Sosok Nico Paz, Wonderkid Real Madrid yang Siap Gantikan Luka Modric

Calon bintang baru El Real

Real Madrid tengah fokus membangun proyek jangka panjang dengan memberi kesempatan tampil lebih banyak kepada para pemain muda. Sebagian pemain tersebut El Real beli dari klub lain, sedangkan beberapa di antaranya jebolan Real Madrid Castilla. Salah satunya adalah Nicolas Paz Martinez atau biasa disebut Nico Paz.

Pemuda berusia 19 tahun itu menjadi salah satu talenta muda yang Real Madrid orbitkan dari akademinya. Ia promosi ke skuad utama El Real sejak 2023/2024. Nico Paz baru-baru ini berhasil mencetak gol perdananya di Real Madrid ketika menang 4-2 atas Napoli dalam pertandingan babak grup Liga Champions Eropa pada 29 November 2023.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Nico Paz? Inilah tiga hal menarik seputar Nico Paz.

1. Memiliki latar belakang sepak bola dari ayahnya

Sosok Nico Paz, Wonderkid Real Madrid yang Siap Gantikan Luka ModricNico Paz (instagram.com/nicopaz1o)

Nico Paz lahir di Santa Cruz de Tenerife pada 8 September 2004. Ia merupakan anak dari mantan pemain Real Valladolid, CD Tenerife, dan Timnas Argentina, Pablo Paz, yang memutuskan pensiun sebagai pemain pada 2009. Latar belakang Nico Paz ini membuatnya memiliki dua kewarganegaraan, yaitu Argentina dan Spanyol. Nico Paz lahir dan besar di Spanyol, tetapi ia memiliki keturunan Argentina dari orangtuanya.

Nico Paz bergabung dengan akademi Real Madrid saat usianya 12 tahun pada musim panas 2016. Ia lalu bermain untuk tim junior Real Madrid di level U-17, U-18, U-19, dan Castilla. Nico Paz mendapatkan debutnya di tim utama saat Los Blancos menang 3-0 atas SC Braga dalam laga babak grup Liga Champions Eropa pada 8 November 2023.

2. Mampu bermain di banyak posisi seperti bek, penyerang, dan gelandang

Sosok Nico Paz, Wonderkid Real Madrid yang Siap Gantikan Luka ModricNico Paz (instagram.com/nicopaz1o)

Nico Paz adalah seorang pemain yang memiliki fleksibilitas dalam permainannya. Ia awalnya mengikut jejak ayahnya yang bermain sebagai bek tengah. Nico Paz kemudian sempat bermain sebagai striker sebelum menemukan posisi terbaiknya sebagai winger. Ia merupakan pemain kidal, tetapi dapat menggunakan kedua kakinya dengan baik sehingga bisa ditempatkan di sayap kanan ataupun kiri.

Dilansir Marca, Nico Paz punya visi yang cukup bagus dan stamina kuat. Gaya permainannya seringkali menusuk dari sayap kanan dan menggunakan kaki kirinya untuk melakukan crossing atau tembakan. Ia tercatat bermain 5 kali sebagai winger kanan dan berhasil mencetak 3 gol di tim junior Real Madrid. Akan tetapi, Nico Paz lebih sering memainkan peran sebagai gelandang tengah. Ia total bermain 13 kali sebagai gelandang tengah dan menorehkan 5 gol dan 3 assist.

3. Mendapat panggilan ke Timnas Argentina senior untuk skuad Piala Dunia 2022

Sosok Nico Paz, Wonderkid Real Madrid yang Siap Gantikan Luka ModricNico Paz (instagram.com/nicopaz1o)

Nico Paz menerima panggilan dari pelatih Timnas Argentina senior, Lionel Scaloni. Ia masuk dalam daftar 44 pemain yang akan diseleksi untuk Piala Dunia 2022 pada Maret 2022. Sayangnya, Nico Paz tidak tampil di tim utama dalam laga persahabatan. Akan tetapi, Nico Paz bermain di Timnas Argentina U-20 pada Mei 2022.

Hal tersebut menegaskan pilihan Nico Paz untuk memperkuat Albiceleste ketimbang Timnas Spanyol. Ia sejauh ini telah tampil 8 kali dan mencetak 1 gol serta 1 assist di semua kompetisi bersama Timnas Argentina U-20. Nico Paz lebih sering ditempatkan sebagai gelandang tengah oleh manajer Timnas Argentina U-20, Javier Mascherano.

Kemunculan Nico Paz membuktikan bahwa Real Madrid serius dalam proyek masa depan bersama para pemain muda. Ia berhasil membuat gebrakan dengan torehan satu golnya ke gawang Napoli di Liga Champions Eropa 2023/2024. Nico Paz digadang-gadang akan mengisi posisi Luka Modric yang kabarnya akan meninggalkan Real Madrid pada 2024. Mampukah pemain asal Argentina ini bersinar bersama El Real? Patut dinanti.

Baca Juga: 3 Pemain Real Madrid Tersubur dalam 15 Laga Pertamanya

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya