4 Striker Top yang Menjadi Kiper Dadakan Sedekade Terakhir

Dua di antaranya melakukan penyelamatan fantastis

Beberapa striker top Eropa ternyata pernah bermain sebagai penjaga gawang dadakan. Hal tersebut terjadi setelah kiper utama mengalami cedera atau terkena kartu merah, tetapi jatah pergantian pemain sudah habis. Sebagian manajer menunjuk pemain bertahan untuk menggantikan posisi kiper. Namun, ada juga yang memilih striker untuk menjadi penjaga gawang dadakan hingga pertandingan selesai.

Keempat pemain top Eropa ini adalah contoh sosok striker yang menjadi kiper dadakan dalam sedekade terakhir. Tidak disangka, mereka mampu menjaga gawangnya dengan baik. Bahkan, ada yang sampai membuat penyelamatan fantastis demi mempertahankan keunggulan timnya, lho!

1. Hugo Almeida mampu gantikan kiper saat menit-menit akhir laga

4 Striker Top yang Menjadi Kiper Dadakan Sedekade TerakhirHugo Almeida (aekfc.gr)

Hugo Almeida menjadi penjaga gawang dadakan saat ia membela AEK Athens pada April 2017. Hal tersebut terjadi setelah kiper utama, Giannis Anestis, mendapat kartu merah pada menit-menit akhir pertandingan semifinal Greek Football Cup melawan Olympiacos. Almeida dituntut untuk menghindarkan AEK Athens dari kekalahan saat skor masih imbang 2-2.

Striker asal Portugal itu berhasil menjaga gawangnya dengan baik sampai akhir pertandingan. AEK Athens sukses melaju ke babak final setelah unggul gol tandang dengan agregat 2-2. Sayangnya, kontrak Almeida bersama AEK Athens berakhir dengan kesepakatan bersama pada 30 Agustus 2017.

Baca Juga: Kiprah 6 Mantan Kiper MU pada Awal 2023/2024, De Gea Masih Menganggur!

2. Rodrigo Palacio bikin dua penyelamatan fantastis

4 Striker Top yang Menjadi Kiper Dadakan Sedekade TerakhirRodrigo Palacio (inter.it)

Rodrigo Palacio tampil memukau ketika mampu membantu Inter Milan mengalahkan Hellas Verona 2-0 dalam laga Coppa Italia pada Desember 2012. Striker asal Argentina itu menggantikan posisi kiper utama Inter Milan, Luca Castellazzi, yang mengalami cedera pada menit 80. Manajer Inter Milan ketika itu, Andrea Stramacioni, sudah melakukan tiga kali pergantian pemain. Alhasil, ia memilih Palacio untuk mengisi posisi penjaga gawang.

Palacio secara mengejutkan mampu tampil heroik sebagai kiper dadakan. Ia membuat dua penyelamatan gemilang dan menjaga gawang Inter Milan tidak kebobolan sampai pertandingan usai. Dilansir Inter Channel, Palacio mengungkapkan bahwa dirinya pernah beberapa kali bermain sebagai kiper saat usia remaja sehingga ia mengerti sedikit tentang bagaimana caranya menjaga gawang.

3. Harry Kane menjadi kiper dadakan setelah cetak tiga gol

4 Striker Top yang Menjadi Kiper Dadakan Sedekade TerakhirHarry Kane (premierleague.com)

Harry Kane pernah menjalani peran sebagai penjaga gawang dadakan dalam laga Liga Europa melawan Asteras Tripolis pada 2014/2015. Striker asal Inggris itu menggantikan posisi Hugo Lloris yang menerima kartu merah pada menit ke-87. Tottenham Hotspur sudah melakukan pergantian pemain sebanyak tiga kali dalam laga tersebut. Alhasil, Kane ditunjuk oleh manajer Tottenham saat itu, Mauricio Pochettino, untuk mengisi posisi kiper.

Sayangnya, gawang Kane kebobolan pada masa injury time. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah sebab Tottenham menang 5-1 atas Asteras Tripolis. Pertandingan itu menjadi satu-satunya pengalaman Kane bermain sebagai kiper dadakan dalam kariernya.

4. Olivier Giroud melakukan aksi heroik sebagai kiper dadakan

https://www.youtube.com/embed/gdiDhc9gLu4

Terbaru, Olivier Giroud menjadi kiper dadakan ketika AC Milan meraih kemenangan 1-0 atas Genoa dalam laga Serie A Italia pekan ke-8 pada 8 Oktober 2020. Giroud menggantikan posisi kiper utama, Mike Maignan, yang mendapat kartu merah pada masa injury time. Tidak disangka, striker asal Prancis itu mampu menjaga gawang Milan tak kebobolan sampai akhir pertandingan.

Giroud membuat penyelamatan gemilang saat dirinya dengan sigap menepis tendangan George Puscas pada menit ke-103. Berkat aksinya itu, AC Milan berhasil meraih tiga poin sekaligus memuncaki klasemen sementara Serie A Italia dengan raihan 17 poin. Selain itu, AC Milan memasukkan nama Giroud sebagai salah satu penjaga gawang dalam skuad utama. Manajemen AC Milan juga menjual jersey kiper dengan nama 'Giroud' bernomor punggung 9 di toko resmi mereka.

Aksi keempat striker top di atas saat bermain sebagai penjaga gawang menjadi salah satu cerita unik dalam sejarah sepak bola. Mereka ternyata mampu mengambil peran penting sebagai kiper dadakan bagi timnya. Bahkan, striker sekelas Giroud dan Palacio mampu tampil apik sebagai kiper sekaligus berhasil meraih kemenangan bagi klub yang mereka bela.

Baca Juga: 7 Kiper yang Cetak Gol di Ajang Europa League

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya