4 Pemain Leverkusen yang Pindah ke AS Roma, Sardar Azmoun Terbaru

Kebanyakan memberi kontribusi positif

Di kancah Bundesliga Jerman, mungkin prestasi Bayer 04 Leverkusen tidak secemerlang Bayern Munich atau Borussia Dortmund. Meski demikian, tim berjuluk Die Schwarzroten itu tidak kekurangan pemain berbakat. Banyak talenta-talenta mereka yang akhirnya dibidik sejumlah klub Eropa, termasuk dari Serie A Italia.

Dari sekian tim kasta teratas Liga Italia, AS Roma termasuk salah satu klub yang beberapa kali mendatangkan pesepak bola asal Leverkusen. Kebanyakan mampu memberikan dampak postif bagi I Giallorossi, termasuk menyumbangkan scudetto. Siapa saja pemain Bayer Leverkusen yang akhirnya bergabung dengan AS Roma?

1. Sardar Azmoun menuju Italia dengan status pinjaman

4 Pemain Leverkusen yang Pindah ke AS Roma, Sardar Azmoun TerbaruSardar Azmoun (asroma.com)

Sardar Azmoun resmi memperkuat AS Roma dari Bayer Leverkusen pada bursa transfer musim panas 2023. Mantan penyerang Rubin Kazan dan Zenit St Petersburg tersebut didatangkan ke ibu kota Italia dengan status pinjaman selama semusim. Namun, AS Roma memiliki opsi mengikat pemain berjuluk Messi dari Iran itu secara permanen.

Dilansir dari situs resmi AS Roma, selama 316 penampilan di level klub, Azmoun mencetak 115 gol dan memberikan 48 assist. Ia juga sudah mencetak 45 gol dan 9 assist dalam 71 pertandingan bersama Timnas Iran. Trofi yang pernah diraihnya, antara lain trofi Russian Premier League, Russian Cup, dan Russian Super Cup.

2. Juan akhiri dahaga trofi selama di Jerman

4 Pemain Leverkusen yang Pindah ke AS Roma, Sardar Azmoun TerbaruJuan (facebook.com/j4juanoficial1)

Bayer Leverkusen menjadi tim pertama Juan Silveira dos Santos, demikian nama lengkapnya, saat menjajal kompetisi Eropa. Ia datang ke Jerman pada 2002 dari Flamengo. Lima musim bermain di Jerman dan tanpa menggenggam trofi, Juan setuju pindah ke AS Roma pada musim panas 2007.

Pada awal kedatangannya, mantan bek Timnas Brasil ini langsung membawa I Giallorossi memenangi Supercoppa Italiana 2007. Setelah itu, ia memberikan trofi Coppa Italia 2007/2008 untuk Romanisti. Setelah 5 tahun berkelana di Italia, Juan memutuskan pulang kampung ke Brasil untuk membela Internacional sebelum kembali ke klub lamanya, Flamengo.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Nomor Punggung 17 AS Roma sebelum Sardar Azmoun

3. Emerson sukses menghadirkan titel bergengsi untuk I Lupi

4 Pemain Leverkusen yang Pindah ke AS Roma, Sardar Azmoun TerbaruEmerson (instagram.com/emersonrosa8)

Seperti Juan, Bayer Leverkusen merupakan tim pertama Emerson saat memutuskan meniti karier di Eropa. Ia pindah dari Gremio pada 1997. Sayangnya, selama 3 musim membela Die Schwarzroten, prestasi terbaik yang berhasil diberikannya hanyalah runner-up Bundesliga karena kalah bersaing dari Bayern Munich.

Selepas di Jerman, mantan gelandang Timnas Brasil ini melanjutkan karier bersama AS Roma. Pada musim perdana, ia langsung membawa Serigala Roma menjuarai Serie A, disusul titel juara Supercoppa Italiana. Setelah AS Roma, Emerson sempat memperkuat beberapa tim raksasa Benua Biru, seperti Juventus, Real Madrid, dan AC Milan.

4. Paulo Sergio membuat trio maut selama membela AS Roma

4 Pemain Leverkusen yang Pindah ke AS Roma, Sardar Azmoun TerbaruPaulo Sergio (facebook.com/bayer04leverkusen)

Paulo Sergio Silvestre do Nascimento, demikian nama lengkapnya, memulai karier profesional bersama Corinthians. Lima musim bermain di tanah kelahirannya, ia pergi ke Eropa untuk membela Bayer Leverkusen. Pemenang World Cup 1994 ini menjadi salah satu pelopor gelombang kedatangan pemain Brasil di pentas Bundesliga.

Empat musim di Jerman dan tanpa meraih titel bergengsi, Paulo Sergio memutuskan melanjutkan kariernya bersama AS Roma. Sempat membuat trio maut bersama Francesco Totti and Marco Delvecchio, sayangnya perjalanannya di Italia berlangsung singkat. Ia hengkang pada 1999 ke Bayern Munich setelah AS Roma mendatangkan Vincenzo Montella dari Sampdoria.

Selain ke AS Roma, ada beberapa pemain Bayer Leverkusen yang juga pernah hijrah ke klub lain di Serie A. Nama yang cukup populer tentu saja Hakan Calhanoglu yang pindah ke AC Milan pada 2017. Ada pula Arturo Vidal yang hengkang ke Juventus dan empat kali meraih scudetto

Baca Juga: Bukan ke Juventus, Romelu Lukaku Akhirnya ke AS Roma

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya