5 Pemain Termuda yang Tampil sebagai Starter di Liga Champions Eropa

Semuanya berusia 16 tahun

Tidak banyak pemain sepak bola berusia remaja yang mendapat kepercayaan menjadi starter dalam pertandingan Liga Champions Eropa. Akan tetapi, sebagian pemain muda yang berusia kurang dari 17 tahun berikut mampu menembus tim utama dan tampil sejak menit awal pada pertandingan dengan kasta kompetisi tertinggi di Eropa tersebut.

Alhasil, UEFA melibatkan nama mereka ke dalam catatan rekor sebagai pemain termuda yang menjadi starter dalam sejarah Liga Champions Eropa. Bagaimana kiprah deretan pemain muda yang berhasil masuk starting line up timnya ketika berlaga di Liga Champions Eropa ini?

1. Anthony Vanden Borre jadi starter saat usia 16 tahun dan 326 hari

5 Pemain Termuda yang Tampil sebagai Starter di Liga Champions EropaAnthony Vanden Borre (kiri) (uefa.com)

Anthony Vanden Borre menjadi starter termuda ke-5 dalam sejarah Liga Champions Eropa. Ia melakoni laga pertamanya sebagai starter saat Anderlecht kalah melawan Valencia 0-2 pada 14 September 2004. Saat itu, Borre bertandem dengan Vincent Kompany di lini belakang. Borre total tampil dalam 4 pertandingan Liga Champions Eropa 2004/2005. Dari 4 pertandingan tersebut, 2 di antaranya ia lakoni sebagai starter. Borre membela Anderlecht pada periode pertamanya hingga musim panas 2007.

Baca Juga: 8 Pemain Jepang yang Tampil di Liga Champions pada 2023/2024

2. Ansu Fati masih berusia 16 tahun dan 321 hari saat bermain sebagai starter

5 Pemain Termuda yang Tampil sebagai Starter di Liga Champions EropaAnsu Fati (fcbarcelona.com)

Ansu Fati tampil sebagai starter saat Barcelona bersua Borussia Dortmund dalam laga babak Grup F Liga Champions Eropa 2019/2020. Ia baru berusia 16 tahun dan 321 hari saat tampil sebagai winger kanan sejak awal pertandingan. Sayangnya, Barcelona gagal meraih kemenangan karena hanya imbang 0-0 melawan Dortmund.

Fati lalu mencetak satu gol ketika Barcelona menang 2-1 atas Inter Milan pada 10 Desember 2019. Padahal, ia hanya bermain 5 menit dalam pertandingan tersebut. Gol tersebut sempat menjadikan Fati sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions Eropa.

3. Youri Tielemans masuk starting line up ketika usianya 16 tahun dan 148 hari

5 Pemain Termuda yang Tampil sebagai Starter di Liga Champions EropaYouri Tielemans (uefa.com)

Youri Tielemans tampil penuh selama 90 menit saat membela Anderlecht dalam pertandingan babak Grup C melawan Olympiacos pada 2 Oktober 2013. Pemain asal Belgia itu baru berusia 16 tahun 148 hari. Sayangnya, Anderlecht kalah 3-0 atas Olympiacos.

Tielemans kembali menjadi starter saat Anderlecht kalah telak 5-0 melawan Paris Saint-Germain. Ia total bermain di Liga Champions Eropa bersama Anderlecht sebanyak 10 kali pada periode 2013—2015. Dari 10 penampilannya itu, 7 di antaranya ia turun sebagai pemain utama, sementara 3 sisanya turun sebagai pemain pengganti.

4. Celestine Babayaro sempat pegang rekor sebagai starter termuda UCL selama 30 tahun

5 Pemain Termuda yang Tampil sebagai Starter di Liga Champions EropaCelestine Babayaro (rsca.be)

Rekor Celestine Babayaro sebagai pemain termuda yang bermain sebagai starter di UCL sempat bertahan selama 30 tahun. Ia menjalani debut di Liga Champions Eropa sebagai pemain utama saat laga Anderlecht melawan Steaua Bucharest pada 23 November 1994. Babayaro baru menginjak usia 16 tahun dan 86 hari pada saat itu.

Uniknya, Babayaro juga menjadi pemain termuda yang menerima kartu merah dalam sejarah Liga Champions Eropa. Hal tersebut terjadi ketika ia diusir oleh wasit dalam pertandingan melawan Steaua Bucharesti pada babak pertama menit ke-37. Itu menjadi satu-satunya pertandingan Liga Champions Eropa yang ia jalani bersama Anderlecht.

5. Lamine Yamal jadi pemain termuda yang tampil sebagai starter di UCL

5 Pemain Termuda yang Tampil sebagai Starter di Liga Champions EropaLamine Yamal (fcbarcelona.com)

Lamine Yamal mencatatkan namanya sebagai pemain termuda yang bermain sebagai starter dalam sejarah Liga Champions Eropa. Ia turun dari menit pertama ketika Barcelona menang 1-0 atas FC Porto di Estadio Do Dragao pada 4 Oktober 2023. Yamal masih berusia 16 tahun dan 83 hari ketika ia berperan sebagai winger kanan Barca sejak awal pertandingan.

Yamal lalu masuk sebagai pemain pengganti ketika Barcelona menang 5-0 melawan Royal Antwerp pada 19 September 2023. Namun, ia belum membuat gol atau assist dalam dua pertandingan Liga Champions Eropa 2023/2024 yang telah ia lakoni sejauh ini. Manajer Barcelona, Xavi Hernandez, memuji penampilan Yamal yang tampil luar biasa saat laga melawan FC Porto. 

Di antara lima pemain termuda yang tampil sebagai starter Liga Champions tersebut, hanya Lamine Yamal yang kini bermain aktif di kompetisi tertinggi antar Eropa. Sedangkan, Youri Tielemans tampil di Liga Konferensi Eropa bersama Aston Villa. Sejauh mana Lamine Yamal dan Barcelona bisa melaju pada Liga Champions Eropa 2023/2024 ini?

Baca Juga: 4 Pelatih Italia Bersaing di Liga Champions 2023/2024, Akankah Juara?

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya