Rento Takaoka, Wonderkid Jepang yang Terinspirasi Anime Blue Lock

Belum membela klub mana pun

Piala Dunia U-17 2023 menghadirkan wonderkid baru yang kurang mendapat sorotan dari publik sepak bola dunia. Striker asal Jepang, Rento Takaoka, kini berada di papan atas daftar top skor Piala Dunia U-17 2023 bersama wonderkid Brasil, Kaua Elias, dengan torehan 4 gol dari 3 pertandingan babak grup.

Performa gemilang Takaoka cukup mengejutkan media dan fans. Pasalnya, ia tidak diperhitungkan bakal menjadi salah satu pemain yang bersinar di Piala Dunia U-17. Rekan setimnya, Gaku Nawata, lebih dijagokan menjadi bintang Timnas Jepang U-17. Sebab, Nawata sudah masuk dalam daftar 60 pesepak bola muda terbaik kelahiran 2006 yang diterbitkan media asal Inggris, The Guardian.

Permainan apik Takaoka di Piala Dunia U-17 2023 tentu mengundang perhatian publik terhadap dirinya. Lantas, siapa sebenarnya Rento Takaoka? Berikut tiga hal unik seputar striker andalan Jepang U-17 itu!

1. Belum membela klub mana pun sampai November 2023

Rento Takaoka, Wonderkid Jepang yang Terinspirasi Anime Blue LockRento Takaoka (kanan) melakukan selebrasi gol. (fifa.com)

Rento Takaoka lahir di Miyazaki pada 12 Maret 2007. Ia kini masih menjalani pendidikan sebagai siswa SMA di Nissho Gakuen yang berlokasi di Miayazaki. Takaoka belum masuk akademi klub sepak bola profesional mana pun sampai November 2023.

Meski begitu, Takaoka ikut menjalani pembinaan bersama klub sepak bola sekolahnya yang memiliki lingkungan kompetitif. Ia tampil reguler dalam kompetisi antarsekolah tingkat provinsi dan nasional. Sistem pembinaan seperti ini pernah melahirkan para pemain bintang yang kini merumput di klub-klub top Eropa. Sebut saja Kaoru Mitoma yang menjadi andalan Brighton & Hove Albion dan striker Celtic, Kyogo Furuhashi. Takaoka berpeluang mengikuti jejak dua seniornya tersebut lewat sistem pembinaan di sekolahnya dan tampil reguler di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga: 3 Legenda Italia Jebolan Piala Dunia U-17 yang Juara Piala Dunia 2006

2. Tidak tahu anime Captain Tsubasa, tetapi terinspirasi dengan Blue Lock

Rento Takaoka, Wonderkid Jepang yang Terinspirasi Anime Blue LockRento Takaoka (kiri) (fifa.com)

Dilansir Football Tribe, Rento Takaoka mengikuti beberapa serial anime yang bertemakan sepak bola untuk mendapatkan inspirasi. Akan tetapi, ia justru tidak tahu anime sepak bola yang cukup melegenda, Captain Tsubasa. Takaoka lebih tertarik mengambil inspirasi dari anime sepak bola lainnya, Blue Lock.

Takaoka juga mengaku mengidolai Michael Owen. Ia mengatakan bahwa Owen dan dirinya memiliki kesamaan dari postur tubuh dan kelincahan. Takaoka ingin membuktikan bahwa memiliki tinggi 165 cm tidak akan membuatnya menjadi striker tumpul. Striker bertubuh pendek sepertinya memiliki kelebihan lain, seperti kecepatan dan insting mencetak gol.

3. Mencetak tiga gol sebagai pemain pengganti

Rento Takaoka, Wonderkid Jepang yang Terinspirasi Anime Blue LockRento Takaoka (twitter.com/FIFAWorldCup)

Salah satu keunikan Rento Takaoka di Piala Dunia U-17 2023 adalah mencetak 3 dari 4 gol sebagai pemain pengganti. Takaoka hanya sekali dimainkan sebagai starter saat Jepang kalah melawan Argentina dengan skor 1-3 pada matchday kedua. Gol pertama Takaoka terjadi saat tim Samurai Biru menghadapi Polandia.

Ia kemudian berhasil mencetak dua gol dalam kemenangan 2-0 melawan Senegal. Pelatih Jepang U-17, Yoshiro Moriyama, mengakui bahwa Takaoka memiliki kecepatan, kekuatan, dan etos kerja tinggi. Akan tetapi, ia ingin menggunakan Takaoka ketika lawan sudah mulai kelelahan. Dilansir situs resmi FIFA, Takaoka mengungkapkan rasa senangnya bisa mencetak gol di pertandingan Piala Dunia. Ia berambisi untuk membawa negaranya merengkuh gelar juara Piala Dunia U-17 2023.

Rento Takaoka membuktikan bahwa dirinya bisa tampil tajam meskipun tidak memiliki postur tinggi. Ia dapat memanfaatkan kecepatan, kekuatan, dan etos kerjanya untuk merobek gawang lawan. Menarik untuk melihat bagaimana perkembangan wonderkid asal Jepang dalam kariernya ke depan.

Baca Juga: Daftar Top Skor Piala Dunia U-17 2023, Didominasi Brasil!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya