Agustin Ruberto, Striker Tajam Argentina U-17 Penerus Julian Alvarez

Tampil tajam selama Piala Dunia U-17 2023

Timnas Argentina gagal meraih medali di Piala Dunia U-17 2023. Pasalnya, La Albiceleste mengalami kekalahan 3-0 atas Mali dalam perebutan tempat ketiga Piala Dunia U-17 2023 pada 1 Desember 2023. Meski begitu, Timnas Argentina masih bisa berbangga setelah pemainnya berhasil menerima penghargaan individu.

Pemain tersebut ialah sang striker utama, Agustin Ruberto, yang menerima penghargaan sepatu emas usai mencetak 8 gol dari 7 pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Pemain River Plate itu tampil memukau selama turnamen berlangsung. Salah satunya saat menorehkan hattrick ketika melawan Jerman di babak semifinal.

Lalu, sehebat apa sebenarnya Agustin Ruberto? Berikut tiga fakta unik seputar pemain berusia 17 tahun itu.

1. Profil dan Biodata

Agustin Ruberto, Striker Tajam Argentina U-17 Penerus Julian AlvarezClaudio Elcheverri (kiri) dan Agustin Ruberto (kanan) (fifa.com)
  • Nama: Agustin Fabian Ruberto
  • Tanggal lahir: 6 Januari 2006
  • Tempat kelahiran: Buenos Aires
  • Tinggi: 1,85 m
  • Kewarganegaraan: Argentina
  • Posisi: Penyerang-Depan-Tengah
  • Kaki dominan: Kanan
  • Klub saat ini: CA River Plate II
  • Bergabung: 1 Januari 2023
  • Kontrak berakhir: 31 Desember 2024

2. Memiliki minat terhadap sepak bola sejak usia 4 tahun

Agustin Ruberto, Striker Tajam Argentina U-17 Penerus Julian AlvarezAgustin Ruberto (instagram.com/agustinruberto9)

Agustin Ruberto lahir di Buenos Aires pada 6 Januari 2006. Ia sudah menunjukkan minatnya terhadap sepak bola sejak usia 4 tahun ketika bergabung dengan tim lokal, Barrio Nuevo, yang berada di wilayah Provinsi Buenos Aires. Pemandu bakat River Plate melihat potensi besar dalam diri Ruberto ketika menyaksikannya bermain dalam turnamen. Ruberto lalu menjalani masa percobaan bersama akademi River Plate dan sukses terpilih untuk masuk ke akademi saat usianya 6 tahun.

Ruberto awalnya bermain sebagai bek tengah. Akan tetapi, pelatih akademi River Plate menilai sang pemain memiliki fisik kuat dan teknik di atas rata-rata. Ia akhirnya diubah posisinya menjadi seorang striker. Alhasil, Ruberto menjadi pencetak gol handal bagi tim junior River Plate. Terbukti, ia mencetak 17 gol dalam 14 pertandingan di level junior pada 2021.

3. Sudah menarik perhatian salah satu klub EPL sejak usianya 16 tahun

Agustin Ruberto, Striker Tajam Argentina U-17 Penerus Julian AlvarezAgustin Ruberto (instagram.com/agustinruberto9)

Berkat performa gemilang Ruberto di level junior, manajemen River Plate memberikan hadiah berupa kontrak profesional pertamanya saat berusia 16 tahun pada April 2022. Ruberto menandatangani kontrak tersebut dengan durasi 2 tahun atau sampai Desember 2024. Ia kemudian dipanggil oleh Timnas Argentina U-17 untuk mengikuti turnamen South American Championship U-17 2023.

Ruberto sukses menampilkan permainan terbaiknya dalam turnamen itu. Ia mencetak 4 gol dan 2 assist dalam 9 pertandingan. Ia juga mampu menorehkan 4 gol dalam 6 laga persahabatan di level U-17. Performa fantastisnya itu mengundang perhatian dari salah satu klub English Premier League, Brighton & Hove Albion.

Dilansir Marca, Brighton kabarnya menanyakan tentang sosok Ruberto lebih detail kepada pihak River Plate. Selain Ruberto, Brighton juga mengincar rekan setimnya, Claudio Echeverri. Brigthon memiliki catatan apik terkait pengembangan bakat pemain asal Argentina setelah sukses mengorbitkan Alexis MacAllister dan Facundo Buonanotte.

4. Menggila di Piala Dunia U-17 2023

Agustin Ruberto, Striker Tajam Argentina U-17 Penerus Julian AlvarezAgustin Ruberto (instagram.com/agustinruberto9)

Penampilan apik Ruberto berlanjut sampai di Piala Dunia U-17 2023. Ia bersama rekan setimnya di River Plate, Claudio Echeverri, berhasil membentuk kemitraan luar biasa di lini depan La Albiceleste. Ruberto sukses menorehkan 8 gol dari 7 pertandingan.

Salah satu penampilan terbaiknya ketika ia merobek gawang Jerman sebanyak tiga kali. Argentina yang bermain imbang 3-3 melawan Jerman kalah lewat adu penalti 2-4. Ruberto kini tengah menjadi incaran klub-klub papan atas Eropa. Selain Brighton yang sudah menunjukkan ketertarikannya, Real Madrid, Manchester City, dan AC Milan kabarnya juga memantau perkembangan sang pemain.

Ketajaman Ruberto menjadi kabar baik bagi sepak bola Argentina yang memiliki prospek cerah untuk proyek jangka panjang. Meskipun masih memiliki striker tajam seperti Lautaro Martinez dan Julian Alvarez, kehadiran Ruberto akan membuat lini depan La Albiceleste makin mengerikan. Tidak menutup kemungkinan Ruberto mampu mengikuti seniornya dari akademi River Plate, Julian Alvarez, yang sukses meraih semua trofi bergengsi di usia muda.

Baca Juga: Bradley Barcola, Wonderkid Mahal PSG yang Siap Gantikan Kylian Mbappe

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya