3 Pemain AS Roma 2023/2024 yang Pernah Meraih Scudetto

Paulo Dybala salah satunya!

AS Roma cukup konsisten bersama Jose Mourinho. Di bawah asuhan manajer asal Portugal itu, mereka mampu bersaing dengan klub papan atas lainnya. Di kancah Eropa, I Giallorossi juga sudah melangkah cukup jauh, bahkan sampai menjuarai UEFA Conference League pada 2021/2022 lalu.

AS Roma sebenarnya juga punya peluang besar untuk meraih scudetto alias kampiun Serie A Italia. Komposisi skuadnya cukup mumpuni. Mereka dilatih oleh manajer yang sudah bergelimang gelar juara. Beberapa pemainnya bahkan berpengalaman meraih gelar.

Dari keseluruhan pemain, ada tiga nama yang pernah meraih scudetto bersama klub lain. Inilah tiga pemain AS Roma 2023/2024 yang pernah meraih scudetto itu.

1. Leonardo Spinazzola pernah menjadi bagian dari kejayaan Juventus

3 Pemain AS Roma 2023/2024 yang Pernah Meraih ScudettoLeonardo Spinazzola (twitter.com/juventusfc)

Tak hanya AS Roma, Leonardo Spinazzola juga pernah singgah di beberapa klub Serie A Italia pada sepanjang kariernya. Salah satu klub top di Negeri Piza yang pernah ia bela itu adalah Juventus. Bahkan, Spinazzola merintis karier sepak bolanya bersama klub berjuluk Bianconeri tersebut.

Spinazzola cukup lama mengisi skuad utama Juventus. Ia promosi ke tim inti pada 2013, tetapi lebih sering dipinjamkan karena menit bermain yang minim. Puncaknya, Spinazzola dipanggil kembali untuk menjadi bagian dari skuad utama Bianconeri pada 2018/2019. Itu juga menjadi musim satu-satunya ia bermain di Juventus.

Spinazzola hanya menjadi cadangan yang tampil 12 kali di semua kompetisi. Meski begitu, ia tetap berhak mendapatkan gelar juara scudetto pada akhir 2018/2019. Setelah meraih gelar juara liga perdananya, Spinazzola dijual oleh Juventus. Ia hengkang ke AS Roma dan masih bertahan hingga 2023/2024 ini.

Baca Juga: 3 Pelatih Menangi Scudetto Perdana dalam 4 Musim Terakhir, Siapa Saja?

2. Romelu Lukaku tampil garang sebagai striker haus gol Inter Milan

3 Pemain AS Roma 2023/2024 yang Pernah Meraih ScudettoRomelu Lukaku (instagram.com/romelulukaku)

Romelu Lukaku merupakan seorang petualang. Ia telah berkelana ke beberapa liga top Eropa. English Premier League hingga Serie A pernah dikunjunginya. Di antara dua kompetisi tersebut, Lukaku cenderung lebih bersinar di Serie A. Ia tampil tajam bersama dua klub papan atas, Inter Milan dan AS Roma.

Sebelum membela AS Roma pada 2023/2024, Lukaku sempat menjadi pahlawan Inter Milan. Ia berseragam Nerazzuri dalam dua periode berbeda. Pertama, Lukaku menjelma sebagai aktor keberhasilan Inter Milan yang meraih scudetto pada 2020/2021. Saat itu, ia juga terpilih sebagai Pemain Terbaik Serie A.

Lukaku sempat pulang ke Chelsea yang terpikat dengan aksinya. Namun, keputusan itu berujung kegagalan. Ia tak mampu membuktikan kualitas terbaiknya. Lukaku lantas kembali ke Inter Milan dengan status pinjaman selama semusim. Pada awal 2023/2024, Lukaku kembali pindah. Ia merapat ke AS Roma dengan status pinjaman.

3. Paulo Dybala meraih berbagai gelar juara bersama Juventus

3 Pemain AS Roma 2023/2024 yang Pernah Meraih ScudettoPaulo Dybala (twitter.com/PauDybala_JR)

Paulo Dybala telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain hebat yang bergelimang gelar juara. Semua pencapaian manis itu kebanyakan diraih bersama satu klub, yaitu Juventus. Sebelum hijrah ke AS Roma, Dybala menikmati petualangannya bersama Juventus selama 7 musim (2015--2022).

Dybala tampil menjanjikan di lini depan Bianconeri. Ia mampu mengantongi 115 gol dan 118 assist dari 293 penampilan. Soal prestasi, koleksi gelar juara Dybala cukup lengkap bersama Juventus. Ia berhasil meraih lima scudetto serta beberapa gelar juara domestik.

Dybala akhirnya meninggalkan Juventus pada musim panas 2022. Ia melanjutkan kariernya ke AS Roma secara bebas transfer. Dengan kualitas yang ia miliki, Dybala tak membutuhkan waktu lama untuk bersinar. Ia bahkan membawa AS Roma ke final UEFA Europa League, meski harus takluk dari Sevilla.

Ketiga pemain di atas mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih scudetto. Kini, bersama AS Roma, mereka juga berpeluang untuk mendapatkannya kembali. Apakah hal itu dapat terwujud? Menarik untuk kita nantikan bersama.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Serie A dengan Penampilan Terbanyak Tanpa Scudetto

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya