5 Pemain Argentina yang Pernah Membela Liverpool, Siapa Saja?

Dari Mascherano hingga Maxi Rodriguez

Argentina merupakan salah satu negara penghasil sepak bola berbakat. Nama-nama tenar seperti Diego Maradona hingga Lionel Messi menjadi beberapa bukti keberhasilan negara asal Amerika Selatan itu.

Banyak sekali pemain Argentina yang menyebar di kompetisi elit Eropa, termasuk Premier League. Sampai saat ini, ada 74 pemain Argentina yang pernah bermain di ajang tertinggi Inggris itu.

Salah satu tim yang tercatat pernah menggunakan jasa pemain dari Negeri Tango itu adalah Liverpool. Klub yang memiliki julukan The Reds itu beberapa kali mendatangkan pemain dari Argentina. Lantas, siapa sajakah pemain tersebut? Berikut ulasannya!

1. Mauricio Pellegrino 

5 Pemain Argentina yang Pernah Membela Liverpool, Siapa Saja?90min.com

Pemain Argentina pertama yang membela Liverpool adalah Mauricio Pellegrino. Pemain yang berposisi sebagai bek itu datang ke Anfield pada musim dingin 2005. Ketika itu, sang pemain didatangkan oleh Rafael Benitez dari Valencia dengan status bebas transfer dan diikat kontrak selama 6 bulan.

Pellegrino sendiri hanya mencatatkan 13 pertandingan selama berseragam Liverpool. Performa yang kurang menjanjikan itu tidak cukup membuatnya mendapatkan kontrak yang lebih panjang. Ia kemudian dilepas ke Deportivo Alaves dan pensiun di sana satu tahun setelahnya.

2. Emiliano Insua 

5 Pemain Argentina yang Pernah Membela Liverpool, Siapa Saja?as.com

Emiliano Insua merupakan pemain lulusan akademi Boca Juniors. Ia memulai kariernya pertama kali di Eropa dengan bergabung bersama Liverpool pada musim dingin 2007. Awalnya, sang pemain hanya dipinjam selama 6 bulan, sebelum akhirnya dipermanenkan pada akhir musim.

Sayangnya, Insua kesulitan mendapatkan tempat inti di Anfield dan lebih sering duduk di bangku cadangan. Ia kemudian sempat dipinjamkan ke Galatasaray pada musim panas 2010.

Satu musim setelahnya, sang pemain dijual secara permanen ke Sporting Lisbon. Insua tercatat membukukan 1 gol dan 5 assist dalam 62 laga selama membela Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil yang Pernah Membela Liverpool dalam Sedekade Terakhir

3. Javier Mascherano 

5 Pemain Argentina yang Pernah Membela Liverpool, Siapa Saja?goal.com

Javier Mascherano pertama kali bermain di kasta tertinggi Inggris bersama West Ham United pada musim panas 2006. Hanya berselang 6 bulan, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu dipinjam oleh Liverpool.

Ia kemudian dipermanenkan pada tahun 2008 dengan biaya 22,5 juta euro atau setara dengan Rp382 miliar. Tercatat, Mascherano bermain di Merseyside selama tiga musim.

Selama waktunya itu, ia mampu menciptakan 2 gol dan 7 assist dari 139 pertandingan di berbagai kompetisi. Pada tahun 2010, pria yang saat ini berusia 36 tahun itu memilih hengkang ke Barcelona.

4. Sebastian Leto 

5 Pemain Argentina yang Pernah Membela Liverpool, Siapa Saja?liverpoolecho.co.uk

Sebastian Leto sepanjang kariernya hanya membela Liverpool di kasta tertinggi Inggris. Ia direkrut The Reds dari klub Argentina, Lanus pada musim panas 2007. Sayangnya, pemain yang berposisi sebagai penyerang itu tidak bisa menemukan kesuksesan setelah datang ke Anfield.

Leto tercatat hanya tampil sebanyak 4 kali bersama Liverpool. Pada musim panas 2008, sang pemain dipinjamkan ke Olympiacos selama semusim. Satu tahun setelahnya, Leto dilepas secara permanen ke Panathinaikos.

5. Maxi Rodriguez 

5 Pemain Argentina yang Pernah Membela Liverpool, Siapa Saja?liverpoolfc.com

Sebelum berkarier di Inggris, Maxi Rodriguez sudah pernah bermain di kompetisi LaLiga. Ia baru didatangkan ke Anfield pada musim dingin 2010 dari Atletico Madrid dengan status bebas transfer. Sayangnya, kiprah sang pemain tidak terlalu lama di Merseyside.

Maxi hanya bertahan selama dua setengah musim dan memilih pulang kampung ke Argentina. Selama membela Liverpool, ia berhasil mencatatkan 17 gol dan 7 assist dari 73 pertandingan di semua ajang. Maxi juga memenangi satu trofi Piala Liga Inggris pada tahun 2012.

 

Nah, itulah lima pemain asal Argentina yang pernah bermain bersama Liverpool. Dari nama-nama tersebut, performa siapa yang paling menjanjikan di Anfield?

Baca Juga: 6 Pemain Berkebangsaan Portugal yang Pernah Membela Liverpool

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya