5 Pencetak Gol Termuda Timnas Belgia yang Masih Aktif Bermain

Mereka mengukir namanya dalam sejarah

Belgia memiliki sejumlah pemain muda berbakat yang kerap kali menghiasi skuad utama sejak era 2010-an. Red Devils bahkan pernah memiliki generasi emas yang berisi pemain muda dengan kualitas mentereng, seperti Kevin De Bruyne, Eden Hazard, dan Dries Mertens. Para pemain muda Belgia beberapa kali menorehkan rekor apik dalam sejarah. Salah satunya pencetak gol termuda bagi Red Devils.

Beberapa dari pencetak gol termuda itu sudah tidak aktif bermain sepak bola sedangkan sebagian lainnya masih aktif menjalani kariernya. Ada yang secara reguler dipanggil Timnas Belgia saat yang lainnya sudah cukup lama tidak bermain di laga internasional.

Inilah lima pemain yang masih aktif bermain untuk Timnas Belgia dan tercatat sebagai pencetak gol termuda.

1. Axel Witsel (19 tahun 2 bulan 14 hari) langsung bikin gol pada laga debutnya

5 Pencetak Gol Termuda Timnas Belgia yang Masih Aktif BermainAxel Witsel (instagram.com/axelwitsel28)

Axel Witsel langsung membuat gebrakan bagi Timnas Belgia saat baru menjalani debutnya di laga persahabatan. Ia mencetak satu gol saat Belgia kalah 1-4 melawan Timnas Maroko pada Maret 2008. Witsel saat itu masih berumur 19 tahun 2 bulan 14 hari.

Meski kalah dalam laga tersebut, Witsel mengawali kiprahnya di level internasional dengan baik. Ia kemudian menjadi pilar penting di lini tengah Red Devils dan masih aktif bermain sampai November 2023. Witsel sejauh ini telah tampil dalam 130 laga dan mencetak 12 gol serta 8 assist di semua kompetisi bagi Timnas Belgia.

2. Divock Origi (19 tahun 2 bulan 4 hari) mencetak gol pertamanya di Piala Dunia 2014

5 Pencetak Gol Termuda Timnas Belgia yang Masih Aktif BermainDivock Origi (liverpoolfc.com)

Divock Origi sempat menampilkan permainan menawan saat baru membela Timnas Belgia pada 2014. Ia mencetak gol kemenangan Red Devils 1-0 atas Rusia pada babak grup Piala Dunia 2014. Gol tersebut sekaligus menjadi yang pertama bagi eks pemain Liverpool itu.

Torehan gol Origi dalam laga tersebut juga sempat menjadikannya salah satu pencetak gol termuda dalam sejarah Red Devils. Ia masih berusia 19 tahun 2 bulan 4 hari ketika mencetak gol itu. Aksinya di Piala Dunia 2014 mengundang minat dari beberapa klub top Eropa. Liverpool akhirnya berhasil mendatangkannya dari LOSC Lille pada musim panas 2014. Ia dipinjamkan kembali kepada Lille sebelum mulai memperkuat The Reds pada 2015/2016.

Sayangnya, performa Origi sudah menurun sejak 2021/2022. Liverpool menjualnya kepada AC Milan pada musim panas 2022. Permainannya tidak membaik bersama I Rossoneri sehingga kini dipinjamkan kepada Nottingham Forest pada musim panas 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Belgia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester City

3. Jeremy Doku (18 tahun 3 bulan 12 hari) mencetak gol fantastis pada usianya yang masih remaja

5 Pencetak Gol Termuda Timnas Belgia yang Masih Aktif BermainJérémy Doku (kiri) (instagram.com/jeremydoku)

Jeremy Doku merupakan wonderkid yang cukup menarik perhatian publik sepak bola. Sebab, ia memiliki kemampuan olah bola ciamik, kecepatan saat bermain di sayap kanan atau kiri, dan insting mencetak gol. Terlebih lagi, Doku mampu mencetak gol pertamanya bagi Timnas Belgia dengan cara yang spektakuler.

Hal tersebut terjadi saat Belgia menang besar 5-1 atas Eslandia dalam laga Nations League pada September 2020. Doku yang menerima bola di sayap kiri menusuk ke dalam kotak penalti dan mengecoh lawan. Ia langsung melakukan tembakan melengkung ke arah gawang Eslandia untuk mencetak gol kelima Belgia dalam pertandingan itu. Doku masih berusia 18 tahun 3 bulan 12 hari ketika menciptakan momen tersebut. Pemain Manchester City itu sejauh ini telah mencatat 18 penampilan dan menorehkan 2 gol serta 7 assist.

4. Yari Verschaeren (18 tahun 2 bulan 28 hari) mengeksekusi penalti saat bikin gol perdana

5 Pencetak Gol Termuda Timnas Belgia yang Masih Aktif BermainYari Verschaeren (rsca.be)

Yari Verschaeren menjadi pemain termuda kedua tercatat sebagai pencetak gol termuda dan masih aktif bermain untuk Timnas Belgia. Ia menorehkan gol pertamanya saat mengeksekusi penalti dalam kemenangan Belgia 9-0 atas San Marino pada Oktober 2019. Verschaeran usianya baru memasuki 18 tahun 2 bulan 28 hari.

Itulah satu-satunya gol Verschaeren untuk Timnas Belgia sampai November 2023. Sebab, pemain Anderlecht itu belum mendapat panggilan ke skuad senior Red Devils. Ia terakhir kali turun sebagai pemain pengganti saat melawan Burkina Faso dalam laga persahabatan pada Maret 2022.

5. Romelu Lukaku (17 tahun 6 bulan 4 hari) membuat gol kemenangan Belgia atas Rusia

5 Pencetak Gol Termuda Timnas Belgia yang Masih Aktif BermainRomelu Lukaku (uefa.com)

Romelu Lukaku sudah digadang-gadang bakal menjadi bintang Timnas Belgia ketika masih bermain untuk Anderlect pada periode 2009--2011. Ia sudah bermain dalam 25 laga dan mencetak 15 gol di Jupiler Pro League saat masih berusia 17 tahun pada 2009/2010. Performa gemilangnya itu berbuah panggilan ke Timnas Belgia pada Maret 2010.

Lukaku baru mencetak gol saat Belgia menang 2-0 atas Rusia dalam laga persahabatan pada November 2010. Ia sukses memborong dua gol kemenangan Belgia dalam pertandingan itu. Lukaku baru berusia 17 tahun 6 bulan 4 hari ketika menciptakan momen tersebut. Pemain AS Roma itu masih aktif bermain untuk Timnas Belgia sampai November 2023. Ia bahkan menjadi kapten Red Devils dan sudah mencatat 113 penampilan dengan torehan 83 gol.

Lima pemain di atas membuktikan bahwa Belgia selalu memiliki pemain muda berbakat yang mampu mencetak gol di usia remaja. Dari lima pemain di atas, hanya Romelu Lukaku, Axel Witsel, dan Jeremy Doku yang masih memperkuat Timnas Belgia secara reguler. Sementara itu, Yari Verschaeren dan Divock Origi belum mendapat panggilan sampai November 2023.

Baca Juga: 3 Pemain Muda Belgia yang Bersinar di Klub Barunya pada Awal 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya