bursa Transfer 2023Joao Cancelo (kanan) dan Joao Felix (kiri) (fcbarcelona.com)

Barcelona memutuskan untuk meminjamkan Ansu Fati kepada Brighton & Hove Albion selama semusim pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2023. Sebagai gantinya, El Barca sukses mendapatkan duo Joao, Joao Felix dan Joao Cancelo, sebagai pemain pinjaman dari Atletico Madrid dan Manchester City. Joao Felix yang secara terang-terangan mengutarakan hasratnya untuk bermain di Barcelona, akhirnya bisa mewujudkan mimpinya itu.

Sedangkan, peminjaman Joao Cancelo dari Manchester City akan menambah opsi untuk memperkuat lini pertahanan. Langkah tersebut membuat kedalaman skuad Barcelona makin berkualitas untuk memenuhi target mereka pada 2023/2024. Barca diprediksi menjadi salah satu kandidat kuat dalam meraih gelar juara LaLiga Spanyol dan Liga Champions.

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Akan Barcelona Dapatkan dari Joao Cancelo

4. PSG menggelontorkan 1,5 triliun rupiah demi mendatangkan Randal Kolo Muani

6 Kejutan yang Terjadi pada Hari Terakhir Bursa Transfer 2023Randal Kolo Muani (en.psg.fr)

Parsi Saint-Germain rela menghabiskan 93 juta euro atau 1,5 triliun rupiah untuk merekrut Randal Kolo Muani dari Eintracht Frankfurt. Kolo Muani memang santer diisukan akan kembali ke Ligue 1 Prancis bersama PSG. Akan tetapi, tidak ada yang menduga mereka rela menggelontorkan dana sebesar itu untuk merekrut pemain muda asal Prancis tersebut.

Secara statistik, Kolo Muani sukses mencetak 26 gol dan 17 assist dari 50 pertandingan untuk Frankfurt selama 2022/2023 sampai awal musim 2023/2024. Ia juga tampil cukup impresif selama Piala Dunia 2022. Transfer ini sangat menguntungkan bagi Frankfurt, yang mendatangkan Kolo Muani secara gratis dari FC Nantes pada musim panas 2022. Sedangkan, untuk PSG, Kolo Muani diharapkan dapat bekerja sama dengan baik dengan para pemain depan Les Parisiens, seperti Goncalo Ramos, Lee Kang In, dan Kylian Mbappe.

5. Mason Greenwood memiliki kesempatan untuk memperbaiki kariernya bersama Getafe

6 Kejutan yang Terjadi pada Hari Terakhir Bursa Transfer 2023Mason Greenwood (manutd.com)

Mason Greenwood mendapatkan angin segar untuk memulihkan reputasinya sebagai pemain sepak bola. Ia akhirnya bergabung dengan Getafe dengan status pemain pinjaman semusim. Greenwood yang sebelumnya tersandung kasus pelecehan seksual dan kekerasan terhadap pacarnya telah kehilangan tempat di tim utama Manchester United.

Dalam kesepakatan ini, MU dan Getafe akan membagi pembayaran gaji Greenwood. Pasalnya, pemain asal Inggris itu masih memiliki kontrak di MU sampai 2025. Dari total gaji Greenwood yang mencapai 75 ribu pound sterling per pekan atau 1,4 miliar rupiah, MU akan membayar sebesar 50 ribu pound sterling atau 959 juta rupiah. Sementara, Getafe membayar 25 ribu pound sterling atau 479 juta rupiah.

6. Tottenham Hotspur mengganti Harry Kane dengan Brennan Johnson

6 Kejutan yang Terjadi pada Hari Terakhir Bursa Transfer 2023Brennan Johnson (premierleague.com)

Tottenham Hotspur akhirnya menemukan pengganti untuk mengisi posisi penyerang yang ditinggalkan Harry Kane. The Lilywhites mendapatkan kesepakatan dengan Nottingham Forest untuk mendatangkan Brennan Johnson dengan harga 55 juta euro atau 1 miliar rupiah. Dalam kesepakatan ini, Johnson memiliki kontrak dengan Tottenham selama 6 tahun.

Pembelian ini juga menjadikan pemain asal Wales itu sebagai pemain termahal pada bursa transfer musim panas 2023. Akan tetapi, langkah Tottenham dalam membeli Johnson dengan harga yang cukup mahal mendapatkan keraguan dari kalangan penggemar. Pasalnya, secara statistik, Johnson hanya mencetak 29 gol dan 12 assist dalam 109 pertandingan untuk Nottingham Forest dari 2019 sampai 2023. Tentu, Johnson akan memikul beban sebagai pengganti penyerang terbaik Tottenham, Harry Kane.

Itulah beberapa kejutan yang terjadi pada detik-detik akhir bursa transfer musim panas 2023. Akan sangat menarik melihat performa para pemain tersebut selama membela klub barunya pada 2023/2024. Klub-klub yang mendatangkan pemain baru pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2023 pun harus membuktikan mereka membuat keputusan yang tepat dalam mendatangkan incarannya.

Baca Juga: Sofyan Amrabat Gak Bisa Bela Manchester United Lawan Arsenal

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya