5 Pencetak Gol Terbanyak di Kualifikasi Piala Dunia Zona CONMEBOL

Rekor baru saja terpecahkan

Timnas Argentina menorehkan catatan menarik ketika menang atas Peru 2-0 di kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL pada 18 Oktober 2023. La Abiceleste sukses memperpanjang rekor 4 kali kemenangan serta memperkuat posisinya di puncak klasemen dengan raihan 12 poin dari 4 pertandingan. Selain itu, kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, memecahkan rekor baru dalam laga tersebut.

Pasalnya, pemain dengan julukan La Pulga itu mencetak dua gol ke gawang Peru. Dua gol tersebut membuat Messi menjadi top skor sepanjang masa di kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL. Tercatat, ada lima pemain yang memiliki catatan gol terbanyak di kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL sejak 1877.

1. Hernan Crespo striker andalan Argentina sebelum era Messi

5 Pencetak Gol Terbanyak di Kualifikasi Piala Dunia Zona CONMEBOLHernan Crespo (fifa.com)

Hernan Crespo dikenal sebagai salah satu penyerang tajam era 2000-an. Ia sukses tampil impresif bersama klub-klub yang ia bela, seperti Lazio, Parma, AC Milan, dan Inter Milan. Crespo juga tampil impresif saat membela Timnas Argentina terutama di kualifikasi Piala Dunia.

Crespo total mencetak 19 gol dari 33 laga kualifikasi Piala Dunia sejak debutnya pada Februari 1995. Sayangnya, ia gagal mempersembahkan gelar juara Piala Dunia dan Copa America kepada La Abiceleste sepanjang karier internasionalnya. Crespo resmi mengakhiri kariernya sebagai pemain setelah terakhir membela Parma pada Januari 2012.

2. Alexis Sanchez sulit mengejar rekor Messi dan Suarez

5 Pencetak Gol Terbanyak di Kualifikasi Piala Dunia Zona CONMEBOLAlexis Sanchez (conmebol.com)

Alexis Sanchez merupakan top skor sepanjang masa Timnas Chile. Ia total mencetak 51 gol dari 158 penampilan di seluruh kompetisi. Dari 51 gol tersebut, 20 di antaranya ia lakukan dalam laga babak kualifikasi Piala Dunia.

Sanchez kini tengah membela raksasa Serie A Italia, Inter Milan, sejak bursa transfer musim panas 2023. Ia juga masih aktif membela Timnas Chile dalam pertandingan internasional. Namun, peluang Sanchez untuk mengejar pencapaian Luis Suarez dan Lionel Messi terbilang sulit. Pasalnya, ia sudah berusia 34 tahun dan rentan mengalami cedera yang membuatnya absen dalam beberapa laga internasional.

Baca Juga: 10 Timnas dari Konfederasi CONMEBOL dengan Skuad Termahal Saat Ini

3. Marcelo Moreno Martins mampu torehkan 22 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak di Kualifikasi Piala Dunia Zona CONMEBOLMarcelo Moreno Martins (conmebol.com)

Marcelo Moreno Martins merupakan salah satu penyerang andalan Bolivia sejak melakoni pertandingan internasional pertamanya pada September 2007. Sejauh ini ia telah mencetak 31 gol dari 106 penampilan di seluruh kompetisi. Dari 31 golnya itu, Moreno total berhasil merobek gawang lawan 22 kali di babak kualifikasi Piala Dunia.

Sayangnya, Moreno belum mampu meloloskan Bolivia ke putaran final Piala Dunia. Bolivia selalu kalah bersaing dengan negara-negara unggulan lainnya, seperti Brasil, Argentina, Uruguay, Chile, dan Colombia. Tercatat, Timnas Bolivia hanya tiga kali lolos ke putaran final Piala Dunia pada edisi 1930, 1950, dan 1994.

4. Luis Suarez turun ke urutan kedua sebagai top skor kualifikasi Piala Dunia

5 Pencetak Gol Terbanyak di Kualifikasi Piala Dunia Zona CONMEBOLLuis Suarez (conmebol.com)

Luis Suarez sempat menjadi top skor sepanjang masa Kualifikasi Piala Dunia Zona CONMEBOL. Golnya ke gawang Timnas Chile dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadikannya top skor sepanjang masa. Suarez total telah menorehkan 29 gol dari 62 laga babak Kualifikasi Piala Dunia.

Ia juga menjadi top skor sepanjang masa Uruguay dengan total 68 gol. Suarez unggul jauh dari Edinson Cavani yang mencetak 58 gol dan Diego Forlan 36 gol. Pemain dengan julukan El Pistolero itu sudah memutuskan mengundurkan diri dari laga internasional usai membela Uruguay di Piala Dunia 2022.

5. Lionel Messi sukses pecahkan rekor Suarez

https://www.youtube.com/embed/_jICVrlX8h8

Lionel Messi berhasil memecahkan rekor mantan rekan setimnya di Barcelona, Luis Suarez. Dua golnya ke gawang Peru membuatnya kini mengoleksi 31 gol di babak kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL. Jumlah tersebut masih bisa bertambah mengingat Messi masih aktif bermain untuk Timnas Argentina.

Pencapaian itu juga menjadikan Messi sebagai pemain ke-4 yang paling banyak mencetak gol sepanjang sejarah di babak kualifikasi Piala Dunia. Ia berselisih 4 gol dengan catatan eks striker asal Iran, Ali Daei, yang berada di urutan ke-3 lewat 35 gol, 5 gol dari Cristiano Ronaldo di posisi ke-2 dengan 36 gol, dan 8 gol dari mantan penyerang asal Guatemala, Carlos Ruiz, lewat 39 gol. Messi masih berpeluang mengejar rekor para pemain itu jika konsisten mencetak gol di setiap pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia.

Dari lima pemain di atas, hanya Messi, Martins, dan Sanchez yang masih aktif bermain di laga internasional. Akan tetapi, rekor Messi sulit dikejar oleh dua pesaingnya itu karena mereka sudah berusia di atas 33 tahun dan selisih gol yang cukup jauh. La Pulga lebih berpeluang bersaing dengan rivalnya, Cristiano Ronaldo, sebagai top skor sepanjang masa kualifikasi Piala Dunia di seluruh dunia.

Baca Juga: Bocoran: Lionel Messi Raih Ballon d'Or 2023

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya