3 Pemain Inggris yang Menjadi Pencetak Gol Termuda di UCL

Salah satunya tengah dalam performa terbaik

Para talenta muda asal Inggris beberapa kali membuat gebrakan di Liga Champions Eropa. Mereka menunjukkan performa gemilang lewat kontribusinya kepada performa tim seperti torehan gol dan assist.

Beberapa pemain muda Inggris berhasil mengukir sejarah di Liga Champions Eropa lewat catatan golnya. Contohnya adalah tiga pemain Inggris ini yang tercatat sebagai pencetak gol termuda di Liga Champions Eropa.

1. Alex Oxlade-Chamberlain mencetak gol di usia 18 tahun 2 bulan

3 Pemain Inggris yang Menjadi Pencetak Gol Termuda di UCLAlex Oxlade-Chamberlain (arsenal.com)

Alex Oxlade-Chamberlain berhasil mengukir sejarah di Liga Champions Eropa sebagai pencetak gol termuda UCL yang berasal dari Inggris pada September 2011. Hal tersebut terjadi setelah ia merobek gawang Olympiacos dalam laga babak grup UCL di Stadion Emirates. Oxlade-Chamberlain bermain sebagai penyerang sayap kanan dari awal pertandingan.

Ia membuka keunggulan Arsenal ketika berhasil memaksimalkan assist dari Alex Song untuk mencetak gol dengan kaki kirinya pada babak pertama menit ke-8. Oxlade-Chamberlain saat itu masih berusia 18 tahun 2 bulan. Arsenal kemudian menggandakan keunggulan lewat Andre Santos. Slavia Praha sempat memperkecil ketertinggalan melalui David Fuster. Akan tetapi, Arsenal mampu mempertahankan keunggulan 2-1 sampai laga usai.

2. Rico Lewis menorehkan gol perdananya di UCL saat umur 17 tahun 11 bulan

3 Pemain Inggris yang Menjadi Pencetak Gol Termuda di UCLRico Lewis (mancity.com)

Rico Lewis menjadi salah satu pemain dari akademi Manchester City yang diorbitkan oleh Pep Guardiola pada 2022/2023. Ia merupakan pemain dengan kemampuan fleksibiltas bermain di berbagai posisi. Lewis sukses mencatatkan namanya di papan skor dalam kemenangan Manchester City 3-1 atas Sevilla di pertandingan babak grup Liga Champions Eropa pada November 2022.

Manchester City tertinggal terlebih dahulu setelah pemain Sevilla, Rafa Mir, mencetak gol pembuka pada babak pertama menit ke-31. Rico Lewis kemudian menyamakan kedudukan menjadi 1-1 usai memanfaatkan umpan matang dari Julian Alvarez pada babak kedua menit ke-52. Usia Lewis ketika mencetak gol tersebut masih 17 tahun 11 bulan. Julian Alvarez dan Riyad Mahrez lalu mencetak gol kemenangan The Citizens 3-1 melawan Sevilla.

3. Jude Bellingham menjadi pemain Inggris termuda yang mencetak gol di UCL

3 Pemain Inggris yang Menjadi Pencetak Gol Termuda di UCLJude Bellingham (depan) (twitter.com/ChampionsLeague)

Jude Bellingham sudah menunjukkan kehebatannya sebagai seorang gelandang serang sejak membela Borussia Dortmund. Pemain yang kini bermain untuk Real Madrid itu bahkan sukses mengukir sejarah di UCL. Ia menjadi pemain Inggris termuda yang menorehkan gol di Liga Champions Eropa ketika merobek gawang Manchester City pada April 2021.

Bellingham membuka keunggulan Dortmund lewat golnya pada babak pertama menit ke-15. Ia saat itu tercatat berumur 17 bulan 9 bulan. Sayangnya, torehan gol dari Bellingham tidak cukup untuk membawa Dortmund meraih kemenangan. Sebab, Manchester City mampu berbalik unggul lewat gol dari Riyad Mahrez dan Phil Foden. Dortmund akhirnya menelan kekalahan 1-2 atas Manchester City.

Ketiga pemain di atas memiliki perjalanan luar biasa bersama klub-klub yang mereka bela. Oxlade-Chamberlain berhasil menjuarai Liga Champions Eropa ketika bemain untuk Liverpool pada 2018/2019. Begitu juga Lewis yang menjadi bagian tim Manchester City saat meraih gelar juara UCL pada 2022/2023. Sementara itu, Bellingham memang belum mendapatkan titel juara Liga Champions Eropa bersama Dortmund. Namun, performa gemilangnya di Real Madrid membuka peluang menjuarai UCL pada 2023/2024.

Baca Juga: Golden Boy Award 2023 Menegaskan Kualitas Jude Bellingham

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya