3 Peraih Golden Ball Piala Dunia U-17 yang Menjuarai UCL, Ada Foden!

Mereka sukses naik ke level tertinggi

Piala Dunia U-17 selalu menghadirkan calon bintang sepak bola dunia. Salah satunya terlihat dari para pemain yang meraih penghargaan Golden Ball turnamen.

Meskipun sebagian gagal membawa pulang trofi Piala Dunia U-17, mereka berhasil naik level dalam kariernya. Ada yang akhirnya meraih gelar juara Piala Dunia saat lainnya berhasil mencapai kesuksesan di level klub dengan menjuarai Liga Champions Eropa.

Berikut tiga peraih Golden Ball Piala Dunia U-17 yang menjuarai UCL.

1. Anderson merasakan kejayaan bersama Manchester United

3 Peraih Golden Ball Piala Dunia U-17 yang Menjuarai UCL, Ada Foden!Anderson (manutd.com)

Anderson terpilih sebagai pemain terbaik Piala Dunia U-17 2005 Peru. Pemain asal Brasil ini menerima Golden Ball setelah tampil impresif dengan mencetak 2 gol dari 5 pertandingan. Sayangnya, ia gagal membawa Seleccao muda meraih gelar juara Piala Dunia U-17.

Permainan apiknya di Brasil U-17 membuat sejumlah klub meliriknya, termasuk Manchester United. Ia bergabung dengan The Red Devils dari FC Porto pada musim panas 2007. Anderson turut berkontribusi dalam raihan gelar juara English Premier League (EPL) dan Liga Champions Eropa 2007/2008. Ia tercatat tampil dalam 38 laga dengan menorehkan 2 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 6 Kiper Terbaik Piala Dunia U-17, Berhak atas Golden Glove 

2. Toni Kroos meraih gelar juara UCL sebanyak lima kali

3 Peraih Golden Ball Piala Dunia U-17 yang Menjuarai UCL, Ada Foden!Toni Kroos (twitter.comn/championsleague)

Bakat Toni Kroos sudah terlihat sejak masih berusia remaja. Terbukti, performa pemain asal Jerman itu sangat luar biasa di Piala Dunia U-17 2007 Korea. Kroos mampu tampil dalam 6 laga dan mencetak 5 gol serta 1 assist serta membawa Jerman menempati peringkat ketiga. Berkat penampilan apiknya itu, ia menerima penghargaan Golden Ball.

Karier Kroos meningkat begitu cepat sejak pencapaiannya di Piala Dunia U-17 2007. Ia berhasil meraih gelar juara Liga Champions Eropa sebanyak lima kali saat bermain untuk Bayern Muenchen dan Real Madrid. Kroos juga menjadi bagian dari Timnas Jerman yang sukses memenangi Piala Dunia 2014.

3. Phil Foden kini menjadi ikon Manchester City

3 Peraih Golden Ball Piala Dunia U-17 yang Menjuarai UCL, Ada Foden!Phil Foden (mancity.com)

Phil Foden memiliki peningkatan karier yang cukup pesat usai menampilkan performa luar biasa di Piala Dunia U-17 2017 India. Talentanya menyita perhatian publik sepak bola dunia setelah mampu menciptakan kreativitas di lini tengah Inggris U-17 dan mencetak 3 gol serta 1 assist dari 7 laga. Terlebih lagi, ia sukses membawa Inggris meraih gelar juara Piala Dunia U-17 2017. FIFA menganugerahinya dengan penghargaan Golden Ball saat upacara penutupan turnamen.

Foden makin gacor ketika kembali membela Manchester City. Pep Guardiola kerap kali memainkannya di laga-laga penting bersama skuad senior The Citizen. Foden akhirnya sukses memenuhi ambisi Manchester City ketika menjuarai Liga Champions Eropa 2022/2023. Lebih spesialnya lagi, The Citizens meraih treble winner setelah meraih gelar juara English Premier League dan Piala FA. Foden bermain dalam 48 pertandingan dan mencetak 15 gol serta 8 assist di semua kompetisi sepanjang 2022/2023.

Dari tiga pemain di atas, hanya Anderson yang memiliki perjalanan karier yang tidak terlalu impresif. Meski menjadi bagian dari era keemasan Manchester United di bawah Sir Alex Ferguson, performanya tidak konsisten. Di sisi lain, Toni Kroos sudah meraih segalanya selama kariernya di level klub dan internasional. Sementara itu, Phil Foden kini tengah dalam performa terbaiknya bersama Manchester City.

Baca Juga: 3 Jebolan Piala Dunia U-17 yang Mencetak Gol di Final Piala Dunia

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya