Profil Radu Dragusin, Bek Baru Tottenham Jebolan Akademi Juventus

Kehadirannya diharapkan berdampak positif bagi tim

Tottenham Hotspur secara resmi mengumumkan pemain barunya, Radu Dragusin, pada 11 Januari 2024. Pemain asal Rumania itu ditebus dari Genoa dengan harga 26,7 pound sterling atau sekitar Rp530 miliar. Kedatangannya diharapkan dapat memperkuat sisi pertahanan Tottenham yang belakangan tengah dihantam badai cedera.

Lalu, sehebat apa sebenarnya Radu Dragusin? Mari mengenal lebih dalam soal bek anyar Tottenham Hotspur berusia 21 tahun ini lewat tiga fakta unik berikut!

1. Cukup lama menimba ilmu di akademi Juventus

Profil Radu Dragusin, Bek Baru Tottenham Jebolan Akademi JuventusRadu Dragusin (juventus.com)

Radu Dragusin lahir di Bucharest, Rumania, pada 3 Februari 2002. Ia memulai perjalanan kariernya ketika masuk ke akademi Sportul Studentesc saat usianya masih 7 tahun. Dragusin kemudian pindah ke akademi AS Metropolitan pada Juli 2013. Bakatnya mulai dilirik oleh klub-klub besar Eropa, termasuk Juventus. Dragusin akhirnya memilih bergabung dengan akademi Juventus pada Agustus 2018.

Ia merintis kariernya sebagai pemain profesional dari tim Juventus U-17, U-19, dan U-23. Dragusin melakoni laga debutnya di tim utama Juventus saat menghadapi Dynamo Kiev pada Desember 2020. Namun, Juventus memutuskan meminjamkan Dragusin kepada tiga klub Italia, yaitu Sampdoria, Salernitana, dan Genoa. Klub terakhir akhirnya mempermanenkannya pada Juli 2023.

Baca Juga: 5 Gelandang yang Dapat Didatangkan Tottenham pada Musim Dingin 2024

2. Tampil memukau bersama Genoa di Serie B dan Serie A

https://www.youtube.com/embed/jo8nf9SSLq4

Dragusin tampil menonjol ketika menjalani masa peminjaman bersama Genoa ketika masih berlaga di Serie B pada 2022/2023. Ia bermain dalam 38 pertandingan dan mencetak 4 gol di Serie B. Performa Dragusin memberi pengaruh besar kepada prestasi Genoa yang sukses promosi ke Serie A pada 2023/2024.

Dragusin melanjutkan permainan apiknya ketika dipermanenkan pada musim panas 2023. Ia tampil dalam 19 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 1 assist di Serie A dan Coppa Italia. Dilansir Fotmob, sebagai seorang bek tengah, Dragusin memiliki expected goals yang cukup tinggi, yaitu 1,02. Ia memiliki persentase memenangkan tekel 69 persen dan duel fisik 67 persen. Dragusin juga mampu melakukan 21 intersep dan 62 ball recoveries.

Dragusin juga piawai dalam membangun serangan dari lini belakang. Ia memiliki akurasi operan mencapai 82 persen dan mencatat 568 operan sukses dalam 19 pertandingan. Dragusin masih bisa meningkatkan level permainannya mengingat usianya masih 21 tahun.

3. Mengidolakan Cristiano Ronaldo sampai berkonsultasi soal nutrisi

Profil Radu Dragusin, Bek Baru Tottenham Jebolan Akademi JuventusRadu Dragusin (premierleague.com)

Radu Dragusin pernah bermain satu tim dengan Cristiano Ronaldo ketika masih membela Juventus. Ia dan Ronaldo datang ke Juventus pada musim panas 2018. Dragusin begitu mengagumi CR7 sampai mendatanginya untuk berkonsultasi terkait nutrisi.

Dilansir Sportkeeda, seorang jurnalis bernama Decebal Radulescu pernah menceritakan tentang Dragusin yang menanyakan tentang nutrisi apa yang dikonsumsi oleh Ronaldo setiap harinya. CR7 kemudian memberikan nomor telpon ahli nutrisi pribadinya kepada Dragusin untuk berkonsultasi secara langsung. Pemain asal Rumania itu akhirnya benar-benar menerapkan pola makan berdasarkan rekomendasi ahli nutrisi Cristiano Ronaldo. Dampaknya, sejauh ini Dragusin sangat jarang mengalami cedera.

Dengan atribut yang dimiliki Dragusin, Tottenham Hotspur berharap banyak agar dirinya bisa memaksimalkan potensinya. Dilansir Sky Sports, Dragusin sangat bersemangat menyambut lembaran baru dalam kariernya bersama Tottenham. Akankah pemain asal Romania ini mampu beradaptasi dan menampilkan performa apik bersama Tottenham? Menarik untuk mengikuti perkembangan bek potensial seperti Dragusin.

Baca Juga: 4 Pemain Rumania yang Pernah Berseragam Tottenham Hotspur

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya