Riwayat Cedera Thibaut Courtois, Pernah Absen Lama 3 Kali!

Ia dipastikan absen pada Euro 2024

Thibaut Courtois sudah lama "libur" sebagai penjaga gawang utama Real Madrid. Hal tersebut lantaran sang pemain absen akibat cedera yang cukup parah pada pra musim 2023/2024.

Real Madrid dan Timnas Belgia cukup merasakan dampak dari absennya Courtois. Sebab, ia merupakan kiper utama bagi klub dan negaranya itu.

Muncul berbagai pertanyaan mengenai kebugaran sang pemain. Sebab, hingga saat ini Thibaut Courtois sudah absen cukup lama pasca mengalami cedera parah. Berikut riwayat cedera sang pemain sepanjang kariernya.

1. Courtois absen selama 84 hari akibat cedera lutut saat membela Chelsea pada 2015/2016

Riwayat Cedera Thibaut Courtois, Pernah Absen Lama 3 Kali!Thibaut Courtois (premierleague.com)

Riwayat cedera Thibaut Courtois sudah dimulai ketika masih berseragam Chelsea pada 2015/2016. Ia mengalami masalah di lututnya saat menjalani sesi latihan. Akibatnya, Courtois harus menjalani operasi dan butuh istirahat selama 84 hari dalam proses penyembuhan.

Artinya, Courtois melewatkan 20 laga bersama Chelsea pada 2015/2016. Cedera ini sangat berdampak kepada permainan Chelsea yang tengah mengalami penurunan performa. Terbukti, The Blues hanya bisa menang tiga kali di English Premier League (EPL) selama Courtois absen pada periode 10 September 2015--3 Desember 2015.

Baca Juga: 5 Kiper LaLiga dengan Persentase Penyelamatan Tertinggi per Maret 2024

2. Courtois harus absen selama 38 hari usai mengalami cedera pada 2018/2019

Riwayat Cedera Thibaut Courtois, Pernah Absen Lama 3 Kali!Thibaut Courtois (instagram.com/thibautcourtois)

Courtois pernah mengalami cedera pinggang pada awal paruh kedua 2018/2019. Akibatnya, ia harus absen membela Real Madrid selama 10 hari. Alhasil, El Real tampil inkonsisten dengan menang dan kalah masing-masing 2 kali dalam 4 pertandingan pada periode 7 Januari--17 Januari 2019.

Courtois kemudian harus istirahat lagi selama 28 hari setelah menderita cedera otot paha pada periode 25 Maret--22 April 2019. Ia melewatkan total lima pertandingan Real Madrid di semua kompetisi. Beruntung, El Real masih bisa mencatat 3 kali menang serta sekali seri dan kalah pada kurun waktu tersebut.

3. Cedera lutut bikin Courtois tidak tampil sama sekali pada 2023/2024

Riwayat Cedera Thibaut Courtois, Pernah Absen Lama 3 Kali!Thibaut Courtois mengalami cedera lutut kiri. (instagram.com/thibautcourtois)

Thibaut Courtois kembali mengalami masalah di area lututnya. Ia mengalami cedera ligamen lutut kanan saat menjalani sesi latihan pra musim pada Agustus 2023. Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut, ia dipastikan absen setidaknya sampai Maret 2024. Artinya, kiper asal Belgia itu harus melewatkan 41 pertandingan bersama Real Madrid di semua kompetisi.

Cederanya Courtois membuat manajemen klub mengambil langkah cepat dengan meminjam Kepa Arrizabalaga dari Chelsea pada bursa transfer musim panas 2023. Pemain asal Belgia itu sebenarnya menjalani pemulihan dengan cukup baik. Ia bahkan sudah mengikuti sesi latihan pada awal Maret 2024.

Akan tetapi, Courtois lagi-lagi menderita cedera lutut saat sedang latihan. Lutut kirinya kali ini mengalami cedera meniskus dan harus menjalani operasi. Insiden ini membuatnya absen penuh selama 2023/2024. Ia juga tidak bisa membela Timnas Belgia pada Euro 2024.

Riwayat cedera Thibaut Courtois banyak membuatnya absen dalam laga-laga penting bersama klub dan negaranya. Ketidakhadirannya cukup berdampak kepada kinerja Chelsea, Real Madrid, hingga Timnas Belgia. Posisinya pun kini terancam seiring performa apik kiper pelapisnya, Andriy Lunin, bersama Real Madrid pada 2023/2024.

Baca Juga: 4 Kiper yang Berpeluang Menggantikan Thibaut Courtois di Real Madrid

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya