3 Pemain Gagal Taklukkan Andre Onana Lewat Tendangan Penalti di UCL

Bukti bahwa ia merupakan kiper top

Andre Onana melakukan penyelamatan heroik ketika Manchester United melawan Copenhagen dalam laga Liga Champions Eropa 2023/2024. Ia berhasil menggagalkan tendangan penalti pemain Copenhagen, Jordan Larsson, pada injury time babak kedua. Berkat aksinya tersebut, Manchester United berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 atas Copenhagen serta meraih kemenangan pertama di Liga Champions Eropa 2023/2024.

Meski begitu, kiper asal Kamerun itu tetap bersikap rendah hati saat melakukan wawancara pasca pertandingan. Dilansir TNT Sport, Onana mengatakan bahwa ia hanya melakukan pekerjaannya sebagai penjaga gawang dan sangat senang dengan kemenangan yang MU raih. Padahal, ia sering kali dikritik setelah banyak melakukan kesalahan yang menyebabkan MU kebobolan.

Onana pada dasarnya termasuk salah satu kiper yang memiliki refleks bagus dalam mengantisipasi tendangan penalti. Tercatat, ada tiga pemain yang gagal mengeksekusi penalti ke gawang yang dikawal oleh Andre Onana di Liga Champions Eropa. Ketiga momen ini terjadi saat pertandingan babak grup Liga Champions Eropa.

1. Dani Parejo tendangannya melayang jauh di atas gawang

3 Pemain Gagal Taklukkan Andre Onana Lewat Tendangan Penalti di UCLDani Parejo (instagram.com/dani_parejo10)

Dani Parejo menjadi pemain pertama yang gagal menaklukkan Andre Onana lewat tendangan penalti saat pertandingan fase grup Liga Champions Eropa antara Valencia melawan Ajax Amsterdam pada 2019/2020. Valencia mendapatkan tendangan penalti setelah winger mereka, Goncalo Guedes, dilanggar oleh pemain Ajax, Edson Alvarez, pada babak pertama. Parejo akhirnya dipercaya sebagai penendang penalti.

Akan tetapi, kapten Valencia itu gagal memasukkan bola ke gawang Andre Onana. Pasalnya, tendangannya melayang jauh ke atas gawang. Kegagalan penalti tersebut membuat Valencia tidak bisa mengejar ketertinggalan skor dari Ajax Amsterdam. Pertandingan berakhir dengan kemenangan Ajax 3-0 atas Valencia.

2. Mauro Icardi gagal eksekusi penalti, tetapi Galatasaray meraih tiga poin

3 Pemain Gagal Taklukkan Andre Onana Lewat Tendangan Penalti di UCLMauro Icardi (instagram.com/mauroicardi)

Galatasaray punya kesempatan emas untuk mengungguli Manchester United dalam pertandingan fase grup Liga Champions Eropa 2018/2019 pada babak kedua menit ke-76. Hal tersebut terjadi setelah winger Galatasaray, Dries Mertens, yang tengah menggiring bola di dalam kontak penalti ditekel dari belakang oleh Casemiro. Akibatnya, wasit memberikan kartu merah kepada pemain asal Brasil itu dan menunjuk titik penalti.

Sayangnya, mauro Icardi yang menjadi eksekutor penalti Galatasaray gagal menyelesaikan peluang tersebut dengan baik. Tendangannya melebar ke sisi kanan gawang Andre Onana. Meski begitu, Galatasaray tetap meraih kemenangan 3-2 atas MU di Old Trafford.

3. Jordan Larsson sepakan penaltinya berhasil ditepis oleh Onana

3 Pemain Gagal Taklukkan Andre Onana Lewat Tendangan Penalti di UCLJordan Larsson (fck.dk)

Terbaru, Jordan Larsson gagal memasukkan bola ke gawang yang dikawal oleh Andre Onana dalam laga fase grup Liga Champions Eropa antara Manchester United melawan Copenhagen pada 24 Oktober 2023. Scott McTominay melakukan pelanggaran di kotak penalti yang menyebabkan wasit menunjuk titik putih. Larsson yang menjadi eksekutor penalti gagal memasukkan bola setelah Onana secara heroik menepis tendangannya.

Akibatnya, Copenhagen gagal menyamakan kedudukan dan harus menerima kekalahan 1-0 atas Manchester United. Onana yang menahan penalti Larsson mendapatkan pujian dari manajer Manchester United, Erik ten Hag, saat wawancara selepas pertandingan. Dilansir Sky Sports, ten Hag senang dengan performa penjaga gawangnya itu yang menunjukkan peningkatan. Ia percaya bahwa Onana bisa bermain lebih baik di pertandingan sebelumnya.

Andre Onana dan rekan-rekannya akan menghadapi tantangan berat menghadapi Manchester City dalam laga pekan ke-10 EPL 2023/2024. Momentum kemenangan tiga pertandingan beruntun di seluruh kompetisi akan menjadi modal utama MU dalam mengatasi perlawanan Manchester City. Mampukah Onana menjaga gawang MU tidak kebobolan dalam derbi Manchester itu? Menarik untuk melihat bagaimana aksi Onana saat laga big match tersebut.

Baca Juga: Akhirnya, Harry Maguire dan Andre Onana Jadi Bintang di MU

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya