4 Pemain MU Terakhir yang Bikin Gol Kemenangan vs Liverpool di Anfield

Pencapaian yang sulit diulang

Manchester United sering kali gagal meraih kemenangan saat bertamu ke kandang Liverpool, Anfield, di semua kompetisi. The Red Devils terakhir kali menaklukan Liverpool di Anfield saat menang 1-0 pada 17 Januari 2016.

Setelah itu, MU selalu kandas tiap kali berkunjung ke kandang Liverpool di semua kompetisi. Kekalahan terburuk terjadi ketika Liverpool membantai MU 7-0 pada 2023/2024.

Bisakah itu tidak terulang? Fans Manchester United perlu berharap kepada pemain mereka untuk mencetak gol kemenangan, seperti pemain MU terakhir yang mencetak gol kemenangan versus Liverpool di Anfield ini.

1. Rafael da Silva menyumbang satu gol kemenangan Manchester United di Anfield

4 Pemain MU Terakhir yang Bikin Gol Kemenangan vs Liverpool di AnfieldRafael da Silva (manutd.com)

Rafael da Silva menyumbang satu gol saat Manchester United mengalahkan Liverpool 2-1 dalam laga English Premier League pekan ke-5 di Anfield pada 23 September 2012. Ia bermain sebagai bek kanan dari menit pertama. Akan tetapi, Liverpool unggul terlebih dahulu lewat gol Steven Gerrard pada babak kedua menit ke-46.

Rafael kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-51. Ia menerima umpan matang dari Shinji Kagawa dan memasukan bola dengan kaki kirinya. Rafael lalu ditarik keluar dan digantikan Danny Welbeck pada menit ke-89.

2. Robin van Persie bikin gol penentu kemenangan Manchester United

4 Pemain MU Terakhir yang Bikin Gol Kemenangan vs Liverpool di AnfieldRobin van Persie (premierleague.com)

Robin van Persie keluar sebagai penentu kemenangan Manchester United 2-1 atas Liverpool di pertandingan Premier League di Anfield pada pekan ke-5 2012/2013. Pemain asal Belanda itu membawa MU berbalik unggul setelah sempat tertinggal lewat gol Steven Gerrard pada awal babak kedua. Van Persie mencetak gol pada menit ke-81.

Ia mampu memaksimalkan tendangan penalti setelah Antonio Valencia dilanggar di kotak penalti. Van Persie kemudian berhasil membawa Manchester United menjuarai Premier League pada akhir 2012/2013. Ia menjadi top skor dengan total 26 gol dalam 38 pertandingan di Premier League.

Baca Juga: 3 Pemain Bintang Manchester United Berpotensi Pergi pada Januari 2024

3. Juan Mata mencetak dua gol fantastis di Anfield

4 Pemain MU Terakhir yang Bikin Gol Kemenangan vs Liverpool di AnfieldJuan Mata (kiri jersey putih) mencetak gol akrobatik di Anfield. (manutd.com)

Juan Mata sukses membungkam fans Liverpool lewat dua gol fantastis di Anfield pada 22 Maret 2015. Pemain asal Spanyol itu sukses membawa Manchester United meraih tiga poin di Premier League pekan ke-30 pada 2014/2015. Mata bermain sebagai gelandang serang sisi kanan sejak menit pertama.

Ia membuka keunggulan MU lewat sepakan kaki kanannya dengan memanfaatkan umpan matang dari Ander Herrera pada babak pertama menit ke-14. Ia menggandakan keunggulan lewat tendangan akrobatik setelah menerima umpan lambung dari Angel Di Maria pada babak kedua menit ke-59. Liverpool hanya mampu memperkecil ketertinggalan lewat satu gol dari Daniel Sturridge pada menit ke-69. Manchester United sukses mengalahkan Liverpool 2-1 di Anfield.

4. Wayne Rooney, pencetak gol kemenangan terakhir bagi MU di Anfield

4 Pemain MU Terakhir yang Bikin Gol Kemenangan vs Liverpool di AnfieldWayne Rooney (manutd.com)

Wayne Rooney menjadi pemain Manchester United terakhir yang mencetak gol kemenangan di Anfield. Ia merobek gawang Liverpool dengan memanfaatkan bola pantul dari sundulan Marouane Fellaini yang mengenai mistar gawang. Rooney yang berdiri di depan gawang langsung menendang bola masuk ke gawang yang dijaga kiper Liverpool, Simon Mignolet.

Ia menjadi satu-satunya pencetak gol dalam laga tersebut. MU sukses mengalahkan Liverpool dengan skor 1-0 di Anfield pada 17 Januari 2016. Itulah kemenangan terakhir Manchester United atas Liverpool di Anfield.

Duel antara Manchester United dan Liverpool merupakan salah satu laga besar yang paling panas di sepak bola Inggris. Sebab, kedua tim memiliki koleksi gelar juara liga domestik terbanyak. Manchester United punya 20 gelar juara sementara Liverpool mengoleksi 19 gelar juara.

Baca Juga: 5 Pertemuan Terakhir Liverpool dan Manchester United di Premier League

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya