5 Pencetak Gol Termuda asal Prancis dalam sejarah UCL

Rekor baru tercipta pada 2023/2024

Liga Champions Eropa kerap kali menghadirkan rekor-rekor menarik yang berkaitan dengan talenta muda. Salah satunya adalah pencetak gol termuda dalam sejarah kompetisi tertinggi antarklub Eropa itu. Sebagian pemain muda berbakat dari berbagai penjuru dunia pernah membuat rekor tersebut termasuk pesepak bola asal Prancis.

Banyak dari mereka yang menorehkan gol di laga UCL ketika berusia di bawah 20 tahun. Seperti lima pemain asal Prancis ini yang sukses menjadi pencetak gol termuda di Liga Champions Eropa.

1. Mathys Tel menorehkan gol perdananya di UCL saat berusia 18 tahun 4 bulan

5 Pencetak Gol Termuda asal Prancis dalam sejarah UCLMathys Tel (fcbayern.com)

Mathys Tel berhasil menorehkan gol perdananya di Liga Champions Eropa bersama Bayern Muenchen pada 2023/2024. Ia menyumbang satu gol ketika Die Rotten mengalahkan Manchester United 4-3 dalam pertandingan babak grup UCL pada 20 September 2023. Usia Tel saat mencetak gol tersebut masih 18 tahun 4 bulan.

Tel memulai pertandingan sebagai pemain cadangan. Ia baru masuk menggantikan Leroy Sane pada babak kedua menit ke-87. Meskipun hanya sebentar bermain, Tel mampu menorehkan satu gol. Ia dapat memaksimalkan umpan matang dari Joshua Kimmich untuk memasukkan bola dengan kaki kanannya pada menit 90+2.

2. Kylian Mbappe bikin gebrakan lewat golnya saat berusia 18 tahun 2 bulan

5 Pencetak Gol Termuda asal Prancis dalam sejarah UCLKylian Mbappe (ligue1.com)

Kylian Mbappe memperlihatkan kehebatannya ketika meroket bersama AS Monaco pada 2016/2017. Selain mampu membawa AS Monaco menjuarai Ligue 1, ia bersama rekan-rekannya berhasil menembus semifinal UCL. Mbappe sendiri mampu masuk dalam jajaran pemain termuda Prancis yang mencetak gol di Liga Champions Eropa.

Ia menorehkan gol perdananya saat kalah dari Manchester City 3-5 dalam laga babak 16 besar leg pertama UCL pada 21 Februari 2017. Mbappe yang berduet dengan Radamel Falcao di lini depan mampu menyumbangkan satu gol setelah menerima assist dari Fabinho. Ia saat itu masih berusia 18 tahun 2 bulan. Mbappe bersama AS Monaco kemudian berhasil bangkit dengan menang 3-1 di leg kedua sehingga lolos ke perempat final dengan keunggulan gol tandang dan agregat 6-6.

Baca Juga: Persaingan Segitiga Haaland vs Messi vs Mbappe di Penghargaan FIFA

3. Karim Benzema mencetak gol pertamanya di UCL ketika usia 17 tahun 11 bulan

5 Pencetak Gol Termuda asal Prancis dalam sejarah UCLKarim Benzema (uefa.com)

Karim Benzema mencetak gol pertamanya di Liga Champions Eropa saat masih membela Olympique Lyon pada 6 Desember 2005. Ia menyumbang satu gol ketika Lyon menang 2-1 atas Rosenborg dalam laga babak grup F Liga Champions Eropa di Stade de Gerald. Benzema masih berusia 17 tahun 11 bulan.

Uniknya, ia bermain sebagai gelandang serang di belakang striker utama, John Carew. Benzema tampil dari menit pertama. Ia kemudian merobek gawang Rosenborg setelah memanfaatkan assist dari Carew pada babak pertama menit ke-33.

4. Warren Zaïre-Emery bikin gol ketika usianya 17 tahun 9 bulan

5 Pencetak Gol Termuda asal Prancis dalam sejarah UCLWarren Zaïre-Emery (uefa.com)

Warren Zaïre-Emery sukses menciptakan sejarah bagi kariernya di Liga Champions Eropa. Ia mampu mencetak satu gol penting saat bermain imbang 1-1 melawan Borussia Dortmund pada 13 Desember 2023. Torehan gol tersebut berhasil menyelamatkan perjalanan Paris-Saint Germain (PSG) di UCL 2023/2024. 

Zaïre-Emery sendiri tercatat masih berusia 17 tahun 9 bulan ketika mencetak gol tersebut. Gol tersebut membuat PSG sukses finis sebagai runner up grup F dengan koleksi 8 poin. Selain itu, Zaïre-Emery sendiri menjadi pencetak gol paling muda PSG di Liga Champions Eropa.

5. George Ilenikhena bikin gol krusial di UCL ketika usianya 17 tahun 3 bulan

5 Pencetak Gol Termuda asal Prancis dalam sejarah UCLGeorge Ilenikhena (instagram.com/g.ilenikhena9)

George Ilenikhena keluar sebagai pahlawan kemenangan Royal Antwerp ketika mengalahkan Barcelona 3-2 di babak grup UCL pada 13 Desember 2023. Ia menyumbang satu gol pada babak kedua menit 90+2. Hebatnya lagi, Ilenikhena tercatat baru berumur 17 tahun 3 bulan.

Ilenikhena masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua menit ke-79. Ia lalu berhasil memaksimalkan assist dari Jelle Bataille untuk memasukan bola dengan tendangan kaki kirinya. Meskipun berhasil meraih kemenangan, Royal Antwerp tetap tersingkir dari Liga Champions Eropa sebagai juru kunci di grup H lewat raihan 3 poin.

Dari lima pemain di atas, dua di antaranya berhasil menjadi pemain top dunia, yaitu Benzema dan Mbappe. Ketajaman mereka di depan gawang tidak perlu diragukan lagi. Sedangkan, Tel, Zaïre-Emery , dan Ilenikhena masih membutuhkan lebih banyak pengalaman bermain karena usianya yang masih sangat muda.

Baca Juga: 3 Pemain Inggris yang Menjadi Pencetak Gol Termuda di UCL

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya