6 Pemain Denmark yang Membela Man United sebelum Rasmus Hojlund

Ada pemain yang hanya tampil sekali

Manchester United sebentar lagi akan menyelesaikan transfer Rasmus Hojlund dari Atalanta. Menurut pakar transfer, Fabrizio Romano, Setan Merah menebus striker berusia 20 tahun tersebut senilai 70 juta euro atau setara Rp1,16 triliun. Hojlund bakal diikat kontrak Manchester United selama 5 tahun.

Hojlund bukan satu-satunya pemain asal Denmark yang memilih melanjutkan karier ke Manchester United. Sebelumnya sudah ada enam nama yang terlebih dahulu melakukannya. Bahkan, ada yang turut mengantarkan tim meraih banyak gelar juara. Simak enam pemain Denmark yang pernah memperkuat Setan Merah sebelum Rasmus Hojlund.

1. Jesper Olsen

6 Pemain Denmark yang Membela Man United sebelum Rasmus HojlundJesper Olsen (manutd.com)

Pemain Denmark pertama yang membela Manchester United adalah Jesper Olsen. Setan Merah mendatangkan sang gelandang dari Ajax Amsterdam pada 1984. Ia memiliki karier yang cukup baik selama dilatih Ron Atkinson. Namun, sejak kehadiran Sir Alex Ferguson, Olsen mulai tersisihkan.

Selama berkarier di Old Trafford, Olsen hanya mencatatkan 82 pertandingan dan mencetak 16 gol serta 3 assist. Piala FA tahun 1985 menjadi satu-satunya gelar juara yang sukses diraihnya. Olsen mengakhiri kiprahnya di Manchester United pada 1989.

2. John Sivebaek

6 Pemain Denmark yang Membela Man United sebelum Rasmus HojlundJohn Sivebaek (manutd.com)

John Sivebaek hanya mencetak satu gol sepanjang kariernya membela Manchester United. Maklum ia hanya seorang bek tengah. Menariknya, gol itu tercipta saat pertama kali Sir Alex Ferguson menangani Setan Merah. Momen tersebut terjadi ketika Manchester United menang 1-0 atas Queens Park Rangers pada November 1986.

Karier Sivebaek tidak bertahan lama di Old Trafford. Ia hanya bertahan selama 1,5 musim. Setelah hengkang dari Manchester United, Sivebaek justru sukses di tempat lain. Ia turut mengantarkan Vejle BK meraih gelar juara. Selain itu, sang pemain juga tampil lebih dari seratus kali bersama Saint-Étienne.

3. Peter Schmeichel

6 Pemain Denmark yang Membela Man United sebelum Rasmus HojlundPeter Schmeichel (manutd.com)

Peter Schmeichel merupakan pemain Denmark tersukses dalam sejarah Manchester United. Penjaga gawang berpostur 196 cm ini menjadi bagian dari Setan Merah sejak 1991. Ia bertahan di Old Trafford hingga 1999. Schmeichel selalu menjadi andalan Sir Alex Ferguson di bawah mistar gawang.

Soal gelar juara, Schmeichel tidak perlu dipertanyakan lagi. Sang kiper tercatat meraih total 15 trofi, termasuk treble winners 1999. Setelah kontraknya berakhir, Schmeichel memilih melanjutkan kariernya bersama Sporting Lisbon, Aston Villa, dan Manchester City.

Baca Juga: Andre Onana Wajib Buktikan Kualitasnya Bareng Manchester United

4. Mads Timm

6 Pemain Denmark yang Membela Man United sebelum Rasmus HojlundMads Timm (manutd.com)

Mads Timm bergabung dengan Manchester United pada 2000. Ia awalnya bermain untuk tim muda Setan Merah. Setelah menunggu waktu cukup lama, Timm akhirnya debut di tim utama pada Oktober 2002.

Ia saat itu bertanding dalam laga melawan Maccabi Haifa di Liga Champions. Pertandingan tersebut menjadi satu-satunya laga yang dimainkan Timm bersama Manchester United. Sempat dipinjamkan ke sejumlah klub, pemain kelahiran Odense ini akhirnya meninggalkan Old Trafford pada 2006.

5. Anders Lindegaard

6 Pemain Denmark yang Membela Man United sebelum Rasmus HojlundAnders Lindegaard (twitter.com/ManUtd)

Anders Lindegaard hanya menjadi penghangat bangku cadangan selama berkostum Manchester United. Kiper asal Denmark ini kalah bersaing dari Edwin van der Sar. Setelah Van der Sar hengkang, Setan Merah mendatangkan David de Gea dari Atletico Madrid. Lindegaard pun kembali menjadi pilihan kedua.

Lindegaard tercatat tampil 29 kali bersama tim utama. Meski kontribusinya minim, ia turut merasakan gelar English Premier League (EPL) dan Community Shield. Lindegaard meninggalkan Manchester United pada 2015. Ia memilih melanjutkan kariernya bersama West Bromwich Albion.

6. Christian Eriksen

6 Pemain Denmark yang Membela Man United sebelum Rasmus HojlundChristian Eriksen (manutd.com)

Manchester United mendatangkan Christian Eriksen pada musim panas 2022. Ia direkrut Setan Merah setelah kontraknya bersama Brentford berakhir. Eriksen memainkan peran yang krusial di lini tengah musim lalu.

Gelandang berusia 31 tahun tersebut tampil 44 pertandingan di semua kompetisi. Dari seluruh penampilannya itu, ia sukses menciptakan 2 gol serta 10 assist. Kontrak Eriksen bersama Manchester United masih tersisa hingga 2025.

Tugas berat menanti Rasmus Hojlund di Manchester United. Kehadirannya diharapkan dapat membuat lini serang Setan Merah jauh lebih tajam. Mengingat usia dan kualitas yang dimiliki, Hojlund tampaknya bisa memberikan kejutan di EPL 2023/2024.

Baca Juga: Lika-liku Karier Christian Eriksen, Sakit Jantung hingga Comeback

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya