3 Jebolan La Masia yang Bermain Apik di Bundesliga 2023/2024

Mereka menjadi andalan bagi timnya

Beberapa jebolan akademi Barcelona, La Masia, memiliki catatan apik di Bundesliga 2023/2024. Mereka membuktikan mampu membawa timnya meraih hasil-hasil positif hingga pekan ke-7. Tidak heran para pemain ini menjadi incaran klub-klub besar di bursa transfer Januari atau musim panas 2024 nanti.

Tercatat, ada tiga alumnus La Masia yang kini tengah bersinar di Bundesliga 2023/2024. Ketiganya saat ini tengah dalam performa terbaiknya. Terbukti, mereka mampu membawa timnya bersaing di papan atas demi merusak dominasi Bayern Muenchen.

1. Xavi Simons wonderkid yang tengah bersinar bersama RB Leipzig

https://www.youtube.com/embed/Ntga7MyeTqI

Xavi Simons merupakan salah satu wonderkid yang pernah menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia. Ia bergabung dengan La Masia dari tim muda Thader pada Juli 2010. Akan tetapi, Xavi belum sempat bermain di skuad utama Barcelona sehingga ia memutuskan hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2019.

Sayangnya, Xavi kesulitan menembus skuad utama PSG yang masih memiliki banyak pemain bintang, seperti Neymar, Lionel Messi, dan Kylian Mbappe. Ia memutuskan pindah ke PSV Eindoven pada Juli 2022. Xavi berhasil tampil apik bersama PSV dengan catatan 48 penampilan dan menorehkan 22 gol serta 12 assist selama 2022/2023. Alhasil, PSG mengaktifkan klausul pembelian kembali Xavi pada musim panas 2023.

PSG kemudian meminjamkan Xavi kepada RB Leipzig pada 2023/2024. Pemain asal Belanda itu membuktikan dirinya mampu tampil apik di Bundesliga. Xavi sejauh ini sudah tampil dalam 11 pertandingan dengan catatan 3 gol dan 4 assist di seluruh kompetisi. Ia turut berkontribusi ketika RB Leipzig menang 3-0 atas Bayern Muenchen di DFL Super Cup 2023.

2. Alejandro Grimaldo makin matang bersama Bayer Leverkusen

3 Jebolan La Masia yang Bermain Apik di Bundesliga 2023/2024Alejandro Grimaldo (bundesliga.com)

Alejandro Grimaldo bergabung dengan Barcelona U-16 dari tim muda Valencia pada Juli 2008. Bek kiri asal Spanyol itu menapaki kariernya ke tim U-19 dan Barcelona B dalam waktu 4 tahun. Sayangnya, Grimaldo tidak kunjung mendapatkan kesempatan tampil di skuad utama Barca. Ia lalu hengkang ke Benfica pada Januari 2016.

Grimaldo sukses menjadi bek kiri andalan Benfica selama 7 tahun. Ia tampil dalam 303 laga dan mencetak 27 gol serta 66 assist di seluruh kompetisi. Grimaldo turut berkontribusi dalam kesuksesan Benfica meraih gelar juara di kompetisi domestik Portugal seperti 4 kali juara Portugese Primeira Liga, 1 kali Piala Portugal, 1 kali Piala Liga Portugal, dan 3 kali Piala Super Portugal.

Grimaldo sebenarnya menjadi incaran banyak klub top Eropa, seperti Barcelona, Arsenal, dan Manchester United. Akan tetapi, ia secara mengejutkan memilih pindah ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2023. Grimaldo sejauh ini mampu tampil dalam 10 pertandingan dan mencetak 2 gol dan 5 assist di seluruh kompetisi pada 2023/2024.

3. Dani Olmo sukses membungkam Bayern Muenchen dengan trigol

https://www.youtube.com/embed/sUIaCZ5w_tc

Dani Olmo menimba ilmu di La Masia sejak Juli 2007. Ia menapaki kariernya di tim muda Barcelona sampai level U-18. Olmo lalu memilih bergabung dengan Dinamo Zagreb pada Juli 2014.

Olmo menunjukkan permainan impresif selama berseragam Dinamo Zagreb. Ia total bermain dalam 124 laga dan mencetak 34 gol dan 28 assist di seluruh kompetisi pada periode 2014--2020. Olmo sempat diincar oleh klub-klub top Eropa macam Barcelona dan AC Milan. Akan tetapi, RB Leipzig menjadi klub yang berhasil mendapatkan tanda tangannya pada Januari 2020.

Olmo tampil luar biasa selama membela RB Leipzig. Ia sudah bermain dalam 127 penampilan dengan catatan 26 gol dan 30 assist di seluruh kompetisi. Salah satu penampilan ciamik Olmo terjadi ketika mencetak hattrick ke gawang Bayern Muenchen dalam pertandingan DFL Super Cup 2023 pada 12 Agustus 2023. Berkat aksinya itu, RB Leipzig berhasil meraih gelar juara DFL Super cup 2023.

Ketiga pemain di atas membuktikan bahwa mereka mampu bersinar bersama klub-klub papan atas Bundesliga. Bahkan, Grimaldo dan Olmo kabarnya kini tengah menjadi incaran klub lamanya, Barcelona, pada bursa transfer Januari atau musim panas 2024 mendatang. Sementara itu, Xavi Simons diprediksi akan menjadi penerus Kylian Mbappe, seandainya pemain asal Prancis itu bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2024.

Baca Juga: Profil Dani Olmo, Gelandang Masa Depan Spanyol Andalan RB Leipzig

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya