5 Kiper Afrika yang Bermain di Premier League, Andre Onana Terbaru

Legenda Liverpool masih yang terbaik

Tidak kalah dengan benua lain, Afrika telah melahirkan banyak kiper hebat. Mungkin kamu pernah mendengar nama Vincent Enyeama, kiper Nigeria yang pernah memenangkan Piala Afrika 2013. Ada pula Carlos Kameni, penjaga gawang Kamerun yang sempat menjuarai Copa del Rey bareng Espanyol.

Namun, dari sekian banyak penjaga gawang asal Benua Hitam, cukup sedikit yang berkiprah bersama tim asal Inggris. Bahkan, mereka yang pernah berlaga di pentas Premier League dapat dihitung dengan jari. Ini sederet kiper asal Afrika yang sempat bertanding di kasta teratas Liga Inggris.

1. Bruce Grobbelaar

5 Kiper Afrika yang Bermain di Premier League, Andre Onana TerbaruBruce Grobbelaar (twitter.com/LFC)

Bruce Grobbelaar merupakan salah satu kiper legendaris Liverpool. Bergabung dengan The Reds pada 1981, penjaga gawang asal Afrika Selatan tersebut meraih banyak trofi. Ia enam kali menjuarai First Divison (sekarang Premier League) dan juga pernah memenangkan European Cup (sekarang UEFA Champions League) musim 1983/1984.

Setelah 13 musim mengabdi di Anfield, Grobbelaar hengkang ke Southampton pada medio 1994. Saat itu, posisinya di bawah mistar gawang memang semakin terpinggirkan seiring kedatangan David James dari Watford. Penampilan terakhirnya untuk The Reds adalah laga kontra Leeds United pada 19 Februari 1994.

2. Richard Kingson

5 Kiper Afrika yang Bermain di Premier League, Andre Onana TerbaruRichard Kingson (twitter.com/GhanaBlackstars)

Richard Kingson adalah kiper asal Ghana yang pernah membela Birmingham City pada musim 2007/2008. Didatangkan dari Ankaraspor, sayangnya ia gagal tampil maksimal untuk klub asal Inggris itu. Bahkan, sepanjang musim tersebut, ia cuma sekali bermain di pentas Premier League dalam laga kontra Portsmouth.

Cuma semusim di Birmingham City, Kingson melanjutkan karier bersama Wigan Athletic. Seperti di tim sebelumnya, kariernya di The Latics juga jauh dari kata sukses. Bahkan, Kingson baru melakukan debut Premier League untuk Wigan pada 9 Mei 2009 dalam pertandingan melawan West Bromwich Albion.

Baca Juga: 7 Kiper Dunia yang Layak Jadi Kiper Terbaik 2023

3. Carl Ikeme

5 Kiper Afrika yang Bermain di Premier League, Andre Onana TerbaruCarl Ikeme (twitter.com/Carl_Ikeme)

Carl Ikeme adalah jebolan akademi Wolverhampton Wanderers dan berhasil menembus tim utama pada 2003. Awalnya lebih sering dipinjamkan, kiper berpaspor Nigeria ini akhirnya diberi kesempatan melakukan penampilan untuk Wolves di Premier League. Momen itu terjadi pada hari terakhir musim 2011/2012 dalam laga melawan Wigan Athletic.

Sayangnya, itu menjadi penampilan satu-satunya Ikeme di kasta teratas Liga Inggris. Saat ia merebut posisi kiper utama, Wolves harus berjuang di Divisi Championship sampai ia pensiun pada medio 2018. Ironisnya, setelah dirinya gantung sepatu, Wolves justru promosi ke Premier League dan bertahan hingga sekarang.

4. Edouard Mendy

5 Kiper Afrika yang Bermain di Premier League, Andre Onana TerbaruEdouard Mendy (twitter.com/chelseafc_indo)

Edouard Mendy didatangkan Chelsea dari Rennes pada September 2020. Debutnya di Premier League terjadi dalam laga kontra Crystal Palace pada 3 Oktober 2020. Kiper Timnas Senegal ini sekaligus menjadi penjaga gawang pertama asal Afrika yang berlaga di kompetisi teratas Liga Inggris sejak Carl Ikeme melakukannya pada 2012.

Bersama The Blues, Mendy sukses meraih sejumlah trofi. Pada musim perdana, ia langsung merebut UEFA Champions League. Gelar itu diikuti raihan UEFA Super Cup dan FIFA Club World Cup edisi 2021. Sayangnya, ia cuma bertahan tiga musim di Stamford Bridge dan memutuskan pindah ke Al Ahli pada Juni 2023.

5. Andre Onana

5 Kiper Afrika yang Bermain di Premier League, Andre Onana TerbaruAndre Onana (twitter.com/AndreyOnana)

Manchester United resmi mendatangkan Andre Onana pada Juli 2023. Dibeli dari Inter Milan, kiper asal Kamerun ini dikontrak The Red Devils dengan durasi lima tahun. Ia diplot sebagai penjaga gawang utama MU untuk mengarungi Premier League setelah David de Gea memutuskan hengkang sebagai agen bebas.

Di Old Trafford, Onana akan bereuni dengan mantan pelatihnya di Ajax, Erik ten Hag. Saat masih di Belanda, ia membawa Ajax tiga kali memenangkan Eredivisie dan sempat lolos ke final UEFA Europa League. Sementara itu, bersama Inter Milan, Onana mencicipi trofi Coppa Italia dan Supercoppa Italiana.

Selain nama-nama di atas, sebenarnya ada Charles Itandje, kiper asal Kamerun yang sempat mermpekuat Liverpool. Namun, selama berseragam The Reds, ia tidak sekali pun turun di Premier League. Sementara itu, Andre Arendse asal Afrika Selatan pernah membela Oxford United dan Fulham, tetapi tidak berkompetisi di Premier League.

Baca Juga: Resmi! Andre Onana Jadi Kiper Anyar MU

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya