3 Pemain Jerman dengan Total Penampilan Terbanyak di LaLiga

Mereka telah dianggap sebagai legenda

LaLiga Spanyol merupakan 1 dari 5 liga top Eropa yang dipenuhi talenta hebat dari berbagai belahan dunia. Salah satunya Jerman.

Menurut Transfermarkt, ada sekitar 40 pemain Jerman yang pernah berkarier di LaLiga. Beberapa di antara mereka meraih kesuksesan bersama klub-klub papan atas Spanyol. Sebut saja Mesut Oezil bersama Real Madrid sebagai contoh.

Selain itu, sebagian talenta asal Jerman mampu mengukir rekor penampilan bersama klub top LaLiga Spanyol. Seperti tiga pemain berikut yang meraih pencapaian luar biasa itu. Mereka juga berhasil mengukir prestasi bersama klub yang dibelanya.

1. Bernd Schuster tampil dalam 316 laga di LaLiga bersama 3 klub elite

3 Pemain Jerman dengan Total Penampilan Terbanyak di LaLigaBernd Schuster (fcbarcelona.com)

Bernd Schuster berhasil mencuri perhatian setelah tampil impresif bersama FC Koeln dengan mencetak 9 gol dalam 32 pertandingan Bundesliga Jerman 1979/1980. Barcelona menjadi klub yang berhasil mendatangkannya pada musim panas 1980. Schuster kemudian menjadi andalan lini tengah Barcelona selama 8 musim. Ia menjuarai Copa del Rey 1981 dan LaLiga 1984/1985. Schuster total menorehkan 63 gol dalam 170 pertandingan di LaLiga bersama Barcelona.

Namun, Schuster memutuskan membelot kepada Real Madrid pada musim panas 1988. Ia mendapat panggilan dari manajer Real Madrid kala itu, Leo Beenhakker, yang membutuhkan jasanya demi memenangkan Liga Champions Eropa. Sayangnya, Schuster gagal mewujudkan ambisi tersebut selama 2 tahun di Real Madrid. Meski begitu, ia turut berkontribusi dalam raihan gelar juara LaLiga selama 2 musim beruntun pada 1988--1990. Schuster total bermain dalam 61 laga dengan catatan 13 gol dan 12 assist di LaLiga bersama Real Madrid.

Ia lalu membuat langkah mengejutkan lainnya. Schuster hengkang ke rival sekota Real Madrid, Atletico Madrid, pada musim panass 1990. Ia berhasil menjuarai Copa del Rey dalam 2 tahun berturut-turut pada 1990--1992. Schuster total mencetak 11 gol dalam 85 penampilannya di LaLiga bersama Atletico Madrid. Ia kemudian kembali ke Jerman saat bergabung dengan Bayer Leverkusen pada musim panas 1993. Schuster total tampil dalam 316 pertandingan LaLiga Spanyol selama bermain untuk Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid.

Baca Juga: Toni Kroos: Dibuang Bayern, Bergelimang Gelar di Real Madrid

2. Toni Kroos bermain dalam total 306 laga di LaLiga bersama Real Madrid

3 Pemain Jerman dengan Total Penampilan Terbanyak di LaLigaToni Kroos (depan) (realmadrid.com)

Real Madrid memutuskan mendatangkan Toni Kroos dari Bayern Muenchen pada musim panas 2014. Ia diplot untuk menggantikan Xabi Alonso yang hengkang ke Bayern Muenchen. Fans Real Madrid menyambut baik kedatangan Kroos yang saat itu berstatus sebagai juara Piala Dunia bersama Timnas Jerman.

Kemampuannya dalam memberikan umpan-umpan akurat dengan visi permainan luar biasa berhasil membuat serangan Real Madrid makin ganas. Ia selalu tampil secara reguler di lini tengah Real Madrid bersama Casemiro dan Luka Modric. Kroos tampil dalam total 306 pertandingan LaLiga dengan torehan 22 gol dan 72 assist bersama Real Madrid. Ia juga menjuarai 4 LaLiga Spanyol dan 5 Liga Champions Eropa selama bermain untuk Real Madrid. Kroos lantas memutuskan pensiun sebagai pemain pada akhir 2023/2024.

3. Marc-Andre ter Stegen sejauh ini mengoleksi 283 penampilan di LaLiga bersama Barcelona

3 Pemain Jerman dengan Total Penampilan Terbanyak di LaLigaMarc-Andre ter Stegen (fcbarcelona.com)

Marc-Andre ter Stegen memulai kiprahnya di LaLiga Spanyol pada 2014/2015. Barcelona mendatangkannya dari Borussia Moenchengladbach pada musim panas 2014. Ia awalnya harus bersaing dengan Claudio Bravo untuk menjadi kiper utama El Barca.

Ter Stegen baru menjadi penjaga gawang nomor satu Barcelona di semua kompetisi usai Bravo hengkang ke Manchester City pada musim panas 2016. Ia mampu bermain apik secara konsisten selama menjadi kiper nomor satu Barcelona. Tidak heran, semua manajer Barcelona yang pernah menanganinya selalu memberikan kepercayaan kepadanya untuk menjadi penjaga gawang utama. Ter Stegen sejauh ini telah mengoleksi 283 penampilan dengan catatan 128 kali nirbobol bersama Barcelona. Ia masih berpeluang menambah jumlah penampilannya di LaLiga mengingat kontraknya baru berakhir pada Juni 2028.

Ketiga pemain Jerman di atas memiliki perjalanan karier yang luar biasa di LaLiga Spanyol bersama klub-klub papan atas. Schuster menjadi satu-satunya pemain Jerman yang pernah membela tiga klub elite Spanyol, yaitu Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid. Kroos menutup kariernya sebagai pemain dengan pencapaian luar biasa bersama Real Madrid dengan menjuarai LaLiga 2023/2024. Sementara itu, Ter Stegen masih melanjutkan kiprahnya di Barcelona sebagai penjaga gawang utama dan wakil kapten pertama.

Baca Juga: Modric: Dunia Sepak Bola Bersedih Toni Kroos Gantung Sepatu

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya