3 Rekor Gol Apik Erling Haaland di Bundesliga, EPL, dan UCL

Melampaui para legenda

Erling Haaland tidak henti-hentinya menciptakan rekor apik. Ia berhasil membuat rekor luar biasa sejak bergabung dengan Borussia Dortmund pada Januari 2020. Haaland menunjukkan bahwa dirinya akan menjadi pemain terbaik dunia selanjutnya setelah era Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berakhir.

Buktinya, ia bisa tampil gacor bersama Borussia Dortmund dan Manchester City. Pemain asal Norwegia itu selalu bermain konsisten di kompetisi domestik ataupun antarklub Eropa. Haaland bahkan mampu memecahkan tiga rekor gol apik di tiga kompetisi berbebda, yaitu Bundesliga, English Premier League (EPL), dan Liga Champions Eropa (UCL).

1. Pemain tercepat yang mencetak 50 gol di Bundesliga

3 Rekor Gol Apik Erling Haaland di Bundesliga, EPL, dan UCLErling Haaland (bundesliga.com)

Erling Haaland berhasil memecahkan dua rekor di Bundesliga ketika mencetak gol ke gawang VFL Wolfsburg pada November 2021. Ia menjadi pemain tercepat yang berhasil mencetak 50 gol di Bundesliga. Haaland menorehkan rekor 50 gol dalam 50 pertandingan.

Rekor sebelumnya dipegang oleh eks striker Schalke 04, Klaas-Jan Huntelaar, yang membutuhkan 86 pertandingan untuk menorehkan 50 gol di Bundesliga. Haaland juga menjadi pemain termuda yang mampu mengoleksi 50 gol dalam sejarah Bundesliga. Ia masih berusia 21 tahun, 4 bulan, dan 6 hari ketika membuat rekor tersebut.

Manajer Borussia Dortmund kala itu, Marco Rose, mengatakan bahwa kehadiran Haaland memberikan energi kepada permainan tim. Gelandang Dortmund, Emre Can, menambahkan Haaland sangat membantu dalam mengangkat performa tim dan para pemain merasa lebih percaya diri ketika ia bermain dalam keadaan bugar. Haaland masih memegang rekor 50 gol tercepat dalam sejarah Bundesliga sampai November 2023. Belum ada pemain Bundesliga lain yang mampu melewati pencapaiannya itu.

2. Menjadi yang tercepat dalam menorehkan 50 gol di EPL

3 Rekor Gol Apik Erling Haaland di Bundesliga, EPL, dan UCLErling Haaland (premierleague.com)

Haaland kembali mengulangi pencapaiannya di Bundesliga saat bermain di English Premier League (EPL) bersama Manchester City. Ia berhasil menjadi pemain tercepat yang mencetak 50 gol di EPL. Rekor tersebut berhasil ia ciptakan dalam 48 pertandingan sejak kedatangannya pada musim panas 2022. Haaland mencapai 50 gol ketika mencetak satu gol saat Manchester City bermain seri 1-1 melawan Liverpool dalam laga EPL pekan ke-13 pada 25 November 2023.

Pemain asal Norwegia itu melewati rekor Andy Cole yang mencetak 50 gol dalam 65 laga EPL. Dilansir situs resmi Premier League, secara rinci, dari 50 gol yang Haaland cetak, 33 di antaranya berasal dari tendangan kaki kiri. Sementara kaki kanannya menghasilkan 6 gol, sundulan kepala 10 gol, tendangan penalti 10 gol, dan sepakan dari luar kotak penalti sebanyak 2 gol.

3. Pemain paling cepat yang mengoleksi 40 gol di UCL

3 Rekor Gol Apik Erling Haaland di Bundesliga, EPL, dan UCLErling Haaland (premierleague.com)

Haaland memecahkan rekor 40 gol tercepat di Liga Champions Eropa ketika merobek gawang RB Leipzig dalam kemenangan 3-2 untuk Manchester City pada 28 November 2023. Ia mengoleksi 40 gol hanya dalam 35 pertandingan sejak pertama kali tampil bersama Red Bull Salzburg pada 2018/2019. Haaland melewati rekor Ruud van Nistelrooy yang membutuhkan 45 laga untuk mencapai 40 gol.

Dilansir situs resmi UEFA, Haaland memiliki catatan gol lebih banyak pada babak kedua. Ia total mencetak 21 gol pada babak kedua dan 19 gol saat babak pertama. Di sisi lain, torehan satu gol Haaland ke gawang RB Leipzig menjadikan klub tersebut sebagai tim yang paling sering Haaland bobol dengan total 4 gol.

Haaland masih berpeluang menciptakan rekor-rekor baru dalam kariernya di EPL dan Liga Champions Eropa. Ia sudah melewati rekor para legenda sebelumnya di tiga kompetisi berbeda. Dengan usianya yang masih 23 tahun, Haaland memiliki banyak kesempatan untuk mengukir sejarah baru di sepak bola Eropa.

Baca Juga: Haaland Kembali Pecahkan Rekor, Lewati Messi dan Mbappe

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya