4 Klub yang Nirbobol Kontra Tim Asuhan Guardiola dalam 2 Laga Semusim

Tidak ada klub dari LaLiga Spanyol

Pep Guardiola dikenal sebagai manajer yang menggemari sepak bola menyerang dengan permainan kolektif nan indah. Ia sukses menerapkan filosofi permainannya saat menangani tiga klub papan atas Eropa, yaitu Barcelona, Bayern Muenchen, dan Manchester City.

Ketiga klub tersebut jarang mengalami kesulitan dalam menciptakan gol lewat gaya permainan Pep Guardiola. Tidak heran klub asuhan Pep Guardiola sering menang dengan skor besar.

Namun, sebagian klub mampu menahan gempuran serangan tim asuhan Pep Guardiola dan mencatat nibobol di liga. Tidak hanya sekali, klub-klub tersebut berhasil membuat tim asuhan Pep Guardiola gagal mencetak gol dua kali dalam semusim. Berikut empat klub yang mampu mengukir rekor unik tersebut.

1. Borussia Moenchengladbach menang 2-0 dan seri 0-0 kontra Bayern Muenchen pada 2014/2015

4 Klub yang Nirbobol Kontra Tim Asuhan Guardiola dalam 2 Laga SemusimYann Sommer (bundesliga.com)

Borussia Moenchengladbach menjadi klub pertama yang mencatat clean sheet ketika berhadapan dengan tim asuhan Pep Guardiola. Hal tersebut terjadi ketika Guardiola menangani Bayern Muenchen. Gladbach sukses menang 2-0 di laga tandang dan seri 0-0 di laga kandang Bundesliga Jerman pada 2014/2015.

Dilansir ESPN, Bayern Muenchen melepaskan 20 tembakan dan 5 di antaranya mengarah ke gawang saat bermain imbang 0-0 melawan Gladbach. Kelima tembakan itu mampu diantisipasi Yann Sommer selama 90 menit. Sommer kembali menunjukkan kualitasnya saat Gladbach menang 2-0. Sebab, ia berhasil menahan delapan tembakan Bayern Muenchen yang mengarah ke gawang.

2. Manchester United seri 0-0 dan menang 2-0 versus Manchester City pada 2020/2021

4 Klub yang Nirbobol Kontra Tim Asuhan Guardiola dalam 2 Laga SemusimManchester United mencatat nirbobol ketika menghadapi Manchester City pada 2020/2021. (premierleague.com)

Manchester United pernah menorehkan clean sheet saat menghadapi Manchester City yang diasuh Pep Guardiola. MU menahan imbang Manchester City 0-0 di laga kandang dan 2-0 di laga tandang English Premier League pada 2020/2021. Hebatnya lagi, Manchester United memiliki total tembakan lebih banyak ketimbang Manchester City saat seri 0-0 di Old Trafford. The Red Devils melepaskan sebelas  tembakan sedangkan Manchester City hanya sembilan. Kedua klub sama-sama mencatat dua tembakan ke arah gawang.

Sementara itu, Manchester City sebenarnya menguasai pertandingan ketika kalah 0-2 dari MU di Etihad Stadium. The Citizen mencatat 65 persen penguasaan bola dan melepaskan 23 tembakan. Akan tetapi, hanya enam tembakan yang mengarah ke gawang dan itu bisa diantisipasi oleh kiper MU, David De Gea.

Baca Juga: 3 Kemenangan Terakhir Arsenal di Kandang Manchester City

3. Crystal Palace unggul 2-0 dan seri 0-0 melawan Manchester City pada 2021/2022

4 Klub yang Nirbobol Kontra Tim Asuhan Guardiola dalam 2 Laga SemusimKiper Crystal Palace mengantisipasi sepakan Phil Foden. (premierleague.com)

Crystal Palace pernah menjadi mimpi buruk bagi Manchester City asuhan Pep Guardiola pada English Premier League 2021/2022. Klub berjuluk The Eagles itu mampu mencui poin dengan menang 2-0 atas Manchester City di laga tandang dan menahan seri 0-0 di laga kandang. Padahal, Manchester City tampil dominan dalam dua laga tersebut.

Dilansir laman resmi Premier League, The Citizens memiliki 67 persen penguasaan bola dan melepas 14 tembakan dengan 3 di antaranya mengarah ke gawang dalam laga EPL di Etihad Stadium. Sayangnya, serangan tersebut tidak kalah efektif dari Crystal Palace yang mampu mencetak 2 gol setelah menembak 8 kali dan 3 di antaranya tepat sasaran. Manchester City tetap tidak bisa membobol gawang Crystal Palace setelah menguasai bola 73 persen dan menembak 19 kali saat bermain di Selhurst Park.

4. Arsenal sukses mengalahkan Manchester City 1-0 dan imbang 0-0 pada EPL 2023/2024

4 Klub yang Nirbobol Kontra Tim Asuhan Guardiola dalam 2 Laga SemusimPara pemain Manchester City gagal mencetak gol ke gawang Arsenal. (premierleague.com)

Arsenal menjadi klub terbaru yang mampu menorehkan nirbobol saat menghadapi tim asuhan Pep Guardiola dalam dua pertandingan liga pada musim yang sama. The Gunners berhasil menang 1-0 di Emirates Stadium dan imbang 0-0 di Etihad Stadium pada 2023/2024. Hasil ini membuat manajer Arsenal, Mikel Arteta, untuk pertama kalinya tidak kalah ketika menghadapi mantan bosnya, Pep Guardiola, di English Premier League.

Manchester City hanya bisa menembak empat kali dan sekali mengarah ke gawang saat bertandang ke Emirates Stadium pada pekan 8 EPL 2023/2024. Sementara itu, The Citizens tidak mampu berbuat banyak untuk membobol gawang Arsenal saat berduel di Etihad Stadium pada pekan 30 EPL 31 Maret 2024. Mereka hanya mencatat sekali temabakan ke arah gawang dari 12 percobaan. Manajer Arsenal, Mikel Arteta, untuk pertama kalinya tidak kalah melawan mantan bosnya, Pep Guardiola, di EPL dalam semusim.

Keempat klub di atas berhasil menemukan cara untuk meredam gempuran serangan tim asuhan Pep Guardiola. Salah satunya dengan meningkatkan efektivitas dalam bertahan. Klub seperti Borussia Moenchengladbach dan Crystal Palace saja mampu dua kali mencatat nirbobol saat melawan tim asuhan Pep Guardiola di dua pertandingan liga. Artinya, siapa pun bisa menemukan cara untuk membuat tim asuhan Guardiola gagal mencetak gol.

Baca Juga: Guardiola Akui Liverpool dan Arsenal Favorit Juara Premier League

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya