Niccolo Pisilli, Calon Pangeran AS Roma Penerus Totti dan De Rossi

Bikin sejarah dalam debutnya di Liga Europa

AS Roma harus melewati babak playoff  Liga Europa setelah finis di peringkat ke-2 grup G dengan koleksi 13 poin. Kemenangan 3-0 atas FC Sheriff Tiraspol tidak cukup bagi I Giallorossi untuk menggeser Slavia Praha dari puncak klasemen grup G yang memiliki total 15 poin. Meski begitu, AS Roma tetap memiliki catatan positif ketika menang 3-0 melawan FC Sherrif Tiraspol. Salah satunya kemunculan talenta muda berbakat, Niccolo Pisilli.

Pisilli yang merupakan pemain dari akademi AS Roma berhasil memaksimalkan kesempatan yang diberikan oleh Jose Mourinho. Pasalnya, ia mampu menorehkan gol perdananya di skuad senior AS Roma pada babak kedua menit 90+3. Fans AS Roma merayakan gol tersebut dengan sukacita.

Mari mengenal lebih dalam tentang pemain berusia 19 tahun itu. Berikut tiga fakta unik seputar Nicolo Pisilli.

1. Bergabung dengan akademi AS Roma sejak umur 8 tahun

Niccolo Pisilli, Calon Pangeran AS Roma Penerus Totti dan De RossiNiccolo Pisilli saat masih kecil. (instagram.com/niccolopisilli)

Niccolo Pisilli merupakan putra asli kelahiran Roma pada 23 September 2004. Ia awalnya bermain sepak bola bersama klub lokal, Helios. Pisilli bergabung dengan AS Roma saat usianya 8 tahun pada 2012.

Pisilli kemudian menapaki kariernya bersama tim muda AS Roma di level U-17, U-18, dan U-19. Ia biasa bermain di posisi gelandang selama bermain di level junior AS Roma. Pisilli dapat mengambil peran sebagai gelandang tengah, gelandang serang, dan striker. Akan tetapi, posisi favoritnya adalah seorang gelandang tengah dengan tipe box to box.

2. Tampil memukau di semua level tim junior AS Roma dan Timnas Italia

Niccolo Pisilli, Calon Pangeran AS Roma Penerus Totti dan De RossiNiccolo Pisilli (asroma.com)

Potensi Pisilli sebagai gelandang berbakat terlihat saat dirinya bermain untuk tim junior AS Roma dan Timnas Italia. Ia mampu mencetak 3 gol dan 1 assist dalam 11 laga bersama AS Roma U-17. Kegemilangannya berlanjut saat naik ke tim AS Roma U-18.

Pisilli mencatat 26 penampilan dengna torehan 10 gol dan 5 assist di semua kompetisi. Ia kemudian benar-benar tampil menonjol ketika membela AS Roma U-19. Pisilli menorehkan 52 penampilan dengan rekor 14 gol dan 8 assist di semua kompetisi. Dengan catatan positif tersebut, ia bersama rekan-rekannya berhasil meraih trofi di kompetisi level junior seperti gelar juara Coppa Italia Primavera dan Supercoppa Italia Primavera.

Penampilan impresif Pisilli di AS Roma berdampak positif kepada Timnas Italia. Ia berhasil membawa Timnas Italia U-19 menjuarai Euro U-19 2023. Pisilli bermain dalam 4 laga dan mencetak 1 gol.

3. Mencetak gol pertamanya di Liga Europa dengan tampil luar biasa

https://www.youtube.com/embed/Tyv8jFwm6Y4

Pisilli melakoni debutnya di tim senior AS Roma saat melawan Inter Milan pada 6 Mei 2023. Akan tetapi, ia hanya sebentar bermain dalam laga tersebut. Pisilli baru benar-benar menunjukkan kehebatanya ketika tampil di Liga Europa 2023/2024. Ia masuk menggantikan Andrea Belotti pada babak kedua menit ke-73.

Kesempatan tersebut mampu ia maksimalkan dengan mencetak satu gol pada injury time babak kedua. Pisilli yang mendapat operan balik dari Romelu Lukaku langsung memasukkan bola ke pojok kiri gawang Sherrif Tiraspol. Gol tersebut mengunci kemenangan 3-0 AS Roma melawan Sherrif Tiraspol.

Pisilli memiliki catatan impresif dalam pertandingan tersebut. Menurut data dari situs resmi UEFA, akurasi operannya mencapai 92 persen dengan rincian 11 operan sukses dari total 12. Pisilli mampu memaksimalkan 1 peluang menjadi gol dari total 3 kesempatan dalam laga melawan Sherrif Tiraspol.

Performa fantastis Pisilli menjadi kabar baik bagi AS Roma dan Timnas Italia yang tengah melakukan regenarasi dalam skuadnya. Fans AS Roma menyambut Pisilli dengan menyanyikan namanya setelah mencetak gol tersebut. Menarik melihat bagaimana Pisilli berkembang menjadi pemain hebat seperti pendahulunya, Francesco Totti dan Daniele De Rossi.

Baca Juga: 3 Pemain AS Roma 2023/2024 yang Pernah Meraih Scudetto

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya