Profil Dani Olmo, Gelandang Masa Depan Spanyol Andalan RB Leipzig

Pemain berkualitas dengan segudang pengalaman

Dani Olmo menjadi salah satu gelandang bertalenta saat ini. Ia mampu menunjukkan performa impresif saat bersama RB Leipzig. Kualitasnya di usia muda membuatnya menjadi andalan Die Roten Bullen.

Kemampuan yang dimiliki Olmo juga berhasil ditunjukkan di Timnas Spanyol. Ia menjadi bagian penting skuad saat ini sekaligus harapan bagi masa depan La Furia Roja. Siapakah sosok Dani Olmo? Simak perjalanan karier sepak bola dari sang gelandang berikut ini.

1. Karier sepak bolanya dimulai dari Espanyol dan Barcelona

Profil Dani Olmo, Gelandang Masa Depan Spanyol Andalan RB Leipzigpotret Dani Olmo (kiri) saat bermain untuk akademi La Masia Barcelona. (instagram.com/daniolmo7)

Dani Olmo merupakan pemain yang lahir pada 7 Mei 1998 di Terrassa, Spanyol. Ia sudah menyukai sepak bola sejak kecil. Kegemarannya terhadap dunia kulit bundar membawanya bergabung dengan akademi.

Pada 2006, saat usianya masih 8 tahun, Olmo bergabung dengan akademi Espanyol. Namun, ia hanya menghabiskan waktu singkat di sana. Hanya berselang setahun, ia pindah ke akademi La Masia Barcelona.

Kariernya mampu berkembang secara signifikan di La Masia. Meski akademi Barcelona dikenal banyak pemain berbakat, Olmo mampu menonjol. Ia kerap bermain di posisi gelandang serang, tetapi juga bisa mengisi posisi di lini depan seperti striker dan winger.

2. Kualitasnya sebagai pemain muda mampu mencuri perhatian di akademi La Masia

Profil Dani Olmo, Gelandang Masa Depan Spanyol Andalan RB Leipzigpotret Dani Olmo (tengah) saat bermain untuk akademi La Masia Barcelona. (fcbarcelona.com)

Dani Olmo bergabung dengan akademi La Masia Barcelona saat berusia 9 tahun. Pada jenjang tersebut, ia mampu bermain lebih baik daripada sebayanya. Ia tercatat menjadi pencetak gol terbanyak selama empat musim. 

Periodenya di La Masia cukup lama, yakni pada 2007–2014. Selama tujuh musim tersebut, ia tampil menonjol sebagai pemain ofensif. Namun, ia memutuskan pindah saat usianya menginjak 16 tahun.

Salah satu alasan kepindahannya adalah kedatangan pemain baru di lini serang. Reputasi para pemain tersebut lebih baik daripada Olmo yang saat itu hanya pemuda lokal. Hadirnya pemain yang lebih bagus membuatnya memilih jalan karier lain.

Baca Juga: 4 Pemain RB Leipzig yang Datang dari Ligue 1 pada Musim Panas 2023

3. Memutuskan pergi dari Spanyol dan bergabung dengan Dinamo Zagreb di Kroasia

Profil Dani Olmo, Gelandang Masa Depan Spanyol Andalan RB Leipzigpotret Dani Olmo saat memperkuat Dinamo Zagreb (instagram.com/daniolmo7)

Pada musim panas 2014, Dani Olmo memutuskan pergi dari La Masia. Ia hengkang ke Kroasia dan bergabung bersama akademi Dinamo Zagreb. Saat itu usianya masih 16 tahun ketika pindah dari Spanyol.

Olmo mampu beradaptasi dengan cepat di akademi. Hanya dalam waktu 6 bulan, ia sudah bermain sebanyak 37 kali bersama Dinamo Zagreb II. Hal tersebut membuatnya mendapatkan kesempatan dilibatkan bersama tim utama.

Tak butuh waktu lama, Olmo mampu mencuri perhatian setelah promosi ke tim utama pada Januari 2015. Ia berhasil melakoni laga debutnya pada 25 Februari 2015 saat Dinamo Zagreb melawan Lokomotiva Zagreb. Saat itu, usianya masih 16 tahun sehingga penampilan perdananya menjadi sorotan.

4. Penampilannya menjadi sorotan saat berseragam Dinamo Zagreb meski masih berusia muda

Profil Dani Olmo, Gelandang Masa Depan Spanyol Andalan RB Leipzigpotret Dani Olmo saat memperkuat Dinamo Zagreb (instagram.com/daniolmo7)

Setelah menjalani debut pada Februari 2015, Dani Olmo tetap berada di tim utama untuk belajar lebih banyak. Ia lalu berkembang menjadi andalan baru meski masih berusia muda. Kualitasnya mampu meningkat dengan baik secara signifikan.

Musim 2015/2016, ia didaftarkan dalam skuad inti Dinamo Zagreb. Pada awal musim, ia menjadi salah satu pemain menjanjikan. Hal tersebut dibuktikan dengan kiprah impresifnya. Ia mampu mencetak gol perdananya pada September 2022. Saat itu, Dinamo Zagreb melawan Ostrc Zlatar pada putaran pertama Piala Liga Kroasia.

Seiring perkembangan waktu, Olmo menunjukkan konsistensi di lini tengah Dinamo Zagreb. Pada musim panas 2016, manajemen memberikan kontrak profesional perdana kepadanya. Ia diikat kontrak dengan durasi selama 4 tahun. Ia total telah bermain sebanyak 124 kali dengan torehan 34 gol dan 28 assist.

5. Kesetiaannya terhadap Timnas Spanyol menjadikannya sebagai harapan masa depan

Profil Dani Olmo, Gelandang Masa Depan Spanyol Andalan RB Leipzigpotret Dani Olmo merayakan juara UEFA Nations League 2023 bersama Timnas Spanyol. (twitter.com/daniolmo7)

Kiprah impresif Dani Olmo bersama Dinamo Zagreb membawanya ke jenjang yang lebih baik. Ia pernah ditawari untuk bermain bersama Timnas Kroasia sebab sudah memenuhi syarat tinggal. Namun, ia lebih memilih setia untuk membela Spanyol yang merupakan tanah kelahirannya.

Kesetiaan Olmo itu berujung dengan pemanggilan ke skuad muda Spanyol. Ia membela La Rojita mulai jenjang U-16 hingga U-21. Pada Juni 2019 lalu, ia turut mengantarkan Spanyol meraih trofi Euro U-21. Ia pun dipanggil ke level senior pada tahun yang sama. Debutnya terjadi pada 15 November 2019 saat menghadapi Malta pada ajang kualifikasi Euro 2020.

Sejauh ini, Olmo konsisten dipanggil ke Timnas Spanyol. Sejak laga debutnya, ia sudah mengoleksi 31 caps dengan catatan 6 gol. Ia turut terlibat dalam skuad La Furia Roja saat menjuarai UEFA Nations League 2023. Ia digadang-gadang menjadi harapan masa depan Tim Matador.

6. Semakin bersinar ketika memperkuat RB Leipzig

Profil Dani Olmo, Gelandang Masa Depan Spanyol Andalan RB Leipzigpotret Dani Olmo (dua dari kanan) berselebrasi usai mencetak gol di final DFL-Supercup 2023. (twitter.com/daniolmo7)

Pada Januari 2020, Dani Olmo memutuskan hengkang dari Dinamo Zagreb. Ia pergi ke Jerman menerima tawaran untuk bermain bersama RB Leipzig. Kepindahannya tersebut sekaligus mengakhiri masa 5 tahun kariernya di klub Kroasia tersebut. 

Olmo bergabung bersama RB Leipzig dengan kontrak berdurasi 4 tahun. Tak butuh waktu lama baginya untuk beradaptasi. Ia berhasil menjadi andalan di lini tengah Die Roten Bullen. Kiprah impresifnya terus berlanjut dan makin bersinar sebagai salah satu pemain muda bertalenta.

Salah satu penampilan gemilangnya baru-baru ini terjadi pada DFL-Supercup 2023. Ia sukses mencetak hattrick dalam kemenangan RB Leipzig kontra Bayern Muenchen dengan skor akhir 3-0. Ia mampu mengantarkan Die Roten Bulen meraih trofi juara tersebut. Sejauh ini, Olmo telah terlibat dalam 126 pertandingan dengan torehan 26 gol dan 29 assist

Kegemilangan Dani Olmo bersama RB Leipzig menjadi sorotan tersendiri. Sebagai pemain yang masih berusia 25 tahun, ia sudah memiliki segudang pengalaman bermain di level top. Adanya sang gelandang menjadi harapan tersendiri bagi Timnas Spanyol untuk bisa kembali berjaya di level internasional.

Baca Juga: Sempat Diincar Barcelona, Olmo Jelaskan Alasannya Gabung RB Leipzig

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya