4 Klub Prancis yang Mampu Kalahkan Arsenal, Lens Paling Sering!

Semuanya terjadi di kompetisi Eropa

Arsenal menerima kekalahan pertama di Liga Champions Eropa 2023/2024. The Gunners takluk dari runner-up Ligue 1 Prancis 2022/2023, RC Lens, dengan skor 1-2 pada babak grup di Stade Bollaert-Delelis, Selasa (3/10/2023). Hasil ini membuat Lens menggeser posisi Arsenal di puncak klasemen sementara Grup B dengan raihan empat poin.

Kekalahan Arsenal atas klub asal Prancis bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, Arsenal beberapa kali takluk dari klub-klub papan tengah Ligue 1. Setidaknya, ada empat klub Prancis yang pernah mengalahkan Arsenal di kompetisi Eropa. 

1. AJ Auxerre mampu meraih tiga poin di Highbury

4 Klub Prancis yang Mampu Kalahkan Arsenal, Lens Paling Sering!AJ Auxerre (uefa.com)

AJ Auxerre menjadi salah satu klub yang pernah menaklukkan Arsenal saat bertandang ke Highbury. Auxerre berhasil menaklukkan Arsenal dengan skor 2-1 pada babak grup Liga Champions 2002/2003. Pertandingan tersebut berjalan cukup sengit bagi kedua tim. Keduanya saling menyerang.

Auxerre unggul terlebih dahulu pada babak pertama melalui dua gol Olivier Kapo dan Khalilou Fadiga. Arsenal baru bisa membalas lewat gol dari Nwankwo Kanu pada babak kedua pada menit ke-53. Meski mampu meraih kemenangan atas Arsenal, Auxerre tetap tidak mampu lolos ke babak 16 besar. Pasalnya, mereka hanya meraih 7 poin dari 6 pertandingan dan finis di peringkat ketiga Grup A di bawah Arsenal dan Borussia Dortmund.

2. AS Monaco berhasil menyingkirkan Arsenal pada babak 16 besar

4 Klub Prancis yang Mampu Kalahkan Arsenal, Lens Paling Sering!Arsenal kalah dari AS Monaco 1-3 di Liga Champions 2014/2015. (uefa.com)

AS Monaco secara mengejutkan berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor telak 3-1 pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Emirates Stadium pada 2014/2015. Tiga gol AS Monaco dicetak Geofrey Kondogbia, Dimitar Berbatov, dan Yannick Carrasco. Sementara itu, Arsenal hanya bisa memperkecil ketertinggalan melalui gol Alex Oxlade-Chamberlain pada masa injury time babak kedua.

Arsenal sempat meraih kemenangan 2-0 pada pertandingan leg kedua yang berlangsung di Stade Louis-II pada Maret 2015. Dua gol Arsenal dicetak Olivier Giroud dan Aaron Ramsey. Akan tetapi, AS Monaco tetap lolos ke perempat final berkat unggul selisih gol tandang.

Baca Juga: Arsenal Kena Delay Pesawat 5 Jam Jelang Duel Liga Champions

3. Stade Rennais sempat bikin Arsenal ketar-ketir

4 Klub Prancis yang Mampu Kalahkan Arsenal, Lens Paling Sering!Stade Rennais menang atas Arsenal 3-1 di Liga Europa 2018/2019. (uefa.com)

Stade Rennais sukses membungkam Arsenal lewat kemenangan telak 3-1 pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2018/2019. Tiga gol Rennais dicetak Benjamin Bourigeaud, bunuh diri Nacho Monreal, dan Ismaila Sarr. Padahal, Arsenal sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Alex Iwobi pada babak pertama menit ke-4

Sayangnya, Rennais tetap gagal melaju ke perempat final. Sebab, Rennais kalah telah 0-3 atas Arsenal pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Emirates Stadium pada Maret 2019. Arsenal unggul agregat 4-3 atas Rennais dan berhak lolos ke perempat final.

4. RC Lens dua kali mengalahkan Arsenal di Liga Champions

4 Klub Prancis yang Mampu Kalahkan Arsenal, Lens Paling Sering!RC Lens menaklukkan Arsenal 2-1 di Liga Champions 2023/2024. (instagram.com/rclens)

RC Lens tidak hanya menang sekali melawan Arsenal, tetapi dua kali. Sebelumnya, Lens mengalahkan Arsenal dalam pertandingan fase grup Liga Champions 1998/1999. Gol kemenangan Lens dicetak Mickael Debeve pada babak kedua pada menit ke-72.

Uniknya, Lens kembali menaklukkan Arsenal dalam pertandingan fase grup Liga Champions 2023/2024. Kali ini, Adrien Thomasson dan Elye Wahi sukses mencetak dua gol kemenangan Lens. Sementara itu, Arsenal hanya bisa mencetak satu gol melalui Gabriel Jesus.

Empat klub asal Prancis itu menunjukkan, mereka tidak takut dengan Arsenal yang memiliki banyak pemain bintang. Bahkan, klub seperti AJ Auxerre dan AS Monaco mampu menang atas Arsenal dalam pertandingan tandang. Menarik untuk melihat performa Lens saat bertandang ke Emirates Stadium ketika pertandingan kelima fase grup Liga Champions pada November 2023 nanti.

Baca Juga: Faktor Arsenal Keok dari Lens: The Gunners Kurang Gereget

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya